Summarecon Mall Serpong

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Koordinat: 6°14′28.7″S 106°37′41.3″E / 6.241306°S 106.628139°E / -6.241306; 106.628139

Summarecon Mall Serpong
LokasiKelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Banten
AlamatKompleks Sentra Gading Serpong
Jalan Boulevard Gading Serpong, RT.3/RW.12
Kelurahan Pakulonan Barat, Kecamatan Kelapa Dua
Kabupaten Tangerang, Banten 15810
PengembangPT Summarecon Agung, Tbk
PengurusPT Summarecon Agung, Tbk
Jumlah toko dan jasa363 (per Juni 2015)
Total luas pertokoan115.000 m2 (retail)
Jumlah lantai2 basement + 4 lantai (SMS 1) dan 3 lantai (SMS 2)
Akses transportasi umumAngkot Kabupaten Tangerang: R06B, R19
Situs webwww.malserpong.com

Summarecon Mall Serpong (juga dikenal sebagai SMS) merupakan salah satu pusat perbelanjaan yang berlokasi di kawasan Summarecon Serpong, Gading Serpong, Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten. Dengan luas sekitar 115.000 m2, pusat perbelanjaan ini berdiri di kawasan Sentra Gading Serpong yang mencakup beberapa fasilitas seperti Pasar Modern Sinpasa, Salsa Food City dan Downtown Walk. Pusat perbelanjaan ini dibangun dan dikelola oleh PT Summarecon Agung.

Sejarah Perkembangan[sunting | sunting sumber]

Perkembangan Awal[sunting | sunting sumber]

Mall berdiri pada tahun 2007 dengan luas 55.000 m² (pembangunan tahap awal) dengan Star Department Store dan supermarket Farmers 99 Market sebagai penyewa utama, serta sarana hiburan seperti Timezone dan Bioskop 6 teater Summarecon Serpong XXI. Summarecon Mall Serpong juga dilengkapi dengan fasilitas food court serta area outdoor bernama Downtown Walk, dimana dapat ditemukan berbagai restoran, kafe serta hiburan seperti Live Music dan pertunjukan hiburan lainnya. Seiring berkembangnya daerah Gading Serpong serta meningkatnya jumlah pengunjung, fasilitas mall diperlengkap dengan adanya pembangunan gedung parkir yang berlokasi di belakang mall. Perkembangan terakhir mall tahap pertama mencakup penambahan fasilitas hiburan seperti teater IMAX yang berlokasi di bioskop Summarecon Serpong XXI.

Perkembangan Phase 2[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2010, Summarecon Agung memulai pembangunan Mall tahap 2 dengan luas 60.000 m2 yang kemudian diresmikan dan dibuka sebagai Summarecon Mall Serpong 2 (SMS 2) pada tanggal 27 Oktober 2011. Mall tahap kedua menambah luas pusat perbelanjaan hingga mencapai 115.000 m2, serta jumlah penyewa mencapai kurang lebih 400 toko. Penyewa utama Summarecon Mall Serpong 2 mencakup toko-toko besar seperti Best Denki, Marks & Spencer dan H&M serta sarana hiburan seperti Timezone. Summarecon Mall Serpong 2 juga dilengkapi zona makanan seperti Souq Pasar Malam, Flavor & Field serta Downtown Walk.

Luas total pusat perbelanjaan termasuk gedung parkir secara keseluruhan mencapai 193.000 m2 dengan kapasitas parkir kurang lebih 4.000 kendaraan, menjadikan Summarecon Mall Serpong sebagai salah satu pusat perbelanjaan terbesar yang beroperasi di Tangerang dan Provinsi Banten. Pesatnya perkembangan kawasan Gading Serpong membuat pihak pengelola terkadang menambahkan lahan parkir untuk menampung peningkatan volume pengunjung.[1]

Zona Khusus[sunting | sunting sumber]

Mall ini memiliki beberapa zona-zona khusus seperti:

  • The Food Tempation merupakan area food court yang menyediakan beragam makanan.
  • Downtown Walk merupakan area terbuka dan tempat bersantai yang dilengkapi dengan restoran dan kafe, serta panggung Live Music.
  • Souq Pasar Malam merupakan area food court berlokasi di SMS 2 yang dilengkapi dengan konsep dekor khas timur tengah, bertemakan pasar malam.
  • Flavor & Field merupakan zona berisikan restoran dan kafe dengan selera Asia dan Eropa.

Transportasi umum[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]