Mall Kelapa Gading

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Mal Kelapa Gading)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Koordinat: 6°14′28.7″S 106°37′41.3″E / 6.241306°S 106.628139°E / -6.241306; 106.628139

Summarecon Mall Kelapa Gading
LOGO-MKG.png
LokasiKelapa Gading Timur, Kelapa Gading, Jakarta Utara
AlamatKompleks Sentra Kelapa Gading
Jalan Boulevard Kelapa Gading Raya no. 13, RT. 13/RW. 18
Kelurahan Kelapa Gading Timur, Kecamatan Kelapa Gading
Kota Jakarta Utara 14240
PengembangPT Summarecon Agung, Tbk
PengurusPT Summarecon Agung, Tbk
Total luas pertokoan150,000 m2 (retail)
Jumlah lantai2 basement + 4 lantai (MKG 3-5) dan 3 lantai (MKG 1-2)
Akses transportasi umum LRT  Boulevard Utara
Mikrotrans Transjakarta: JAK 24, JAK 59, JAK 60, JAK 61, JAK 112
Situs webwww.malkelapagading.com
Logo Sentra Kelapa Gading
The Forum Atrium Summarecon Mall Kelapa Gading 3

Summarecon Mall Kelapa Gading (juga dikenal sebagai MKG) merupakan salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta Utara dengan luas sekitar 150,000 m2. Pusat perbelanjaan berlokasi di Kelapa Gading, Jakarta Utara tepatnya di Sentra Kelapa Gading yang mencakup beberapa fasilitas seperti Menara Satu, The Summit Apartment, Gading Food City, POP! Hotel, Harris Hotel dan La Piazza Lifestyle Center. Pusat perbelanjaan ini dibangun dan dioperasikan oleh PT Summarecon Agung.

Sejarah Perkembangan[sunting | sunting sumber]

Perkembangan Awal (1990-1995)[sunting | sunting sumber]

Mall berdiri pada tahun 1990[1] dan dikenal sebagai Plaza Kelapa Gading. Luas perkembangan tahap awal mall ini hanya sebesar 32.000 m2 dengan Diamond Departement Store dan Supermarket serta bioskop 4 teater Gading 21 sebagai penyewa utama.

Seiring dengan tumbuhnya permintaan, pada tahun 1995 Mall diperluas dengan pembangunan Mall tahap kedua dengan luas 40.000 m2 . Dengan demikian luas pusat perbelanjaan mencapai 72.000 m2, serta penggantian nama Plaza Kelapa Gading menjadi Mal Kelapa Gading. Jumlah penyewa pada saat itu mencapai 250 toko dengan penyewa utama seperti Sogo Department Store dan Sogo Supermarket.

Perkembangan Tahap 3 (2003-2007)[sunting | sunting sumber]

Pada 10 April 2003, Mal Kelapa Gading 3 dibuka untuk masyarakat. Dengan luas pusat perbelanjaan mencapai 130.000 m², serta jumlah penyewa mall tahap 1 hingga 3 yang mencapai lebih dari 600 toko, Mal Kelapa Gading bisa melengkapi kebutuhan sehari-hari.

Perkembangan Tahap Akhir (2007 hingga sekarang)[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2006 hingga 2008, Mall Kelapa Gading melakukan perubahan terhadap beberapa tampilan interior serta tenant utamanya. Farmers 99 Market menggantikan posisi tenant Diamond Supermarket dan Star Department Store menggantikan posisi Diamond Department Store di Mall Kelapa Gading 1. Pada Mall tahap 2, Sogo Supermarket melakukan renovasi menjadi Sogo Food Hall sebagai supermarket yang melengkapi Farmers 99 Market. Mall Kelapa Gading juga menghadirkan food court baru di Mall Kelapa Gading 1 dengan nama Food Sensation.

Perkembangan Mall tahap 5 menambahkan luas pusat perbelanjaan dengan luas sebesar 20.000 m2; dengan dibukanya Mall Kelapa Gading 5 pada tahun 2007, luas pusat perbelanjaan mencapai 150.000 m2 menjadikan Mall Kelapa Gading sebagai salah satu pusat perbelanjaan terbesar yang beroperasi di Jakarta. Mall Kelapa Gading 5 dilengkapi dengan beberapa penyewa utama seperti Best Denki dan Eat & Eat Food Market. Pada tahun 2018, Manajemen pusat perbelanjaan melakukan penyegaran nama Mall Kelapa Gading menjadi Summarecon Mall Kelapa Gading, melengkapi portofolio pusat perbelanjaan Summarecon lainnya seperti Summarecon Mall Serpong dan Summarecon Mall Bekasi. Pengembangan ini seiring berdirinya mal baru di daerah Kelapa Gading seperti Mall of Indonesia dan Mall Artha Gading.

Kegiatan[sunting | sunting sumber]

Jakarta Fashion & Food Festival[sunting | sunting sumber]

Di setiap bulan Mei sebuah perhelatan akbar Jakarta Fashion & Food Festival [2].Terselenggara adalah atas prakarsa Pemda DKI Jakarta dan Summarecon, serta didukung oleh Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia (APPMI), Martha Tilaar Group, MRA Media Group, Metro TV dan Sekolah Mode Esmod.

Festival akbar ini selalu menghadirkan program Fashion Extravaganza yang mengungkapkan kekayaan kreativitas hasil karya para desainer tanah air. Kemudian di program Food Festival dengan nuansa unik, akan menawarkan aneka sajian yang bertaburan beragam hadiah menarik. Jangan lewatkan pula kemeriahan Gading Carnival yang menampilkan parade mobil hias, atraksi jalanan dan permainan cahaya yang atraktif.

Zona Khusus[sunting | sunting sumber]

The new Fashion Hub

Mall ini mempunyai beberapa zona khusus yang memiliki keseragaman usaha penyewanya. Bagian tersebut adalah:

  • The New Catwalk area yang menghimpun butik desainer Indonesia ternama dan kriya buatan Indonesia yang dilengkapi konsep departement store.
  • Fashion Hub merupakan zona yang diperuntukkan bagi remaja dan orang muda.
  • Kids Safari area bagi anak-anak dan remaja yang berjiwa dinamis.
  • Gourmet Walk merupakan zona yang berisikan kafe dan restoran.
  • Food Temptation merupakan salah satu food court terbesar di Indonesia seluas 6.000 m2 dengan kapasitas 2300 kursi.
  • Food Sensation merupakan food court yang memiliki kekhasan kuliner dari seluruh Nusantara yang telah menjadi pilihan favorit.
  • The Attic Garden merupakan food court yang berlokasi di MKG 5 berisikan restoran dan kafe.
  • Gourmet Walk merupakan zona yang berisikan kafe dan restoran dengan selera Asia dan Eropa.
  • Eat & Eat Food Market menghadirkan konsep pasar tempo dulu, dengan dekorasi dan pernak-pernik yang sangat unik dengan beragam makanan khas dari berbagai daerah dan berbagai pilihan mulai dari makanan Indonesia, Tionghoa peranakan Indonesia, Malaysia dan Singapura.
  • Gading Walk merupakan tempat jalan santai luar ruangan yang dilengkapi area khusus untuk para pemilik anjing bernama Paws dan Boogie Doggie.

Untuk hiburan keluarga, Mall Kelapa Gading menghadirkan bioskop yaitu Gading XXI, IMAX Kelapa Gading dan sarana rekreasi keluarga Timezone.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Creating Land of Opportunity, Hermawan Kertajaya - MarkPlus&Co
  2. ^ JFFF

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]