Plaza Malioboro

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Plaza Malioboro
Plaza Malioboro sebelum renovasi fasad
LokasiIndonesia Kelurahan Suratmajan, Kecamatan Danurejan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
Tanggal dibuka1993 (sebagai Malioboro Mall)
2022 (sebagai Plaza Malioboro)
Nama sebelumnyaMalioboro Mall
PengurusPT Setia Mataram Tritunggal
(Ambarrukmo Group)
PemilikPemerintah Daerah DI Yogyakarta
ArsitekWastumatra
Susanto Cipta Jaya
Jumlah lantai4
Akses transportasi umum 1A   2A   3A   8   10   13   15  Malioboro 1
Situs webplazamalioboro.com

Plaza Malioboro adalah sebuah pusat perbelanjaan yang terletak di Kelurahan Suryatmajan, Kecamatan Danurejan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Plaza Malioboro didirikan pada tahun 1993 dengan nama Malioboro Mall. Mal ini dimiliki oleh Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta, dan awalnya dikelola oleh PT Yogya Indah Sejahtera. Setelah hampir 30 tahun, kontrak ini berakhir pada tahun 2022. Pemda selanjutnya memberikan kontrak pengelolaan kepada PT Setia Mataram Tritunggal yang dibawahi oleh Ambarrukmo Group, pengelola Plaza Ambarrukmo.

Sisi sebelah barat diambil alih oleh Pemda dengan nama Plaza Malioboro, tetapi sebelah timur masih dengan nama Malioboro Mall.[1] Sisi sebelah barat namanya diubah pada tahun 2022.[2] Bangunan Plaza Malioboro terhubung dengan Malyabhara Hotel (dahulu Ibis Yogyakarta Malioboro) sedangkan bangunan Malioboro Mall terhubung dengan Novotel Suites Yogyakarta Malioboro.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "VIRAL Mall Malioboro Sebelah Timur Sepi, Simak Perbedaan Mall Malioboro vs Plaza Malioboro". Tribunjogja.com. Diakses tanggal 2023-11-22. 
  2. ^ Sujatmiko, Tomi (5 Oktober 2022). "Malioboro Mall Ganti Nama Plaza Malioboro, Ini Konsep Yang Ditawarkan". KRjogja.com. Diakses tanggal 10 Desember 2022. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]