Wonokromo, Surabaya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Disambig gray.svg
Wonokromo
Kecamatan
Locator Kecamatan Wonokromo di Kota Surabaya.png
Peta lokasi Kecamatan Wonokromo
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Timur
Kota Surabaya
Pemerintahan
 • Camat Drs. Mahmud Sariadji, MM
Jumlah penduduk 198,613
Kepadatan - jiwa/km²
Desa/kelurahan Wonokromo, Darmo, Jagir, Ngagel, Ngagelrejo dan Sawunggaling
Pasar Wonokromo (1929-1932)

Wonokromo adalah sebuah kecamatan di Kota Surabaya, Jawa Timur.

Di sini terdapat Stasiun Kereta Api Wonokromo dan sungai yang bernama Kalimas yang asli berbelok ke utara dan bermuara di Tanjung Perak dan Kali Jagir merupakan sungai tembusan ke laut pada arah Timur, adalah sungai buatan yang dibuat pada zaman penjajahan Belanda dilengkapi bangunan Dam untuk mengatur air, di dekat Dam Jagir ada Stasiun Wonokromo dan bangunan pasar baru yang bernama DTC (Darmo Trade Center) yang dulunya bernama Pasar Wonokromo.

Letak Wonokromo di bagian selatan kota Surabaya, merupakan jalur utama lalu lintas Kota Surabaya menjadi gerbang utama di bagian Selatan. Sehingga Wonokromo memiliki potensi yang sangat besar. Baik potensi ekonomi dan perdagangan, maupun potensi sosial dan budaya,

Meskipun demikian, lingkungan di sekitar Wonokromo masih terlihat kumuh, disebabkan kurangnya penanganan akan bangunan liar para gelandangan dan pendatang yang dari luar Surabaya oleh pemerintah kota, sehingga sering terjadi tindakan kriminal dan pada waktu sore hari pun jalanan di sekitar Wonokromo pasti mengalami kemacetan.