Tandes, Surabaya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Koordinat: 7°15′33″S 112°40′40″E / 7.259208°S 112.677834°E / -7.259208; 112.677834

Tandes

Hanacaraka: ꦡꦤ꧀ꦢꦼꦱ꧀
Kantor Kecamatan Tandes
Kantor Kecamatan Tandes
Locator Kecamatan Tandes di Kota Surabaya.png
Peta lokasi Kecamatan Tandes
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Timur
KotaSurabaya
Pemerintahan
 • CamatDrs. R. Dodot Wahluyo, M.M.
Kode pos
60186
Kode Kemendagri35.78.14 Edit the value on Wikidata
Desa/kelurahan6

Tandes (Hanacaraka: ꦡꦤ꧀ꦢꦼꦱ꧀) adalah sebuah kecamatan di Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.[1][2]

Dahulu, Kecamatan Tandes merupakan wilayah berupa tambak, rawa-rawa di utara dan pematang sawah/perkebunan di selatan. Seiring berjalannya waktu, kecamatan ini berubah menjadi kompleks pergudangan dan pabrik di bagian utara serta pemukiman padat penduduk di bagian selatan.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Batas wilayah[sunting | sunting sumber]

Kecamatan Tandes berbatasan dengan beberapa wilayah, yaitu:

Utara Kecamatan Asemrowo
Timur Kecamatan Sukomanunggal
Selatan Kecamatan Sambikerep, Kecamatan Dukuh Pakis
Barat Kecamatan Benowo

Pemerintahan[sunting | sunting sumber]

Pembagian administratif[sunting | sunting sumber]

Kecamatan Tandes dibagi menjadi 6 kelurahan:

Sarana dan Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Transportasi[sunting | sunting sumber]

Kecamatan Tandes dilintasi Jalan Tol Surabaya-Gresik yang menghubungkan Surabaya dengan Gresik dan wilayah pantai utara Pulau Jawa. Terdapat dua stasiun kereta api di Kecamatan Tandes kelas III, yaitu Stasiun Tandes yang menghubungkan antara Stasiun Pasar Turi dan Stasiun Kandangan serta terdapat Stasiun Kandangan yang mempunyai percabangan ke Stasiun Indro, Gresik dan percabangan ke Stasiun Benowo/Lamongan/Semarang/Pekalongan/Cirebon/Jakarta. Selain itu, terdapat juga terminal khusus untuk angkutan kota, yaitu Terminal Balongsari.

Wisata Keluarga[sunting | sunting sumber]

Di Kelurahan Banjar Sugihan yang secara administratif merupakan masuk ke dalam Kecamatan Tandes, terdapat Food Junction Grand Pakuwon milik Pakuwon Group yang merupakan tempat wisata keluarga berkonsep one-stop solution. Di tempat tersebut, para pengunjung bisa berbelanja di supermarket Hypermart, menyantap makanan dari berbagai tenant makanan ternama dan melepas penat bersama keluarga maupun teman menikmati pemandangan danau dan taman dalam satu tempat.

Olahraga[sunting | sunting sumber]

Tak jauh dari Food Junction Grand Pakuwon, terdapat juga stadion kecil serbaguna yang bernama Stadion Galing. Band ternama Dewa 19 pernah menggelar konser di stadion tersebut.

Terdapat juga fasilitas olahraga Bulu Tangkis di Kecamatan Tandes bernama Grand Badminton Hall yang dimiliki oleh PB Bintang Timur.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 137 Tahun 2017 tentang Kode dan Data Wilayah Administrasi Pemerintahan". Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 Desember 2018. Diakses tanggal 3 Oktober 2019. 
  2. ^ "Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 72 Tahun 2019 tentang Perubahan atas Permendagri nomor 137 Tahun 2017 tentang Kode dan Data Wilayah Administrasi Pemerintahan". Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 25 Oktober 2019. Diakses tanggal 15 Januari 2020. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]