Lippo Group

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Lippo Group
Publik
IndustriKonglomerat
Didirikan1950
PendiriMochtar Riady
Kantor
pusat
Bendera Indonesia Jakarta, Indonesia
Tokoh
kunci
James Riady
ProdukMedia
Telekomunikasi
Properti
Ritel
Keuangan
Restoran
PendapatanIncrease$17,900 Miliar
$16,800 Miliar
Karyawan
50,000 (2010)
Situs weblippogroup.com

Lippo Group adalah sebuah perusahaan besar di Indonesia yang didirikan oleh Mochtar Riady. Grup ini memulai usaha dengan Bank Lippo yang telah berganti nama dan berubah posisi sahamnya menjadi Bank CIMB Niaga. Perusahaan ini kemudian mengembangkan diri di usaha properti yang kemudian berkembang di Indonesia, Tiongkok dan beberapa negara lainnya. Selain di usaha properti juga melakukan pengembangan bisnis eceran, telekomunikasi, dan berbagai jenis usaha lainnya.[1]

Saat ini, perusahaan tersebut dipimpin oleh James Riady, anak Mochtar Riady. Pada tahun 2016, perusahaan ini mulai merencanakan sebuah kota baru, yaitu Meikarta. Kota ini terletak di Cikarang, dan diperkirakan akan selesai pada tahun 2021.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Didirikan oleh Dr. Mochtar Riady pada tahun 1950-an. Kemudian berkembang menjadi perusahaan pribadi dan publik di Tiongkok, Hong Kong dan Makau, Indonesia, Filipina, Singapura dan Korea Selatan dengan total aset senilai US$11 miliar. Juga terdaftar di berbagai bursa saham di Hong Kong, Indonesia dan Singapura dengan setidaknya 15 jenis perusahaan.[1]

Jenis usaha[sunting | sunting sumber]

Bergerak di bidang properti meliputi kota satelit, perumahan, kondominium, perkantoran kelas A, pendidikan, pusat industri, pusat belanja, hotel, golf dan rumah sakit. Beberapa bisnis properti di Indonesia yang telah dikenal luas masyarakat antara lain Lippo Karawaci, Lippo Cikarang, Rolling Hills Lippo Karawaci, dan Rolling Hills Karawang[2]. Selain di Indonesia, Lippo juga memiliki properti sejenis di Tiongkok dan Singapura.

Di bisnis eceran, Lippo menguasai beberapa usaha seperti Matahari Putra Prima meliputi Foodmart, Matahari Department Store, Hypermart, serta produk kesehatan dan kecantikan.

Lippo juga memiliki usaha di bidang media, telekomunikasi, teknologi informasi dan TV kabel. Di sektor keuangan, Lippo memiliki usaha seperti perbankan, asuransi, dan lainnya dengan fokus di Asia.[1]

Kontroversi[sunting | sunting sumber]

Lippo Group sempat dikaitkan dengan model bisnis kotor[3][butuh sumber yang lebih baik] yang telah merugikan banyak pemilik bisnis dan tanah yang diajak bekerjasama.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Corporate Profile, diakses 4 April 2011
  2. ^ "Blog - Rolling Hills, Perumahan Baru di Karawang". www.rolling-hills.id. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-10-13. Diakses tanggal 2020-10-11. 
  3. ^ Redaksi (2017-07-20). "The Lippo Way ! By John. "Senin sampai Jumat bohongi orang Sabtu Minggu bohongi TUHAN"". Pribumi (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-12-04. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]