Matahari Putra Prima

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
PT Matahari Putra Prima Tbk
Didirikan 1986
Markas Bendera Indonesia Jakarta, Indonesia
Produk Ritel
Hiburan dan gaya hidup
Pemilik Multipolar
Situs web ir.hypermart.co.id

PT Matahari Putra Prima Tbk atau dikenal dengan nama MPPA adalah peritel modern multi format yang menonjol di Indonesia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Matahari Putra Prima telah berhasil mengoperasikan sejumlah perusahaan subordinat di berbagai industri. Divestasi aset non-inti pada akhir 2012, membuat Matahari Putra Prima menjadi pengecer multi format. Saat ini Matahari Putra Prima telah menjadi tujuan belanja ikonik dan berhasil mengoperasikan lebih dari 290 toko di seluruh Indonesia yang didukung oleh jaringan distribusinya yang luas.

Strategi Matahari Putra Prima menjadi operator multi format mulai terungkap pada tahun 2015. Lokasi Hypermart Strategis ditutup dan direnovasi sesuai dengan konsep G7 yang sukses serta toko baru yang dibangun mengikuti konsep baru ini. Selain itu, Matahari Putra Prima mulai meluncurkan format baru termasuk di supermarket premium yang beroperasi di bawah bendera Foodmart Primo, sebuah konsep grosir baru yang beroperasi di bawah bendera SmartClub, konsep toko baru yang beroperasi di bawah bendera Foodmart Xpress bersama Boston & Beauty Beauty yang benar-benar dirubah.

Akhirnya, bisnis pedagang besar, yang sebelumnya dilakukan di toko-toko dipisahkan sebagai bagian dari platform grosir untuk meningkatkan visibilitas ke dalam kekuatan dan kelemahan organisasi. Ini berguna karena Matahari Putra Prima memulai proses pelembagaan banyak proses back end untuk memposisikan Matahari Putra Prima untuk pertumbuhan yang berkelanjutan.

Perubahan yang paling signifikan adalah mengatasi keterbatasan yang ditempatkan pada harga konsumen yang terhambat oleh operasi berdasarkan metode pengukuran persediaan eceran. Tahun ini merupakan awal tahun pembangunan kembali yang berlanjut sampai 2016, untuk mengatasi hambatan infrastruktur yang menghambat penciptaan nilai jangka panjang.

Pada tahun 2016, Matahari Putra Prima membuat langkah besar dalam menangani penentuan posisi jangka panjangnya dengan perubahan yang paling penting sebagai penerapan dan beralih ke metode biaya teknik pengukuran inventaris pada kuartal ke-3. Ini adalah sejarah karena Matahari Putra Prima sekarang diposisikan untuk menangani hambatan terakhir mempengaruhi penjualan yang harganya. Hal ini juga menempatkan Matahari Putra Prima dalam posisi untuk lebih memahami keuntungan dari berbagai hal sehingga memungkinkan manajemen/kontrol margin jangka panjang sekaligus menangani penetapan harga. Akhirnya, Matahari Putra Prima menyadari pentingnya E-Commerce saat berinvestasi dan bekerja sama dengan MatahariMall.com, sebuah portal pasar online yang luas di Indonesia. Hubungan ini akan menangkap manfaat dari gaya hidup digital yang berkembang pesat dari konsumen modern Indonesia.

Matahari Putra Prima mengambil langkah penting pada 2015 dan 2016 dalam mengembangkan platform manajemen ritel berkelanjutan melalui pelembagaan proses bisnis. Ini adalah fondasi yang penting mendukung Matahari Putra Prima karena memulai sebuah cerita pertumbuhan baru di tahun 2017 dan seterusnya.

Unit usaha[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]