Lembah Silikon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Silicon Valley)

Lembah Silikon (Silicon Valley) adalah julukan untuk daerah selatan Wilayah Teluk San Francisco, California, Amerika Serikat. Julukan ini diraih karena daerah ini memiliki banyak perusahaan yang bergerak dalam bidang komputer dan semikonduktor. Daerah yang termasuk diantaranya San José, Santa Clara, Sunnyvale, Palo Alto dan wilayah lainnya.

Perusahaan yang mendiami Lembah Silikon, antara lain: Adobe Systems, Apple Computer, Cisco Systems, eBay, Google, Hewlett-Packard, Intel, dan Yahoo!.

Asal nama[sunting | sunting sumber]

Nama Silicon Valley pertama kali digunakan oleh Ralph Vaerst, entrepreneur sukses di Central California. Penggunaan secara tertulis pertama kali oleh Don Hoefler, teman Vaerst, yang menggunakan nama ini sebagai judul sebuah artikel seri di koran mingguan Electronic News. Artikel seri ini berjudul "Silicon Valley in the USA" dan dimulai pada edisi 11 Januari 1971 koran ini. Nama Silicon Valley dipahami dan digunakan secara luas baru sejak tahun 1980an, berkaitan erat dengan pengenalan produk IBM PC, dan banyak hardware dan software yang terkait, kepada konsumer. Kata Valley berasal dari Santa Clara Valley, yang berlokasi di ujung selatan San Francisco Bay, dan kata Silicon berasal dari tingginya konsentrasi perusahaan yang terlibat dalam industri semikonduktor (silikon digunakan untuk membuat produk semikonduktor komersial) dan komputer di area tersebut. Perusahaan-perusahan tersebut perlahan-lahan menggantikan perkebunan yang merupakan asal nama awal daerah ini, the Valley of Heart's Delight.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pusat teknologi di AS[sunting | sunting sumber]

Pusat teknologi internasional[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]