California Selatan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
California Selatan
Southern California Gambar dari atas ke bawah, kiri ke kanan: San Diego Skyline, Downtown Los Angeles, Village of La Jolla, Santa Monica Pidfdddfer, Surfer at Black's Beach, Hollywood Sign, Disneyland, Hermosa Beach Pier
Negara Amerika Serikat
Negara bagian California
Kota terbesarLos Angeles
Populasi
22.680.010

California Selatan (Inggris: Southern California atau disingkat SoCal) adalah bagian selatan negara bagian California di Amerika Serikat. Di California Selatan terdapat tiga wilayah metropolitan utama, yaitu Wilayah Metropolitan Los Angeles dengan lebih dari 12 juta penduduk, Wilayah Metropolitan San Bernardino-Riverside dengan lebih dari 4 juta penduduk, dan Wilayah Metropolitan San Diego dengan lebih dari tiga juta penduduk. Jumlah penduduk California Selatan diperkirakan sebesar 24 juta, lebih dari setengah populasi California, dan merupakan wilayah terpadat kedua di Amerika Serikat setelah Amerika Serikat Timur Laut.

Meskipun tidak ada batas resmi California Selatan, kebanyakan batas meliputi semua wilayah di sebelah selatan Pegunungan Tehachapi, terletak sekitar 70 mil (113 km) di sebelah utara Los Angeles.[1]

California Selatan berbatasan dengan Samudera Pasifik di barat, perbatasan internasional antara Amerika Serikat dan Meksiko di selatan dan Gurun Colorado dan Mojave di timur.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ McWilliams, Carrey (1973). Southern California, An Island on the Land (edisi ke-9th). Layton: Gibbs Smith. ISBN 9780879050078. Diakses tanggal 2009-04-29. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]