Babel (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Babel
Babel poster32.jpg
Poster film Babel
Sutradara Alejandro González Iñárritu
Produser Alejandro González Iñárritu
Steve Golin
Jon Kilik
Skenario Guillermo Arriaga
Cerita Alejandro González Iñárritu
Guillermo Arriaga
Pemeran Brad Pitt
Cate Blanchett
Gael García Bernal
Kōji Yakusho
Adriana Barraza
Rinko Kikuchi
Musik Gustavo Santaolalla
Sinematografi Rodrigo Prieto
Penyunting Stephen Mirrione
Douglas Crise
Perusahaan
produksi
Anonymous Content
Zeta Film
Central Films
Media Rights Capital
Distributor Paramount Vantage
Tanggal rilis
  • 23 Mei 2006 (2006-5-23) (Festival Film Cannes)
  • 27 Oktober 2006 (2006-10-27) (terbatas di Amerika Serikat)
  • 10 November 2006 (2006-11-10) (secara luas di Amerika Serikat)
Durasi
143 menit[1]
Negara Amerika Serikat
Meksiko
Perancis
Bahasa Bahasa Inggris
Bahasa Spanyol[1]
Anggaran $20 juta[2]
Pendapatan kotor $135,330,182[2]

Babel adalah film drama tahun 2006 yang disutradarai oleh Alejandro González Iñárritu dan diproduseri oleh Alejandro González Iñárritu, Steve Golin dan Jon Kilik. Naskah film ini ditulis oleh Guillermo Arriaga, sementara ceritanya ditulis oleh Alejandro González Iñárritu dan Guillermo Arriaga. Film ini dibintangi oleh Brad Pitt, Cate Blanchett, Gael García Bernal, Kōji Yakusho, Adriana Barraza dan Rinko Kikuchi.

Film Babel ditayangkan secara perdana di Festival Film Cannes pada tanggal 23 Mei 2006[3] dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 27 Oktober 2006 secara terbatas dan 10 November 2006 secara luas. Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Jauh di perbukitan padang gurun Maroko, dua anak, Yussef (Boubker Ait El Caid) dan Ahmed (Said Tarchani), dengan bangga menenteng senjata yang baru dibelikan oleh ayah mereka, Abdullah (Mustapha Rachidi), untuk mengawal kawanan ternak. Sebuah senjata yang tanpa mereka sadari akan melibatkan mereka dalam situasi rumit.

Dengan wajah polos mereka, Yussef dan Ahmed saling menunjukkan kemampuan menembak dengan senapan dan mengarahkannya ke target yang mereka incar. Sampai suatu saat, target tembak Yussef dan Ahmed bukan lagi batu karang, mereka bertaruh seberapa jauh jarak jangkau peluru senjata mengenai target. Yussef meminta Ahmed mengarahkan senapan ke sebuah bis yang sedang lewat, dan di luar dugaan mereka, bis berhenti, orang-orang mulai berteriak dan dimulailah kisah tragis untuk sesuatu yang jauh dari bayangan mereka.

Terpisah jauh dari Yussef dan Ahmed, di saat yang bersamaan, Amelia (Adriana Barraza), pengasuh anak keturunan Meksiko yang mengadu nasib di San Diego, California. Saat menjaga dua anak yang ditinggalkan oleh orang tuanya, Richard (Brad Pitt) dan Susan (Cate Blanchett) pergi berlibur, Amelia menerima telepon yang memintanya segera pulang ke Meksiko untuk menghadiri pernikahan putranya esok hari. Masalah datang saat Richard memberitahu bahwa mereka tidak bisa pulang ke Amerika Serikat karena sebuah insiden di tempat mereka berlibur. Di tengah kekalutan antara pernikahan putranya dan tugasnya menjaga anak asuhnya, juga tak kunjung menemukan penggantinya, Amelia akhirnya memutuskan nekat membawa kedua anak tersebut menuju Meksiko dengan menumpang mobil keponakannya, Santiago (Gael García Bernal).

Bermil-mil jauhnya, Richard dan Susan mengalami kepanikan ketika mereka tengah berlibur ke Maroko untuk mengembalikan hubungan mereka yang tak lagi harmonis setelah kematian putra mereka, Sam. Richard berusaha meyakinkan Susan atas perbuatannya di masa lampau yang sampai saat ini tak kunjung dimaafkan oleh Susan. Dinginnya hubungan mereka diperparah dengan tragedi yang mengancam nyawa Susan saat sebuah peluru yang tak diketahui asalnya menembus bahu Susan.

Sementara di benua timur, Chieko Wataya (Rinko Kikuchi), seorang gadis Jepang tengah bermain voli, dengan tatapan prihatin sang ayah, Yasujhiro (Koji Yakusho), yang hanya bisa mengelus dada dan kecewa dengan kekerasan hati putrinya. Yasujiro sangat berhati-hati menghadapi Chieko yang pemberontak dan sensitif, selain juga harus memahami keterbatasan Cheiko yang bisu dan tuli sejak kecil dan kematian tragis ibunya. Chieko juga menghadapi masalah 'keperawanan' yang membuatnya bertingkah dan merasa dikucilkan oleh teman-temannya.

Empat kehidupan di tiga benua, orang-orang asing yang terpisahkan jarak dan waktu, perbedaan budaya, tradisi, kelas sosial, dan pandangan hidup, namun mereka menghadapi satu hal yang membuat mereka sehati. Mereka terisolir karena ketidakmampuan berkomunikasi dengan baik satu sama lain, meski pada akhirnya ada satu titik temu yang saling menyatukan mereka.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Maroko
  • Brad Pitt sebagai Richard Jones
  • Cate Blanchett sebagai Susan Jones
  • Mohamed Akhzam sebagai Anwar
  • Peter Wight sebagai Tom
  • Harriet Walter sebagai Lilly
  • Michael Maloney sebagai James
  • Driss Roukhe sebagai Alarid
  • Boubker Ait El Caid sebagai Yussef
  • Said Tarchani sebagai Ahmed
  • Mustapha Rachidi sebagai Abdullah
  • Abdelkader Bara sebagai Hassan
  • Wahiba Sahmi sebagai Zohra
  • Robert Fyfe sebagai turis nomor 14
Amerika Serikat / Meksiko
Jepang
  • Rinko Kikuchi sebagai Chieko Wataya
  • Kōji Yakusho sebagai Yasujiro Wataya
  • Satoshi Nikaido sebagai Detective Kenji Mamiya
  • Yuko Murata sebagai Mitsu
  • Shigemitsu Ogi sebagai dokter gigi Chieko
  • Ayaka Komatsu sebagai model bikini di iklan televisi

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Babel mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 69%, berdasarkan 196 ulasan, dengan rating rata-rata 6.7/10.[4] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 69 dari 100, berdasarkan 38 kritik, menunjukkan "ulasan yang baik".[5] Berdasarkan CinemaScore, film ini mendapatkan nilai "B-" dari penonton film untuk skala A+ sampai F.[6]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film Babel mendapatkan $34,302,837 di Amerika Utara dan $101,027,345 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $135,330,182, melebihi anggaran produksi film $20 juta.[2]

Pada pembukaan akhir pekan secara terbatas, film ini mendapatkan $389,351, menempati posisi ke-24 di box office. Namun, pada pembukaan akhir pekan secara luas, film ini mendapatkan $5,558,095, menempati posisi ke-6 di box office di belakang film Borat: Cultural Learnings of America for Make Benefit Glorious Nation of Kazakhstan, The Santa Clause 3: The Escape Clause, Flushed Away, Stranger than Fiction dan Saw III.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Babel (15)". British Board of Film Classification. April 27, 2007. Diakses tanggal November 16, 2014. 
  2. ^ a b c d "Babel (2006)". Box Office Mojo. Diakses tanggal October 12, 2012. 
  3. ^ "Multi-lingual film defies stereotypes". BBC Online. May 23, 2006. Diakses tanggal October 21, 2015. 
  4. ^ "Babel (2006)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  5. ^ "Babel reviews". Metacritic. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  6. ^ "CinemaScore". cinemascore.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]