Los Angeles Times

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Los Angeles Times
Jenis surat kabar harian
Format koran
Pemilik Tribune Company
Penerbit Eddy Hartenstein[1]
Redaktur Russ Stanton
Didirikan 4 Desember 1881
Kantor pusat Los Angeles, California
Amerika Serikat
Sirkulasi 773.884 edisi harian
1.101.981 edisi Minggu[2]
ISSN 0458-3035
Situs web resmi www.latimes.com

Los Angeles Times (populer sebagai LA Times) adalah surat kabar harian yang terbit di Los Angeles, California, dan beredar di seluruh wilayah Amerika Serikat Barat. Dalam total oplah, surat kabar ini menempati peringkat kedua dalam daftar surat kabar kota metropolitan, dan peringkat ke-4 dalam daftar surat kabar yang beredar paling luas di Amerika Serikat.[3] Pada bulan Oktober 2008, oplah harian dilaporkan sejumlah 739.000 eksemplar.[4] Oplah harian ini telah mengalami penurunan dari total oplah pada masa puncaknya sebesar 1,1 juta eksemplar.[5] Selain versi cetak, LA Times memiliki situs web berita di latimes.com.

Sejak didirikan tahun 1881, harian ini hingga tahun 2007 telah memenangi sejumlah 38 Penghargaan Pulitzer, termasuk empat untuk kategori kartun editorial dan masing-masing satu penghargaan untuk Kerusuhan Watts 1965 dan Kerusuhan Los Angeles 1992.[6] Dalam penyerahan Penghargaan Pulitzer tahun 2004, LA Times memenangi 5 penghargaan sekaligus. Prestasi ini menjadikan LA Times sebagai surat kabar ketiga yang meraih Penghargaan Pulitzer terbanyak di bawah The New York Times (7 penghargaan pada tahun 2002) dan The Washington Post (6 penghargaan pada tahun 2008).

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pertama kali terbit 4 Desember 1881, surat kabar ini mulanya diterbitkan sebagai harian sore setiap seminggu setengah, dengan nama Los Angeles Daily Times, tapi tidak berlangsung lama karena bangkrut. Penerbitnya, Mirror Company mengambil alih dan mendudukkan mantan Letnan Kolonel Harrison Gray Otis dari pihak Tentara Uni sebagai redaktur. Otis membuat surat kabar ini sukses secara finansial. Pada tahun 1884, surat kabar berikut penerbitnya dibeli oleh Otis yang kemudian mendirikan perusahaan bernama Times-Mirror Company.

Reruntuhan gedung Times setelah peristiwa tahun 1910

Sejarawan Kevin Starr menyebut Otis (bersama Henry E. Huntington dan Moses Sherman) sebagai pengusaha yang "mampu memanipulasi aparat politik dan opini publik secara keseluruhan untuk memperkaya dirinya sendiri."[7] Kebijakan editorial Otis berdasarkan pada prinsip mempromosikan kota Los Angeles dan mendukung pembangunan kota. Salah satu usaha yang dilakukan Otis adalah memperluas pasokan air leding dengan membeli daerah hulu sungai di Owens Valley. Pada tahun 1974, Roman Polanski membuat film Chinatown yang mengangkat persengketaan ini sebagai sebuah kisah fiksi.

Sewaktu Times bertikai dengan serikat buruh di tingkat lokal, terjadi peristiwa pengeboman kantor pusat Los Angeles Times. Duapuluh satu orang tewas, dan dua pemimpin serikat buruh, James and Joseph McNamara diadili. American Federation of Labor menyewa pengacara Clarence Darrow untuk membela dua bersaudara McNamara yang akhirnya menyatakan diri bersalah. Clarence Darrow di kemudian hari dibebaskan dari tuduhan memberi uang suap sebesar AS$4.000 kepada juri.[8] Markas besar surat kabar ini kemudian pindah ke Gedung Times, sebuah markah tanah di Los Angeles.

Era Chandler[sunting | sunting sumber]

Setelah Otis meninggal dunia pada tahun 1917, menantunya yang bernama Harry Chandler mengambil alih kedudukannya sebagai penerbit Times. Pada tahun 1944, Harry Chandler digantikan oleh putranya, Norman Chandler yang memimpin pada masa pesatnya pertumbuhan Los Angeles di pasca-Perang Dunia II. Istri sekaligus ahli waris Norman, Dorothy Buffum Chandler adalah alumni Universitas Stanford. Dorothy menjadi aktivis masyarakat dan memimpin pembangunan Pusat Musik Los Angeles. Gedung konser utama di Pusat Musik Los Angeles disebut Dorothy Chandler Pavilion untuk mengenang jasa pendirinya. Anggota keluarga Chandler dimakamkan di Pemakaman Hollywood Forever dekat Paramount Studios. Di pemakaman ini juga terdapat batu peringatan untuk para korban peristiwa Gedung Times.

Harian ini juga menjadi salah satu pendiri KTTV yang waktu itu berafiliasi dengan CBS. Sejak tahun 1951, LA Times menadi satu-satunya pemilik KKTV sebelum dijual ke Metromedia pada tahun 1963. Stasin televisi ini sekarang dimiliki oleh Fox dari konglomerat Newscorp.

Otis Chandler adalah generasi keempat keluarga Chandler, menjadi penerbit LA Times dari tahun 1960 hingga 1980. Otis berusaha meningkatkan reputasi surat kabarnya dengan mengambil model surat kabar The New York Times dan Washington Post, serta percaya bahwa ruang redaksi adalah "jantung bisnis surat kabar".[9] Otis Chandler menambah jumlah dan menaikkan gaji staf reporter, serta menambah berita internasional dan nasional. Pada tahun 1962, harian ini bekerja sama dengan Washington Post membentuk Los Angeles Times-Washington Post News Service sebagai sindikasi yang menyediakan artikel dari kedua surat kabar untuk organisasi berita lainnya.

Sepanjang tahun 1960-an, harian ini memenangi empat Penghargaan Pulitzer. Prestasi tersebut menjadi prestasi terbesar dalam 90 tahun sejarah Los Angeles Times.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ MacMillan, Robert (16 Agustus 2008). "Tribune hires former DirecTV CEO to run LA Times". Reuters. 
  2. ^ Saba, Jennifer (28 April 2008). "New FAS-FAX: Steep Decline at 'NYT' While 'WSJ' Gains". Editor & Publisher. Nielsen Business Media, Inc. 
  3. ^ "2008 Top Newspapers, Blogs & Consumer Magazines" (PDF). BurrellesLuce. 
  4. ^ http://www.nytimes.com/2008/10/28/business/media/28circ.html
  5. ^ http://www.lamag.com/featuredarticle.aspx?id=1050
  6. ^ http://www.latimes.com/services/newspaper/mediacenter/la-mediacenter-pulitzers,0,6930216.story
  7. ^ Starr, Kevin (1985). Inventing the Dream: California Through the Progressive Era. New York: Oxford University Press. hlm. 228. ISBN 0195034899. OCLC 11089240. 
  8. ^ Costigan, Cases and Other Authorities on Legal Ethics, 1933, p. 345 et seq.
  9. ^ McDougal, Dennis (2002). Privileged Son: Otis Chandler and the Rise and Fall of the L.A. Times Dynasty. Cambridge, Mass.: Da Capo. ISBN 0306811618. OCLC 49594139. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]