Pengendali jarak jauh

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sebuah pengendali jarak jauh televisi
Sebuah pengendali jarak jauh pemutar DVD

Pengendali jarak jauh (Inggris: remote control) adalah sebuah alat elektronik yang digunakan untuk mengoperasikan sebuah mesin dari jarak jauh.

Istilah remote control juga sering disingkat menjadi "remote" saja. Remote juga sering kali mengacu pada istilah "controller", "donker", "doofer", "zapper" "click-buzz", "box", "flipper", "zippity", "clicker", or "changer". Pada umumnya, pengendali jarak jauh digunakan untuk memberikan perintah dari kejauhan kepada televisi atau barang-barang elektronik lainnya seperti sistem stereo dan pemutar DVD. Remote control untuk perangkat-perangkat ini biasanya berupa benda kecil nirkabel yang dipegang dalam tangan dengan sederetan tombol untuk menyesuaikan berbagai setting, seperti misalnya saluran televisi, nomor trek, dan volume suara. Malah, pada kebanyakan peranti modern dengan kontrol seperti ini, remote controlnya memiliki segala kontrol fungsi sementara perangkat yang dikendalikan itu sendiri hanya mempunyai sedikit kontrol utama yang mendasar. Kebanyakan remote berkomunikasi dengan perangkatnya masing-masing melalui sinyal-sinyal infra merah dan beberapa saja melalui sinyal radio. Remote control biasanya menggunakan baterai AAA yang kecil atau AA sebagai catu dayanya.

Remote universal[sunting | sunting sumber]

Remote Universal adalah remote kontrol yang dapat digunakan dan diprogram untuk semua jenis peralatan yang memiliki fasilitas infra merah


Penggunaan[sunting | sunting sumber]

Permainan video[sunting | sunting sumber]

Hingga baru-baru ini konsol permainan video menggunakan kontrol berkabel, terutama karena kesulitan dalam bermain sambil tetap mengarahkan pemancar infra-merahnya tetap pada konsol. Sebagian pengontrol nirkabel diproduksi oleh pihak ketiga, pada umumnya menggunakan gelombang radio dan bukan sinar infra-merah. Pengontrol nirkabel resmi pertama adalah WaveBird untuk Nintendo Gamecube. Tapi dalam generasi konsol permainan berikutnya, pengontrol nirkabel menjadi standar untuk Xbox 360, PlayStation 3 dan Wii.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Produk dan standar[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]