Opera Software

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Opera Software ASA
Jenis Allmennaksjeselskap (OSE: OPERA)
Industri/jasa Perangkat lunak
Didirikan 22 Juni 1995
Kantor pusat Oslo, Norwegia
Tokoh penting Lars Boilesen (CEO)
Jon Stephenson von Tetzchner (pendiri)
Geir Ivarsøy (pendiri, meninggal)
Håkon Wium Lie (CTO)
Produk Peramban web
Pendapatan US$ 300,1 juta (2013)[1]
Laba usaha US$ 067,5 juta (2013)[1]
Laba bersih US$ 060,3 juta (2013)[1]
Karyawan 1039 (2013) [1]
Situs web http://www.operasoftware.com

Opera Software adalah perusahaan dari Norwegia pengembang aplikasi peramban Opera dan variannya. Perusahaan ini berkantor pusat di Oslo Norwegia. Juga memiliki kantor-kantor cabang di negara Swedia, Polandia, China, India, Jepang, Korea Selatan, Taiwan, Republik Ceko dan Amerika serikat. Perusahaan ini berdiri tahun 1995, setelah Jon Stephenson von Tetzchner dan Geir Ivarsøy meminta izin hak terhadap MultiTorg Opera dari Telenor yang merupakan tempat di mana dahulu mereka berdua bekerja. Pada awal pendiriannya, Opera Software, tidak memiliki modal marketing sama sekali. Dengan hanya 10 karyawan, Opera Software dioperasikan oleh Jon Stephenson von Tetzchner dan Geir Ivarsøy. Tetzchner, walaupun berposisi sebagai CEO tetap menulis code program browser Opera (peramban web).Dari perusahaan ini pula, lahir CSS, yang menjadi dasar dari penampilan web yang lebih indah, hal ini diprakasai oleh Håkon Wium Lie selaku CTO.

Dewasa ini, Opera Software memiliki, lebih dari 500 pekerja, tetapi baru-baru ini, setelah mereka memutuskan untuk mengganti mesin (baca:engine) browser mereka, dari Presto ke WebKit, Opera Software telah melakukan PHK terhadap 90 lebih pekerja mereka. Hal ini sangat disayangkan karena akhirnya peramban Web dewasa ini hanya beradasrkan pada satu mesin saja. Hal ini menyebabkan sebuah monopoli web.

Opera Software juga membundling Opera Mini, salah satu peramban Cloud mereka untuk Mobile phone dengan J2ME, Symbian, MeeGo, Android, Tizen, Bada. dengan paket Opera Mini dari Telkomsel, operator terbesar di Indonesia. Hingga sekarang, belum ada peramban Cloud yang dapat menyaingi rendering dari engine Pike dan Presto Opera. Dalam kancah perperangan di kancah mobile, hingga saat ini hanya ada Opera Mini dan juga UC Browser.

Geir Ivarsøy salah satu pendiri Opera dan Programer ternama dari Opera Software

Referensi[sunting | sunting sumber]

Sejarah Browser Opera | Computesta, di akses Minggu, 7 Juli 2013 pukul 13:26:48
Haavard - 300 million users strong, Opera moves to WebKit, di akses Minggu, 7 Juli 2013 pukul 13:30:40
Opera gears up at 300 million users - Opera Software, di akses Minggu, 7 Juli 2013 pukul 13:33:01

  1. ^ a b c d "Opera Software ASA – Annual Report 2013" (PDF). Opera Software ASA. 16 April 2014. Diakses tanggal 9 Jan 2015.