Presto

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pemasakan tekanan atau lebih dikenal sebagai presto (Portugis: pressão)di Indonesia adalah suatu proses memasak makanan di bawah uap dan air bertekanan tinggi atau cairan memasak berbahan dasar air, dalam wadah tertutup yang dikenal sebagai pemasak tekanan. Tekanan tinggi membatasi perebusan dan menciptakan suhu memasak lebih tinggi yang memasak makanan jauh lebih cepat. Pemasak tekanan ditemukan pada abad ketujuh belas oleh fisikawan Denis Papin. Ini bekerja dengan mengeluarkan udara dari bejana dan menjebak uap yang dihasilkan dari cairan mendidih. Ini digunakan untuk menaikkan tekanan internal hingga satu atmosfer di atas ambien dan menghasilkan suhu memasak yang lebih tinggi antara 100–121 °C (212–250 °F). Bersama dengan perpindahan panas termal yang tinggi dari uap memungkinkan memasak antara setengah dan seperempat waktu mendidih konvensional serta menghemat energi yang cukup besar.

Sebuah panci presto

Hampir semua makanan yang bisa dimasak dengan uap atau cairan berbahan dasar air bisa dimasak dengan pemasak tekanan. Pemasak tekanan modern memiliki banyak fitur keselamatan untuk mencegah pressure cooker menahan terlalu banyak tekanan. Setelah pemasakan, tekanan uap diturunkan kembali ke tekanan atmosfir sekitar sehingga bejana dapat dibuka. Di semua perangkat modern, kunci pengaman mencegah pembukaan saat berada di bawah tekanan.

Menurut Majalah New York Times, 37% rumah tangga AS memiliki setidaknya satu panci presto pada tahun 1950. Pada tahun 2011, angka tersebut turun menjadi hanya 20%. Sebagian dari penurunan tersebut disebabkan oleh ketakutan akan ledakan (walaupun hal ini sangat jarang terjadi pada panci presto modern bersamaan dengan persaingan dari perangkat memasak cepat lainnya seperti oven mikrogelombang. Namun, panci presto generasi ketiga memiliki lebih banyak fitur keamanan dan kontrol suhu digital, tidak mengeluarkan uap selama memasak, dan lebih senyap serta lebih efisien, dan kemudahan ini telah membantu membuat memasak dengan tekanan lebih populer lagi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]