Penghitaman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ikan hitaman (kanan)

Penghitaman adalah teknik memasak yang digunakan dalam penyiapan ikan dan makanan lain. Teknik ini dipopulerkan oleh jurutama masak Paul Prudhomme dan sering dikaitkan dengan masakan Cajun.[1] Makanan dicelupkan ke dalam mentega cair dan kemudian ditaburi campuran herba dan rempah-rempah, biasanya gabungan timi, oregano, cabai, lada, garam, bubuk bawang putih, dan bubuk bawang bombai.[2] Kemudian, makanan itu dimasak dalam wajan besi tuang yang sangat panas.[2][3] Ciri khas warna cokelat-hitam pada kerak dihasilkan dari gabungan padatan susu kecokelatan dari mentega dan bumbu gosong.[4]

Meskipun resep asal menggunakan ikan merah (red drum),[3] metode penyiapan yang sama dapat diterapkan pada jenis ikan lain dan sumber protein lain seperti steik, ayam, kutlet, atau tahu.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Herbst, S.T.; Herbst, R. (2007). The Food Lover's Companion (edisi ke-Fourth). Barron's Educational Series. 
  2. ^ a b O'Neill, Molly. "Paul Prudhomme's Blackened Redfish". The New York Times: Cooking. The New York Times Company. Diakses tanggal 6 September 2018. 
  3. ^ a b "blackened". Food Encyclopedia. Television Food Network, G.P. Diakses tanggal 26 Oct 2011. 
  4. ^ "Restodontê | Descubra receitas a partir de seus ingredientes". Restodontê (dalam bahasa Portugis). Diakses tanggal 17 March 2018. 

Templat:Hidangan Cajun