Goreng rendam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Menggoreng rendam donat

Goreng rendam (juga disebut menggoreng rendam dalam minyak) adalah teknik memasak menggoreng dengan cara merendam atau membenamkan bahan makanan ke dalam lemak panas, misalnya minyak goreng. Maka menggoreng rendam sering kali dijelaskan sebagai teknik mengoreng dengan menggunakan minyak yang banyak, sehingga bahan makanan terendam sempurna.

Biasanya alat penggoreng rendam, atau panci penggoreng digunakan. Selain itu secara industri, alat seperti penggoreng bertekanan atau penggoreng hampa udara juga dapat digunakan. Menggoreng rendam dapat juga dilakukan dengan menggunakan minyak yang dipanaskan dalam panci. Menggoreng rendam dianggap sebagai metode memasak panas kering[1][2] karena tidak memiliki kandungan air. Biasanya, menggoreng rendam dapat memasak makanan dengan cepat: semua sisi makanan termasak secara bersamaan, dan minyak memiliki kemampuan tinggi sebagai penghantar panas.[3]

Praktik menggoreng rendam telah ada sejak 7000 tahun lalu, akan tetapi teknik modern baru ada sejak abad ke-19 Masehi. Menggoreng rendam populer di seluruh dunia dan berperan pada tingginya tingkat konsumsi kalori global. Meskipun demikian, ada bahaya terhadap kesehatan yang dikaitkan dengan makanan gorengan rendam berlemak jenuh tinggi, misalnya meningkatkan risiko serangan jantung dan obesitas.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Food Preparation and Cooking: Cookery units. Student guide. Catering and hospitality, NVQ/SVQ2. Stanley Thornes. 1996. p. 18. ISBN 978-0-7487-2566-3. 
  2. ^ America, Culinary Institute of (2007). Techniques of Healthy Cooking, Professional Edition. Wiley. p. 86. ISBN 978-0-470-05232-7. 
  3. ^ Sumnu, S.G.; Sahin, S. (2008). Advances in Deep-Fat Frying of Foods. Contemporary Food Engineering. CRC Press. pp. 6–7. ISBN 978-1-4200-5559-7.