Lompat ke isi

Netscape

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Netscape Communications
IndustriInternet, Perangkat lunak, & Telekomunikasi
Didirikan1994
Kantor
pusat
Mountain View, California, Amerika Serikat (sebagai perusahaan independen)
Dulles, Virginia, Amerika Serikat
(setelah menjadi bagian dari AOL)
Tokoh
kunci
Marc Andreessen dan Jim Clark (pendiri); James Barksdale (CEO)
ProdukPaket aplikasi Internet
Peramban web
Penyedia jasa Internet
Portal web
Karyawan
2,500 [1]
IndukAOL
Situs webhttp://isp.netscape.com

Netscape Communications (sebelumnya dikenal sebagai Netscape Communications Corporation dan umumnya dikenal sebagai Netscape) adalah sebuah perusahaan layanan komputer asal Amerika Serikat yang independen. Kantor pusatnya terletak di Mountain View, California[1] dan kemudian berpindah ke Dulles, Virginia.

Sebagai perusahaan teknologi yang bergerak di ranah internet, Netscape pernah mendominasi industri penjelajah web dalam hal kapasitas saham. Meski begitu, tak lama kemudian sebagian sahamnya berpindah ke Internet Explorer selama perang penjelajah web. Pada akhir tahun 2006, pangsa penggunaan peramban Netscape jatuh, dari mula-mula lebih dari 90% di pertengahan tahun 1990-an, menjadi hanya kurang dari 1%. Meski terbilang tidak lama, di masa kejayaan operasionalnya, Netscape telah berhasil memberikan kontribusi terhadap dunia teknologi informasi modern dengan mengembangkan Secure Sockets Layer Protocol (SSL) yang masih banyak digunakan hingga saat ini untuk mengamankan komunikasi online,[2] serta JavaScript, salah satu bahasa yang paling banyak digunakan di dalam pemrograman.

Pasar saham Netscape diperdagangkan antara tahun 1995 dan 2003 sebagai anak perusahaan dari AOL. Namun, itu berubah menjadi sebuah perusahaan induk termasuk pembelian AOL Netscape pada tahun 1998. Merek Netscape masih banyak digunakan oleh AOL. Beberapa layanan yang saat ini ditawarkan dengan merek Netscape, selain web browser, termasuk diskon penyedia jasa internet dan sebuah situs web populer yaitu social news. Pada bulan Desember 2007, AOL mengumumkan akan tidak ada lagi pembaharuan pada penjelajah web Netscape. Tom Drapeau, direktur dari Merek Netscape dari AOL, mengumumkan bahwa perusahaan akan berhenti mendukung produk-produk perangkat lunak Netscape pada 1 Maret 2008.[3] Keputusan tersebut menuai reaksi campur dari masyarakat, dengan banyak argumentasi bahwa penghentian dukungan produk secara signifikan telah terlambat. Situs keamanan Internet Security Watch menyatakan bahwa kecenderungan jarang update keamanan untuk AOL Netscape menyebabkan browser menjadi "kewajiban keamanan", khususnya versi 2005-2007, Netscape Browser 8.[4] Asa Dotzler, salah satu pemrogram asli dari Mozilla Firefox, menyambut berita itu dengan "pembebasan yang baik" dalam tulisan blog-nya, tetapi memuji beberapa anggota tim Netscape selama bertahun-tahun untuk memungkinkan penciptaan dari Mozilla pada 1998.[5] protes dan petisi lain AOL untuk terus menyediakan perbaikan keamanan penting untuk ketidaktahuan atau pengguna setia perangkat lunak, serta perlindungan terhadap merek terkenal.[6][7][8]

Daftar produk

[sunting | sunting sumber]

Lini produk awal

[sunting | sunting sumber]

Lini produk awal Netscape terdiri dari:

  • Netscape Navigator peramban web untuk Windows, Macintosh, OS/2, Unix, dan Linux
  • Netsite Communications peladen web, dengan antarmuka konfigurasi berbasis web[9]
  • Netsite Commerce peladen web, server Komunikasi dengan SSL (https) ditambahkan
  • Netscape Proxy Server
  • Netscape Merchant System, platform e-commerce yang mendukung berbagai bahasa & mata uang.

Propeller

[sunting | sunting sumber]

Di antara Juni 2006 dan September 2007, AOL mengoperasikan situs Netscape sebagai situs berita sosial yang serupa dengan Digg. Formatnya tidak berjalan dengan baik karena lalu lintas turun 55,1 persen antara November 2006 dan Agustus 2007.[10] Pada September 2007, AOL mengembalikan situs Netscape menjadi portal berita tradisional, dan mengganti nama portal berita sosial menjadi "Propeller", memindahkan situsnya ke domain "propeller.com." AOL menutup situs Propeller pada 1 Oktober 2010.[10]

[sunting | sunting sumber]

Netscape mengoperasikan sebuah mesin pencarian, Netscape Search, yang sekarang dialihkan ke AOL Search (yang kini hanya melayani hasil pencarian Bing (sebelumnya Google)).[11] Versi lainnya dari Netscape Search dimasukkan ke dalam Propeller.

Teknologi Netscape

[sunting | sunting sumber]

Netscape membuat bahasa pemograman halaman web JavaScript. Ini juga memelopori pengembangan teknologi push, yang secara efektif memungkinkan situs web untuk mengirim informasi pembaruan secara berkala (cuaca, pembaruan stok, pelacakan paket, dll.) langsung ke desktop pengguna (alias "webtop"); Implementasi Netscape ini diberi nama Netcaster.[12] Namun, bisnis dengan cepat mengenali penggunaan teknologi push untuk menayangkan iklan kepada pengguna, yang mengganggu mereka, jadi Netcaster hanya beroperasi sebentar saja.

Lihat pula

[sunting | sunting sumber]

Referensi

[sunting | sunting sumber]
  1. ^ Swartz, Jon. "Company takes browser war to Netscape's lawn." San Francisco Chronicle. Thursday October 2, 1997. Retrieved on December 29, 2009.
  2. ^ History of SSL at IBM.com
  3. ^ "The Netscape Archive". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-06-30. Diakses tanggal May 24, 2008. 
  4. ^ "Netscape Death is long overdue, Good for Security". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-07-15. Diakses tanggal January 2, 2008. 
  5. ^ "it's about time. r.i.p. netscape browser". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-01-01. Diakses tanggal January 2, 2008. 
  6. ^ "Save Netscape Petition". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-01-16. Diakses tanggal January 2, 2008. 
  7. ^ "Netscape Community – Online Petition for the Support of NN". Diakses tanggal January 2, 2008. [pranala nonaktif permanen]
  8. ^ "Save Netscape!". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-02-15. Diakses tanggal January 2, 2008. 
  9. ^ "Killer Products: Netsite". 2008-04-06. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-04-06. Diakses tanggal 2012-10-29. 
  10. ^ a b "Propeller.com Spinning to a Stop - Search Engine Watch (#SEW)". Search Engine Watch. Diakses tanggal 2012-10-29. 
  11. ^ "AOL Takes Over Majority of Microsoft's Ad Business, Swaps Google Search For Bing". 
  12. ^ "Netscape pushes out Netcaster". ZDNET (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-09-05. 

Bacaan lanjutan

[sunting | sunting sumber]
  • Jim Clark, Netscape Time: The Making of the Billion-Dollar Start-Up That Took On Microsoft, St. Martin's Press, 1999.
  • Michael E. Cusumano and David B. Yoffie, Competing On Internet Time: Lessons From Netscape And Its Battle With Microsoft, The Free Press, 1998, 2000.
  • Fortune Magazine, "Remembering Netscape: The Birth Of The Web", July 25, 2005.

Pranala luar

[sunting | sunting sumber]