Pangsa pasar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pangsa pasar (Inggris: Market share) adalah persentase dari total pendapatan atau penjualan di pasar yang dibuat oleh bisnis perusahaan. Misalnya, jika ada 50.000 unit terjual per tahun di industri tertentu, perusahaan yang penjualannya 5.000 unit akan memiliki 10 persen pangsa pasar itu.

"Pemasar harus mampu menerjemahkan dan memasukkan target penjualan ke dalam pangsa pasar karena ini akan menunjukkan apakah perkiraan harus dicapai dengan tumbuh bersama pasar atau dengan merebut pangsa dari pesaing. Yang terakhir hampir selalu lebih sulit dicapai. Pangsa pasar dipantau secara ketat untuk tanda-tanda perubahan dalam lanskap kompetitif, dan sering kali mendorong tindakan strategis atau taktis."[1] Selain itu, pangsa pasar adalah metrik kunci dalam memahami kinerja relatif terhadap pertumbuhan pasar sebagai pengukuran pertumbuhan penjualan internal ( atau penurunan) hanya mungkin merupakan akibat dari pertumbuhan atau penurunan serupa dalam industri yang diukur.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Farris, Paul W.; Neil T. Bendle; Phillip E. Pfeifer; David J. Reibstein (2010). Marketing Metrics: The Definitive Guide to Measuring Marketing Performance. Upper Saddle River, New Jersey: Pearson Education, Inc. ISBN 0137058292. The Marketing Accountability Standards Board (MASB) endorses the definitions, purposes, and constructs of classes of measures that appear in Marketing Metrics as part of its ongoing Common Language: Marketing Activities and Metrics Project Diarsipkan 2009-11-28 di Wayback Machine..
  2. ^ "What is Market Share?". The Stevenson Company (dalam bahasa Inggris). 2019-06-12. Diakses tanggal 2019-10-09.