Netscape Navigator

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Netscape Navigator
Netscape Navigator.png
Netscape Navigator 4.08
Pengembang Netscape Communications Corporation
Rilis perdana 15 Desember 1994 (Netscape Navigator 1.0)
Status pengembangan Tidak dikelola
Serambi Lintas platform
Jenis Penjelajah web

Netscape Navigator merupakan peramban web yang terkenal pada era 1990-an dan paling banyak digunakan sebelum kemunculan Internet Explorer dari Microsoft, yang dibuat oleh Netscape Corporation. Pada zamannya, Netscape banyak digunakan oleh pengguna karena memang lebih baik dibandingkan dengan beberapa peramban web berbasis grafis yang lainnya saat itu. Netscape tersedia dalam platform Windows 16-bit (Win16), Windows 32-bit (Win32), UNIX, serta Macintosh. Netscape Navigator merupakan peramban yang dibuat dari basis kode sumber Mosaic Web Browser dari National Center for Supercomputing Applications (NCSA), karena memang pembuat NCSA (Marc Andressen) adalah pendiri Netscape Corporation. Selain tersedia dalam bentuk Netscape Navigator, Netscape juga mengeluarkan paket suite Internet, yang disebut sebagai Netscape Communicator, yang menggabungkan Navigator, klien e-mail, editor halaman web, dan aplikasi lainnya.

Pada tahun 1999, Netscape Corporation diakusisi oleh America Online (AOL), dan proyek Gecko yang sedang dibuat oleh Netscape pun dibuat kode sumber terbukanya setelah Netscape mendirikan proyek Mozilla.org. Jadi bisa diambil kesimpulan bahwa Netscape Navigator adalah peramban web yang merupakan gagasan bagi peramban Mozilla Firefox.


Akhir Dukungan untuk Netscape[sunting | sunting sumber]

Setelah bertahun-tahun kalangan internal dari AOL berupaya untuk menghidupkan kembali Netscape Navigator, akhirnya mereka tidak berhasil melakukannya karena pangsa pasar Netscape dikalahkan oleh Microsoft Internet Explorer. Dukungan untuk Netscape pun akhirnya hanya terbatas oleh segelintir insinyur yang membuat sebuah add-on skin (perangkat lunak tambahan pemasang kulit) untuk Mozilla Firefox. Disamping itu, AOL telah mengalihkan fokus bisnisnya ke iklan berbasis web. Fokusnya AOL pada bisnis dan suksesnya peramban Mozilla Firefox, membuat AOL merasa inilah saat yang tepat untuk mengakhiri dukungan kepada Netscape Navigator. AOL menghentikan dukungan untuk Netscape Navigator pada tanggal 1 Maret 2008 dan kemudian menyerahkan kendali Netscape sepenuhnya kepada Mozilla Foundation.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]