Maxthon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Maxthon
Maxthonlogo.svg
Pengembang Maxthon International Ltd
Peluncuran awal 2005; 12 tahun lalu (2005)
Status pengembangan Aktif
Sistem operasi Windows, Android, Mac OS, IOS, Windows Phone, Linux
Mesin Trident dan WebKit
Ukuran ~39 MB
Bahasa 53 bahasa
Jenis Peramban web
Lisensi Perangkat lunak gratis
Situs web www.maxthon.com

Maxthon (Tionghoa: 傲游浏览器, awalnya dikenal dengan MyIE2) adalah sebuah peramban web gratis yang dapat dijalankan di Windows, OS X, dan Linux. Peramban ini dikembangkan oleh perusahaan asal Tiongkok, Maxthon Ltd. yang berbasis di Beijing. Peramban ini tersedia pula di Windows Phone 8,[1] dan Android dengan nama Maxthon Mobile. Sejak perilisan versi 3, Maxthon mendukung mesin render Trident dan WebKit.[2]

Maxthon memenangkan CNET WebWare 100 Awards pada tahun 2008[3] dan 2009,[4] dan menduduki peringkat ke-97 dalam daftar PC World dari 100 Produk Terbaik tahun 2011. Pada bulan Juli 2016, timbul perhatian terhadap keamanan peramban ini, ketika celah keamanan ditemukan oleh ahli keamanan siber. Mereka menemukan bahwa peramban ini mengirimkan "status pemblokir iklan, URL halaman awal, situs web yang dikunjungi oleh pengguna (termasuk pencarian daring), dan aplikasi terinstall ke sebuah server di Beijing, Tiongkok" melalui HTTP. Celah keamanan ini meninggalkan informasi berharga seorang pengguna kepada orang yang tidak bertanggung jawab.[5]

Gambaran umum[sunting | sunting sumber]

Maxthon merupakan sebuah perusahaan Tiongkok yang dikenal sebagai pembuat peramban web untuk Windows. Kantornya terletak di Beijing, dengan kantor cabang di Shanghai, Hong Kong, dan San Francisco. Sebagian besar insinyur Maxthon berbasis di kantor pusat di Beijing, yang mengembangkan dan menjaga versi peramban web Maxthon untuk Windows, Android, Mac OS, IOS, Windows Phone, dan Linux.

Maxthon juga membuat produk lain, seperti portal informasi dan berita berbahasa Tiongkok, portal permainan dan humor berbahasa Tiongkok, peramban web yang aman untuk anak-anak, dan sistem akun daring gratis bernama Maxthon Passport.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Eswarlu, Venkat (10 Desember 2012). "Maxthon Cloud Browser Released". techdows.com (dalam bahasa bahasa Inggris). Diakses tanggal 4 Oktober 2016. 
  2. ^ "Download YouTube video with Maxthon Browser". Maxthon Browser (dalam bahasa bahasa Inggris). Diakses tanggal 4 Oktober 2016. The only browser designed for the whole web. Dual display engines (powered by Trident and Webkit) and the web's fastest Javascript engine (V8) make every website sing --- fast. 
  3. ^ Goy, Alex (21 April 2008). "Webware 100 winner: Maxthon". CNET. Diakses tanggal 4 Oktober 2016. 
  4. ^ Goy, Alex (19 Mei 2009). "Webware 100 winner: Maxthon". CNET. Diakses tanggal 4 Oktober 2016. 
  5. ^ Kovacs, Eduard (14 Juli 2016). "Maxthon Browser Sends Sensitive Data to China". securityweek.com (dalam bahasa bahasa Inggris). Diakses tanggal 4 Oktober 2016. Security experts have discovered that the Maxthon web browser collects sensitive information and sends it to a server in China. Researchers warn that the harvested data could be highly valuable for malicious actors.