Shinsegae

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Shinsegae Inc.
Nama asli
주식회사 신세계
Publik
Simbol sahamKRX: 004170
IndustriRitel
PendahuluGerai Mitsukoshi Keijō (Gyeongseong)
Didirikan1955; 66 tahun lalu (1955)
PendiriLee Byung-chul
Kantor
pusat
63 Sogong-ro, Jung-gu, Seoul, Korea Selatan
Wilayah operasi
Korea Selatan
Tokoh
kunci
Lee Myung-hee
(Chairman)
Chung Yong-jin
(Wakil Chairman)
Kim Eun Myeong
(CEO)
PemilikLee Myung-hee (18,22%)
IndukSamsung (1955-1997)
Independen (1997-sekarang)
Anak
usaha
E-mart
Situs weben.shinsegae.cn

Shinsegae (Korea: 신세계, KRX: 004170) adalah sebuah waralaba department store asal Korea Selatan, yang bersama sejumlah bisnis lain, berkantor pusat di Seoul, Korea Selatan. Nama Shinsegae berarti "Dunia Baru" dalam Bahasa Korea. Gerai unggulannya berada di Centum City, Busan, yang merupakan department store terbesar di dunia dengan lantai seluas 3.163.000 kaki persegi, lebih besar dari gerai unggulan Macy's di Herald Square di New York City pada tahun 2009.[1][2]

Shinsegae awalnya merupakan bagian dari chaebol Samsung Group, yang dipisahkan dari Samsung Group pada dekade 1990-an bersama dengan CJ Group (Makanan/Kimia/Hiburan), Saehan Group (Media Elektronik/Aparel/Tekstil), dan Hansol Group (Kertas/Telekomunikasi). Chairman Shinsegae, Lee Myung-hee adalah anak dari pendiri Samsung, Lee Byung-chull dan saudara dari chairman Samsung Electronics, Lee Kun-hee.

Grup ini memiliki merek Shinsegae dan E-Mart, serta berkompetisi langsung dengan Lotte Shopping dan Hyundai Department Store Group. Saat ini, Shinsegae merupakan peritel terbesar di Korea Selatan.[3]

Shinsegae juga terkenal berkat sejarahnya yang panjang. Gerai utama Shinsegae adalah department store tertua di Korea. Bangunan utama gerai tersebut mulai dipakai pada tahun 1930 sebagai cabang dari Mitsukoshi di Gyeongseong. Pada saat itu, Korea masih diduduki oleh Kekaisaran Jepang. Gerai ini kemudian dibeli oleh pendiri Samsung Group, Lee Byung-chull pada tahun 1945 dan diubah namanya menjadi Donghwa Department Store. Pada saat Perang Korea (1950–1953) pecah, bangunan gerai ini sempat digunakan sebagai kantor pertukaran pos oleh Angkatan Darat Amerika. Pada tahun 1963, gerai ini kembali diubah namanya menjadi Shinsegae.[4] Bangunan ini kini digunakan sebagai tempat belanja mewah.

Shinsegae merupakan perusahaan kartu kredit pertama di Korea Selatan. Perusahaan ini pun menerbitkan kartu charge sendiri mulai tahun 1967 hingga 2000. Pada tahun 2000, Shinsegae menjual divisi kartu kreditnya ke KorAm Bank, yang kemudian diakuisisi oleh Citibank Korea.

Gerai[sunting | sunting sumber]

Gerai utama di Seoul
Gerai utama di Seoul pada masa kolonial Jepang, saat masih menjadi cabang dari Mitsukoshi
Gerai di Busan, merupakan department store terbesar di dunia
Gerai di Gwangju

Shinsegae juga memiliki gerai kecil di Bandar Udara Internasional Incheon, dan sebuah supermarket di Dogok-dong, Gangnam-gu, Seoul.

Pada tahun 2010, Shinsegae meluncurkan Shinsegae Style Market, sebuah pusat perbelanjaan kecil yang ditujukan untuk para pemuda. Gerai ini dikelola oleh anak usaha Shinsegae, E-Mart.

  • Seongnam Style Market di E-Mart cabang Taepyeong, Seongnam, Gyeonggi-do
  • Daejeon Style Market di E-Mart cabang Kompleks Terminal Daejeon, Dong-gu, Daejeon
  • Pusat perbelanjaan Starfield Hanam, dibuka pada tanggal 9 September 2016 sebagai sebuah pusat perbelanjaan bertema. Merupakan pusat perbelanjaan terbesar ketujuh di dunia. Pusat perbelanjaan ini berisi bioskop Megabox, toko buku Yeongpoong, department store Shinsegae, Zara, H&M, Daiz, top10, Hansem, eletromart, emart traders (gaya gudang), kolam renang dalam ruangan, dan pujasera etopia. Sejumlah merek mewah seperti Louis Vuitton, Prada, Gucci, Genesis, BMW, dan Ioniq EV juga dapat dijumpai di pusat perbelanjaan ini.

Rencana[sunting | sunting sumber]

  • Sebuah pusat perbelanjaan untuk para pemuda di Mesa, sebuah pusat perbelanjaan terbengkalai yang terletak di samping gerai utama Shinsegae di Jung-gu, Seoul
  • Pusat perbelanjaan di Samsung Town yang sedang dalam proses konstruksi.
  • Boots UK

Terdahulu[sunting | sunting sumber]

  • Gerai Daegu (대구점) di Jung-gu, Daegu (dibuka pada tahun 1973 dan ditutup pada bulan Desember 1976)
  • Gerai Banpo (신세계 스토어 반포) di Gangnam-gu, Seoul (dibuka pada tahun 1974 dan ditutup beberapa tahun kemudian)
  • Gerai Bomun Gyeongju (경주보문점) di Gyeongju, Gyeongsangbuk-do (dibuka pada tahun 1979 dan ditutup beberapa tahun kemudian)
  • Gerai Dongbang Plaza (동방플라자) di Jung-gu, Seoul (dibuka pada tahun 1982 dan ditutup pada tahun 1996)
  • Gerai Cheonho (천호점) di Gangdong-gu, Seoul (ditutup pada tahun 2000, dan diubah menjadi E-Mart Gerai Cheonho)
  • Gerai Mia (미아점) di Seongbuk-gu, Seoul (ditutup pada tahun 2007, dan diubah menjadi E-Mart Gerai Mia)

Gerai diskon[sunting | sunting sumber]

E-Mart (이마트) adalah anak usaha dari Shinsegae yang merupakan jaringan gerai diskon besar di Korea Selatan, serta memiliki gerai di Tiongkok dan Mongolia. Di Korea Selatan, E-Mart merupakan jaringan gerai diskon terbesar, di atas Home Plus dan Lotte Mart.

Pada akhir bulan Mei 2006, Shinsegae mengungkapkan rencananya untuk membeli semua gerai Wal-Mart di Korea.[7] Pada bulan Oktober 2006, semua gerai Wal-Mart di Korea pun diubah namanya menjadi E-Mart.

Shinsegae memisahkan E-Mart menjadi perusahaan independen (KRX: 139480) pada tahun 2012.

Anak perusahaan[sunting | sunting sumber]

Kontroversi[sunting | sunting sumber]

Shinsegae melarang pemasangan iklan yang memuat aktris Go Hyun-jung (고현정) di semua department store miliknya, karena telah bercerai dengan wakil chairman dan CEO Shinsegae, Chung Yong-jin.[8]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Guinness World Records: Department Store". 
  2. ^ Farfan, Barbara (28 December 2018). "What Is the World's Largest Retail Store?". Small Business. Diakses tanggal 17 April 2019. 
  3. ^ "E-Land in talk to sell stores to Tesco South Korea unit". Reuters. 2008-05-14. 
  4. ^ "Elegance rules in Shinsegae's new temple of earthly joy". Korea JoongAng Daily. 
  5. ^ "New Largest Department Store". Guinness World Records. Diakses tanggal 2009-06-29. 
  6. ^ "Busan Mall Gets Guinness Listing as World's Biggest". The Chosun Ilbo. Diakses tanggal 2009-06-28. 
  7. ^ "Shinsegae to Take Over Wal-Mart Korea". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-01-03. Diakses tanggal 2019-10-12. 
  8. ^ allKpop.com Go Hyun-jung still blacklisted from Shinsegae March 2010

Pranala luar[sunting | sunting sumber]