Doosan Group

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Doosan
Publik
Kode emitenKRX: 000150
IndustriKonglomerat
Didirikan1896; 125 tahun lalu (1896)
PendiriPark Seung-jik
Kantor
pusat
Doosan Tower 18-12, Euljiro 6-ga, Jung-gu, Seoul, Korea Selatan
Tokoh
kunci
Park Jeong-won, Chairman
ProdukPembangkit Listrik, Fasilitas Desalinasi, Mesin, Peralatan Konstruksi, Konstruksi, dsb.
Anak
usaha
Doosan Corporation, Doosan Heavy Industries & Construction, Doosan Infracore, Doosan Engineering & Construction, Doosan Fuel Cell America, dsb.
Situs webhttp://www.doosan.com

Doosan Group (Hangul두산그룹; Hanja斗山그룹) adalah sebuah konglomerat multinasional asal Korea Selatan. Pada tahun 2009, perusahaan ini menempati peringkat ke-471 dalam daftar Fortune Global 500.[1] Perusahaan ini telah masuk dalam daftar Forbes Global 2000 sejak tahun 2007.[butuh rujukan] Perusahaan ini merupakan pemilik dari Škoda Power. Doosan menempati peringkat keempat dalam daftar "World's Best 40 Companies 2009" yang disusun oleh BusinessWeek, pada bulan Oktober 2009.[butuh rujukan]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Doosan Group memulai sejarahnya pada tahun 1896[2] dengan nama Park Seung Jik Store di Baeogai (kini Jongno 4-ga, Seoul). Sejak saat itu, Doosan berkembang menjadi sebuah konglomerat multinasional, dengan fokus pada barang konsumsi, manufaktur, perdagangan, dan konstruksi.

Akuisisi yang dilakukan oleh perusahaan ini meliputi terhadap Doosan Heavy Industries & Construction (sebelumnya bernama Korea Heavy Industries & Construction, yang fokus pada pembangkit listrik dan fasilitas desalinasi) pada tahun 2001, Koryeo Industrial Development pada tahun 2004, dan Doosan Infracore (sebelumnya bernama Daewoo Heavy Industries & Machinery, yang fokus pada peralatan konstruksi) pada tahun 2005.

Pada tahun 2006, Doosan mengakuisisi perusahaan rekayasa pendidih, Mitsui Babcock UK (diubah namanya menjadi Doosan Babcock) dan Kvaerner IMGB, perusahaan pencetakan dan penempaan terbesar di Romania. Pada tahun 2007, Doosan mengakuisisi produsen peralatan konstruksi, Bobcat USA, pemasok peralatan konstruksi kecil terbesar di dunia.[butuh rujukan] Pasca integrasi Bobcat USA ke Doosan Infracore, salah satu anak usaha Doosan Group yang fokus pada peralatan konstruksi sedang dan besar, Doosan Group menjadi pemasok peralatan konstruksi terbesar ketujuh di dunia.[2] Doosan saat ini mempekerjakan 41.400 orang di 38 negara.[2]

Segmen bisnis utama[sunting | sunting sumber]

Truk Doosan AD 40

Bisnis utama Doosan adalah bisnis dukungan infrastruktur. Bisnis dukungan infrastruktur Doosan terdiri dari lima anak usaha, yakni Doosan Corporation, Doosan Heavy Industries & Construction, Doosan Infracore, Doosan Engineering & Construction, serta Doosan Engine. Kelima anak usaha tersebut menyediakan tenaga listrik, air minum hasil desalinasi, peralatan konstruksi, permesinan canggih, pasokan pertahanan, rumah, jalan dan jembatan, peralatan pemrosesan bahan kimia, serta mesin industri.

Perusahaan[sunting | sunting sumber]

Doosan Corporation (Perusahaan induk)

  • Doosan Corporation Electro-Materials memasok bahan utama untuk Bifenil Poliklorinasi, sebuah bahan penting untuk elektronik, termasuk bahan OLED dan laminasi berlapis tembaga (lapisan terang dan biasa untuk fluoresensi pendar.)
  • Doosan Corporation Industrial Vehicle adalah produsen peralatan logistik global, serta forklift tipe mesin dan forklift elektronik.
  • Doosan Corporation Mottrol mengembangkan dan memproduksi komponen hidrolik untuk peralatan konstruksi dan sistem pertahanan.
  • Doosan Corporation Digital Innovation menyediakan jasa konsultansi teknologi informasi, pengaturan sistem, operasi sistem bisnis, dan operasi infrastruktur teknologi informasi.
  • Doosan Corporation Fuel Cell Power memiliki berbagai macam teknologi sel bahan bakar, mulai untuk pembangkit listrik hingga pengunaan di rumah.
  • Doosan Corporation Glonet beroperasi di bidang logistik secara keseluruhan dan industri bio, termasuk pengembangan biomaterial baru seperti pengemulsi medis.
  • Doosan Corporation Retail mengoperasikan Doosan Tower, sebuah pusat perbelanjaan dengan lebih dari 550 gerai mode yang dapat menarik 20 juta pengunjung tiap tahun.

Afiliasi

  • Doosan Heavy Industries & Construction, didirikan pada tahun 1962, mengembangkan pembangkit listrik termal, pembangkit listrik tenaga nuklir, fasilitas desalinasi air laut, pencetakan, penempaan, dan konstruksi di Timur Tengah, Asia, Eropa, serta Amerika Utara dengan total pendapatan sebesar $9,6 milyar pada tahun 2012. Doosan telah membangun lebih dari 400 pembangkit listrik tenaga nuklir, termal, dan kombinasi. Doosan memiliki paten teknologi untuk tiga tipe desalinasi, yakni flash multi-tahap, distilasi multi-efek, dan osmosis terbalik. Perusahaan ini juga telah mengakuisisi perusahaan pencetakan dan penempaan terbesar di Romania, Kvaerner IMGB, produsen pendidih, Mitsui Babcock, serta produsen turbin asal Ceko, Skoda Power. Perusahaan ini juga telah mendirikan pusat riset dan pengembangan desalinasi di Tampa, Amerika Serikat, Damman, Arab Saudi, dan di Birmingham, Britania Raya.
  • Doosan Infracore memproduksi peralatan konstruksi, mesin, perlengkapan, dan peralatan utilitas, seperti kompresor udara.
  • Doosan Solus fokus pada sektor bahan, termasuk kertas tembaga, elektronik, dan biomaterial. Perusahaan ini mengembangkan diri dengan melakukan merger dan akuisisi, ekspansi, serta riset dan pengembangan.
  • Doosan Fuel Cell : Doosan membeli produsen sel bahan bakar stasioner, ClearEdge Power yang berkantor pusat di Silicon Valley, Amerika Serikat.[3]
  • Doosan Engineering & Construction, didirikan pada tahun 1960, berbisnis di bidang rekayasa sipil, konstruksi, CPE, dan Generator Uap Pemulih Panas.
  • American Engineering Services (saat ini bernama Doosan Hydro Technology) diakuisisi pada tahun 2005.[4]
  • IMGB (saat ini bernama Doosan IMGB) diakuisisi pada tahun 2006. Doosan IMGB merupakan perusahaan pencetakan dan penempaan terbesar di Eropa, dengan kantor pusat di Romania.[5]
  • Doosan Babcock Energy diakuisisi pada tahun 2006[6]
  • Doosan Bobcat diakuisisi pada tahun 2007[7]
  • Advanced Technology Lubben diakuisisi pada tahun 2008,[8] berkantor pusat di Lubben, dekat Berlin (Jerman). Perusahaan ini memiliki teknologi untuk mendukung produksi peralatan penanganan bahan untuk gudang dan bandara.
  • Moxy Engineering diakuisisi pada tahun 2008 dan diubah namanya menjadi Doosan Moxy AS. Sebuah produsen pengangkut gandeng (truk jungkit) yang berkantor pusat di Norwegia. Mulai tahun 2011, produk perusahaan ini diberi merek Doosan saja, tanpa Moxy.
  • Skoda Power diakuisisi pada tahun 2009,[9] sebuah produsen dan pemasok turbin uap dengan merek Skoda berkapasitas mulai dari 5 MW hingga 1.200 MW, ruang mesin, serta menyediakan layanan untuk pembangkit listrik tenaga nuklir, fosil, kombinasi, kogenerasi, dan insinerasi.
  • Enpure diakuisisi pada tahun 2012 oleh Doosan Heavy Industries & Construction. Enpure adalah sebuah perusahaan pengolahan air limbah asal Britania Raya yang memiliki teknologi dan paten untuk memisahkan benda asing dari mata air dan air laut, serta pengolahan air/air limbah, dan perancangan fasilitas desalinasi.
  • Oricom menyediakan jasa untuk memasarkan merek, termasuk perencanaan, kreatif, konsultansi merek, media, promosi, dan pemasaran daring.
  • Hancomm adalah sebuah agen periklanan di Korea, dan telah memimpin pengembangan dan pertumbuhan industri periklanan bersama Oricom.
  • Neoplux adalah sebuah perusahaan yang menawarkan investasi dan konsultansi pada perusahaan asal Korea Selatan ataupun luar Korea Selatan.
  • Doosan Bears, dibentuk pada bulan Januari 1982, tahun pertama liga profesional di Korea, merupakan tim bisbol profesional pertama di Korea.
  • Doosan Cuvex mengoperasikan klub golf Ladena di Chuncheon, Korea.
  • Doosan Magazine didirikan pada tahun 1996, merupakan majalah mode pertama di Korea.

Organisasi Pelengkap

  • Yonkang Foundation, didirikan pada tahun 1978 sebagai penghormatan terhadap chairman pertama Doosan, Yonkang Too Pyung Park, yayasan ini menyediakan beasiswa, pembiayaan riset dan pengembangan, pelatihan untuk guru dari luar Korea Selatan, kesejahteraan pendidikan, serta membagikan buku secara gratis.
  • Doosan Art Center mendukung seniman muda di fasilitas miliknya, seperti Yonkang Hall, Space111, dan Doosan Gallery.
  • Doosan Business Research Institute (DBRI): Doosan Leadership Institute mengadakan program pendidikan seperti lokakarya, forum, dan seminar untuk pegawai Doosan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Fortune Global 500 List 2017: See Who Made It". Fortune. 
  2. ^ a b c "History". Doosan Group. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-05-09. Diakses tanggal 2020-12-18. 
  3. ^ South Korea's Doosan buys U.S. fuel cell maker ClearEdge for $32.4 million Diarsipkan 2015-09-24 di Wayback Machine., Reuters, 20 July 2014.
  4. ^ Doosan acquires AES water treatment operations (worldwide news: ASIA)
  5. ^ "Republica Coreea vede in Romania "o poarta de colaborare" in spatiul UE". Diarsipkan dari versi asli tanggal 19 July 2011. Diakses tanggal 2 July 2009. 
  6. ^ S. Korea's Doosan Heavy buys Mitsui Babcock for 20 bln yen[pranala nonaktif permanen], Forbes.
  7. ^ Associated Press, South Korea's Doosan Infracore rise 6 percent after Bobcat buy, International Herald Tribune, 31 July 2007.
  8. ^ http://doosanflt.com/index.php?option=com_content&task=view&id=96&Itemid=2 Korean forklift manufacturer, Doosan Infracore, has acquired the German warehouse equipment specialists, Advanced Technology Lübben in a deal worth around €2.5m.
  9. ^ "SKorea's Doosan takes over Czech turbine maker". AFP. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 37°34′08″N 127°00′36″E / 37.568783°N 127.009933°E / 37.568783; 127.009933