Lompat ke isi

SuperStar SMTOWN

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
SuperStar SMTOWN
Tipeaplikasi seluler Edit nilai pada Wikidata
Versi pertamaAugust 26, 2014
GenreMusic
Karakteristik teknis
Sistem operasiAndroid dan iOS Edit nilai pada Wikidata
PlatformiOS dan Android Edit nilai pada Wikidata
Formatunduhan digital Edit nilai pada Wikidata
Metode inputlayar sentuh Edit nilai pada Wikidata
Informasi pengembang
PengembangDalcomsoft Inc.
PenerbitSM Entertainment, Google Play dan App Store Edit nilai pada Wikidata
Twitter: SuperStarSM_twt Edit nilai pada Wikidata
Portal permainan video
Sunting di Wikidata • L • B • PW
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini


SuperStar SMTOWN adalah gim ritme Korea Selatan yang dikembangkan oleh Dalcomsoft, Inc. yang pertama kali diluncurkan di Google Play pada Agustus 2014. Gim ini menampilkan lagu-lagu oleh artis perusahaan hiburan SM Entertainment.[1] Gim ini tersedia di Asia dan AS, dan dapat dimainkan dalam bahasa Inggris, Korea, Spanyol, Portugis, Indonesia, dan Turki.

Tujuannya adalah untuk menyelesaikan sebuah lagu dan membuka kunci lagu berikut dalam tiga level: Mudah, Normal dan Keras.[2] Pada 13 Januari 2021, game ini menampilkan lebih dari 600 lagu dari 54 artis solo, grup, dan unit SM Entertainment.

Pada Juli 2016, Pulse News melaporkan bahwa game ini telah diunduh lebih dari 8 juta dan telah mengumpulkan pendapatan kumulatif 10 miliar ($8,8 juta) sejak dirilis.[3] Gim ini mencapai 10 juta unduhan pada 2 Mei 2018.[4]

Latar Belakang dan Sejarah

[sunting | sunting sumber]

SM Entertainment, sebuah perusahaan hiburan Korea Selatan, bertujuan untuk permainan yang menampilkan SM Town, kandang penyanyinya.[1] Daum Kakao bersama-sama menerbitkan game tersebut dengan penerbit game seluler China, Chukong.[5]

Seperti kebanyakan permainan ritme, pemain mengetuk objek berwarna yang menurun ketika mereka sejajar dengan bilah di bagian bawah layar, tujuannya adalah untuk mengumpulkan poin. Mengetuk objek tepat waktu dengan benar, dan secara berurutan tanpa meleset, memberikan poin bonus. Setelah setiap lagu, skor direkam dan memungkinkan pemain untuk membandingkan skor dengan pemain lain secara online. Dengan poin yang cukup, seorang pemain dapat naik peringkat di chart mingguan (mulai dari Bronze, ke Silver, Gold, Platinum dan terakhir Master dengan masing-masing dibagi menjadi tiga level).

Lagu-lagu dari berbagai artis SM Entertainment ditampilkan dalam game. Sebelumnya sampai update 2017, setelah menyelesaikan lagu, lagu baru dibuka. Tujuannya adalah untuk membuka kunci semua lagu di ketiga level, Mudah, Normal, dan Keras, yang tidak lagi berlaku untuk pembaruan akhir 2017-sekarang. 600+ lagu yang sama harus dibuka di tiga level. Setelah mengalahkan ketiga level, mode 'Tantangan' akan terbuka. 'Kartu Bintang' (Kartu yang menampilkan artis solo dan anggota grup individu SM Entertainment) juga merupakan fitur permainan. Kartu baru diperoleh setelah menyelesaikan sebuah lagu, meskipun pemain dapat membelinya dari toko game dalam bentuk paket. Saat dilengkapi, kartu memungkinkan pemain untuk mendapatkan lebih banyak poin, dengan keuntungan yang lebih besar jika pemain mengumpulkan semua kartu yang sesuai dengan tema grup atau artis. Kartu ini juga dapat digunakan untuk meningkatkan kartu lain untuk mendapatkan lebih banyak bonus. Pada 13 Januari 2021, ada lebih dari 1400+ kartu bintang (termasuk edisi normal dan terbatas) untuk dikumpulkan dalam game.

Soundtrack

[sunting | sunting sumber]

SuperStar SMTOWN memiliki lebih dari 600 lagu dari 54 boy grup, girl grup, sub-grup, dan artis solo SM Entertainment, yaitu: Kangta, BoA, TVXQ!, U-Know, Max, Super Junior, KyuHyun, Super Junior-D&E, M&D, Ryeowook, Yesung, Super Junior-KRY, Super Junior-M, Henry, ZhouMi, Sungmin, Donghae, Eunhyuk, Girls' Generation, Girls' Generation-TTS, Girls'Generation-Oh!GG, Taeyeon, Tiffany, Seohyun, DJ HYO, Yoona, Yuri, SHINee, Taemin, Jonghyun, Key, Onew, Minho, f(x), Amber, Luna, Exo, Exo-K, Exo-M, Lay, Exo-CBX, Chen, Baekhyun, Exo- SC, Suho, Kai, DO, Red Velvet, Red Velvet - Irene & Seulgi, Wendy, Joy, NCT U, NCT 127, NCT Dream, WayV, WayV-Kun & Xiaojun, SuperM dan Aespa. Lagu oleh unit SM, SM the Ballad dan SMTown juga disertakan.[6][7] Lagu-lagu harus dibuka di ketiga level permainan; mudah, normal dan sulit.[8][9][10]

Referensi

[sunting | sunting sumber]
  1. ^ a b Bizwire, Korea. "SM Entertainment Launchs Mobile Rhythm Game, SuperStar SMTown". Be Korea-savvy (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-01-30. 
  2. ^ "SM Entertainment introduces a mobile rhythm game 'SuperStar SM Town'". web.archive.org. 2015-02-10. Archived from the original on 2015-02-10. Diakses tanggal 2022-01-30. 
  3. ^ "Korea out to make star-studded mobile games the new Hallyu hit - Pulse by Maeil Business News Korea". pulsenews.co.kr (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 2022-01-30. 
  4. ^ 양영석. "한류의 힘! '슈퍼스타 SM타운' 글로벌 누적 다운로드 1000만 돌파". n.news.naver.com (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 2022-01-30. 
  5. ^ "Lifestyle Blog - DIY, Health, Business, Travel - WhoWired.com". whowired.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-01-30. 
  6. ^ "[아주:엔터비즈] SM엔터의 힘, 모바일 게임에서도 빛난다". 아주경제. 2015-01-16. Diakses tanggal 2022-01-30. 
  7. ^ 조광민. "다음카카오, 중국 추콩과 'Superstar SMTOWN' 공동 퍼블리싱". n.news.naver.com (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 2022-01-30. 
  8. ^ 신용배. "엑소 'December, 2014' 슈퍼스타 SMTOWN에서 공개". n.news.naver.com (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 2022-01-30. 
  9. ^ 박수정. "'레드벨벳을 이겨라!'..제1회 레드벨벳배 SUPERSTAR SMTOWN 대회 개최". n.news.naver.com (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 2022-01-30. 
  10. ^ 김규만. "4주년 맞은 리듬게임 '슈퍼스타 SMTOWN', 기념 업데이트 실시". n.news.naver.com (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 2022-01-30.