Junsu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Kim Junsu
LG 옵티머스 Q2 광고 사진 - JYJ(3).jpg
Latar belakang
Nama lahir Kim Junsu, 김준수, 金俊秀
Nama lain 시아준수, 細亞俊秀 (Xiah Junsu), ジュンス (Junsu), Xia
Lahir 15 Desember 1986 (umur 29), Gyeonggi-do, Korea Selatan
Asal Korea Selatan
Genre Pop, R&B
Pekerjaan Penyanyi, penulis lagu, penari, aktor, model
Instrumen Piano
Tahun aktif 2003–sekarang
Label Warner Music,
Rhythm Zone,
C-JeS Entertainment (2010-sekarang)
SM Entertainment (2003-2009)
Artis terkait JYJ, TVXQ
Junsu
Hangeul 김준수
Hanja
Alih Aksara yang Disempurnakan Gim Junsu
McCune–Reischauer Kim Chunsu

Kim Junsu (Korea: 김준수, Jepang: ジュンス; lahir pada tanggal 15 Desember 1986; terdaftar pada tanggal 1 Januari 1987,[1]) yang juga dikenal dengan nama panggungnya Xiah (dibaca "syi-ah") atau Xia adalah seorang penyanyi, pencipta lagu, dan aktor panggung asal Korea Selatan. Paling dikenal sebagai mantan anggota dari boy band TVXQ dan saat ini JYJ, Junsu telah memberi banyak kontribusi dalam dunia industri musik Korea. Walau Junsu tidak mengawali kariernya sebagai seorang penyanyi solo, ia sering disebut-sebut dalam berbagai media sebagai penyanyi pria nomor 1 di Korea Selatan.[2][3] Junsu pertama kali debut pada tahun 2003 sebagai personel TVXQ, boy band yang dibuat dan diciptakan oleh label rekaman Korea Selatan terkenal, S.M Entertainment, setelah menjadi trainee di sana selama 6 tahun. Selama 6 tahun pertama karirnya di TVXQ, Kim telah merilis 4 album Korea, 4 album Jepang, 30 single Jepang, dan beberapa single Korea. Pada tahun 2009, Kim bersama dengan dua member TVXQ lainnya, Kim Jaejoong dan Park Yoochun menuntut lewat jalur hukum kepada SM Entertainment, mendebatkan bahwa kontrak mereka sangat tidak menguntungkan bagi artis dan menuntut untuk dihapus. Distrik Pusat di Seoul memenuhi tuntutan mereka dan berpihak kepada ketiganya, akhirnya memberi keputusan untuk mencabut kontrak mereka. Ketiga member itu akhirnya bersatu kembali dan membentuk JYJ (awalnya dikenal dengan Jaejoong/Yoochun/Junsu di Jepang). Sebagai JYJ, Junsu telah mengeluarkan satu album Bahasa Inggris, dua album Korea, satu EP Jepang, dan satu EP Korea.

Kim memulai solo kariernya di Jepang pada tahun 2010 dengan merilis single Xiah yang muncul di tangga nomor dua Oricon Single Chart di Jepang. Pada tahun yang sama, ia memulai debut musikal pertamanya dengan memerankan Wolfgang pada musikal Mozart! yang mendapat respon bagus dari kritikus dan cukup sukses. Setelah dirilisnya Xiah, karir solo Junsu berada dalam hiatus setelah terjadi perselisihan antara dirinya dan label Jepangnya, Avex Trax yang mengakibatkan penundaan secara tiba-tiba semua aktivitasnya di Jepang. Pada Mei 2012, ia merilis album studio penuh pertama Koreanya, Tarantallegra yang diwakili oleh agensi manajemen yang baru, C-Jes Entertainment. Beberapa waktu setelah dirilis, ia mengambil bagian dalam solo tur konser pertamanya. Ia kembali dengan album keduanya yang berjudul Incredible, pada Juli 2013.

Kehidupan dan karier[sunting | sunting sumber]

Sebelum debut[sunting | sunting sumber]

Kim Junsu dilahirkan dan dibesarkan di Gyeonggi-do, Korea Selatan. Ibunya adalah seorang mantan kontestan Miss Korea dan ia memiliki seorang kakak kembar laki-laki bernama Kim Junho (juga dikenal dengan nama Zuno), yang juga merupakan seorang penyanyi seperti dirinya.[4] Saat masih di sekolah dasar, ia menjadi anggota dari grup dance 'SRD', yang menampilkan kemampuan bernyanyi, rap, dan dance, bersama dengan teman masa kecilnya Eunhyuk dari Super Junior.[5] Junsu mulai menjalin kerjasama dengan agensi bakat SM Entertainment setelah berpartisipasi dalam acara 6th Annual Starlight Casting System. Ia pun ikut bergabung dengan SM Entertainment pada usia 11 tahun dan kontrak pertamanya dimulai pada tanggal 12 Februari 2000.

Pada tahun 2002, bersama Eunhyuk dan satu peserta pelatihan yang lainnya, yaitu Sungmin, Junsu ditempatkan dalam sebuah proyek grup R&B sebagai trio.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kim, Junsu. Interview. KM News. We Want to Know TVXQ!. KMTV, South Korea. 2006-01-23.
  2. ^ "Vocal professionals rank the best and worst singing idol groups and members". allkpop. 7 April 2011. 
  3. ^ "Best 30 Male Idols with Singing Ability by Korean Vocal Coach". 20 November 2011. 
  4. ^ Hong, Grace Danbi (6 June 2012). "JYJ’s Kim Junsu Takes a Snapshot with Twin, Juno". enewsWorld. CJ E&M. Diakses tanggal 11 June 2012. 
  5. ^ Jeon, Su Mi (30 May 2012). "Past Photos of Eunhyuk, JYJ Kim Junsu and Choi Yoon Young Revealed". enewsWorld. CJ E&M. Diakses tanggal 1 June 2012.