Yoochun

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Park Yoochun
Yoochun at "Birth of actor, Park Yoochun" open talk at BIFF, 3 October 2014 04.jpg
Latar belakang
Nama lahir Park Yoochun (박유천, Hanja: )
Nama lain 믹키유천, 秘奇有天 (Micky Yoochun), ユチョン (Yuchun)
Asal Seoul, Korea Selatan
Genre Pop, R&B
Pekerjaan Penyanyi, penulis lagu, rapper, aktor, model
Instrumen Piano, gitar
Tahun aktif 2003–sekarang
Label Warner Music,
Rhythm Zone,
C-JeS Entertainment (2010-sekarang)
SM Entertainment (2003-2009)
Artis terkait JYJ, TVXQ
Yoochun
Hangeul 박유천
Hanja
Alih Aksara yang Disempurnakan Bak Yucheon
McCune–Reischauer Park Yuch'ŏn

Park Yoochun (Hangul: 박유천, Hanja: ; lahir 4 Juni 1986; umur 30 tahun), terkadang juga dikenal dengan nama panggung Micky Yoochun (di Korea Selatan), adalah penyanyi, rapper, penulis lagu dan aktor asal Korea Selatan. Yoochun pada saat ini adalah anggota grup pop JYJ tetapi mulai debut sebagai anggota boy band TVXQ.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Yoochun lahir dan dibesarkan di Seoul, Korea Selatan, hingga keluarganya pindah ke Amerika Serikat ketika ia berada di kelas enam. Dia tinggal di Fairfax, Virginia, dan bersekolah di Holmes Middle School dan Chantilly High School. ia dibina oleh SM Entertainment dan kembali ke Korea Selatan, di mana ia bergabung dengan SM Entertainment. dia memiliki adik bernama Park Yoo-hwan yang juga seorang aktor.

Karier musik[sunting | sunting sumber]

TVXQ[sunting | sunting sumber]

Dari 2003 - 2009, Yoochun bernyanyi sebagai anggota boy band TVXQ, yang juga dikenal sebagai Dong Bang Shin Ki (DBSK) di Korea Selatan dan Tohoshinki di Jepang. Pada bulan Juli 2009, Yoochun dan dua member lainnya, Jaejoong dan Junsu, mengajukan gugatan terhadap label Korea Selatan mereka, SM Entertainment. Melalui pengacara mereka, para anggota menyatakan bahwa kontrak 13 tahun itu terlalu panjang, jadwal pekerjaan dibuat tanpa konfirmasi atau izin dari anggota, syarat kontrak telah diperpanjang dan diubah tanpa sepengetahuan atau persetujuan mereka, serta pendapatan kelompok tidak cukup dibagikan kepada anggota. Setelah label Jepang Tohoshinki mengumumkan kelompok hiatus pada awal 2010, mereka bertiga membentuk kelompok musik baru yang awalnya dikenal sebagai JUNSU / JEJUNG / YUCHUN di Jepang. Pada 28 November 2012, pertempuran hukum antara JYJ dan SM akhirnya berakhir. Kedua belah pihak sepakat untuk menghentikan setiap tuduhan di pengadilan terhadap satu sama lain dan tidak campur tangan di setiap tindakan lainnya.

JYJ[sunting | sunting sumber]

Pada bulan September 2010, JYJ merilis diperpanjang bermain The ..., yang memulai debutnya di nomor satu di tangga album Oricon Jepang. Namun, Avex (agensi mereka di Jepang) telah mengumumkan suspensi pada bulan yang sama tahun itu. JYJ melanjutkan untuk merilis The Beginning, album global, yang dinyanyikan dalam bahasa Inggris. JYJ mempromosikan album baru melalui tur showcase di seluruh dunia sepanjang Oktober dan November di Korea Selatan, Asia Tenggara dan Amerika Serikat. Pada 25 Januari 2011, JYJ merilis singel Korea berjudul Play their rooms "Our Story". Singel ke-2 JYJ dan album resmi pertama berbahasa Korea "In Heaven" dirilis September 28, 2011. Mulai dari April, Yoochun melakukan tur Asia dan Amerika Utara bersama JYJ untuk pertama kalinya. Tur ini kemudian diperluas ke Eropa dan Amerika Selatan, menambahkan empat pemberhentian seperti di Spanyol, Jerman, Chili dan Peru. Selain menjadi musisi, Yoochun juga aktif sebagai aktor sejak 2010.

Karier bernyanyi Solo[sunting | sunting sumber]

Micky YooChun telah berkolaborasi di lagu "Tokyo Lovelight" dari Stars DJ Makai star (mini album). Dia dan member U-know Yun Ho juga tampil sebagai rapper dalam lagu "Heartquake" dari album ke-3 Super Junior, "Sorry Sorry". Untuk "Miss Ripley", YooChun menyanyikan lagu "너를 위한 빈자리 (The Empty Space for You)". Ini muncul di episode ke-9 drama dan dirilis pada "Miss Ripley" OST (part 3).

Penulis lagu[sunting | sunting sumber]

Micky telah menulis dan mengarang beberapa lagu yang telah rilis dalam album Korea dan Jepang TVXQ. Sebagai anggota SM Town, ia memberikan kontribusi untuk album "Winter Only Love" dengan ciptaannya "Evergreen" pada 2007. Micky juga menulis dan mengarang "사랑 안녕 사랑 (Love Bye love)", dirilis di album ke-4 grup TVXQ, Mirotic. Untuk proyek Trick, ia menulis lirik solonya "My Girlfriend", seluruhnya dalam bahasa Inggris. "Kiss the Baby Sky", salah satu dari lagu pada album A-side untuk single Jepang TVXQ yang ke-25, menandai pertama kalinya bahwa salah satu lagu ditulis dan disusun oleh Micky dirilis pada single Jepang. Dengan member U-Know dan Xiah, Micky menulis lirik rap untuk "Love after Love", yang muncul di album studio kedua mereka di Korea, Rising Sun. Untuk rilis album Jepang, Micky menulis dan mengarang "Kiss Shita Mama, Sayonara" (Kiss し た まま, さよなら lit. as we kiss, goodbye?) Dengan Hero untuk T, album ketiga Jepang TVXQ. Pada bulan September 2009 , ia dan hero merilis duet yang ditulis sendiri, "Colors (Melody and Harmony) / Shelter", yang digunakan sebagai image song untuk ulang tahun ke-35 Hello Kitty. Yoochun juga menulis lagu untuk album JYJ. 2010 album The Beginning, menampilkan Yoochun-menulis lagu "I Love You". Pada bulan Januari 2011, Micky adalah penulis lirik / komposer dalam esai musik JYJ disebut Play Their Rooms "Our Story" untuk lagu "이름 없는 노래 Part 1 (A Song Without A Name, part 1)". Selain itu, ia juga menyusun rap dalam lagu Kim Junsu "Xiahtic". Untuk In Heaven, Yoochun menulis "Get Out" dengan Kim Jaejoong.

Karier akting[sunting | sunting sumber]

Mulai peran kecil Yoochun adalah dengan member TVXQ, Teater Banjun dan Vacation. Pada bulan Juni 2010 Yoochun memulai karier akting resminya dengan tampil di Jepang BeeTV mobile drama beautiful love ~ 君 が いれ ば ~ (beautiful love ~ if you were here ~) sebagai Young Soo, pewaris tahta konglomerat. Dua bulan kemudian, Yoochun membuat debut Korea sebagai seorang aktor dalam drama KBS hit 2010 Sungkyunkwan Scandal (성균관 스캔들). Dia digambarkan Lee Seon Joon, seorang bangsawan kaya, semangat dan rajin, yang jatuh cinta dengan sesama teman sekolah-wanita menyamar sebagai seorang pria. Ia menerima "Rookie of the Year" penghargaan, "Netizen Award". Dan " "Penghargaan Pasangan Terbaik di 2010 KBS Drama Awards. Ia memenangkan "Best Newcomer Award" dan "Aktor Paling Populer di Drama TV" di The 47th Baeksang Arts Awards, penghargaan hiburan paling bergengsi di Korea Selatan. Yoochun juga memenangkan "Best Actor" dan "Asian Aktor Paling Populer" di 6th Seoul International Drama Awards.

Pada tahun 2011, ia membintangi drama MBC Miss Ripley dengan Lee Da-hae, Kim Seung-woo, dan Kang Hye-jung. karakter-Nya sebagai Song Yoohyun yang dimainkan setengah-Korea, setengah-Jepang generasi kedua sutradara yang akan jatuh cinta dengan membabi buta antiheroine tersebut. Pada tahun 2011 MBC Drama Awards, Yoochun memenangkan "Best Newcomer" untuk perannya sebagai pria utama dalam "Miss Ripley." Pada tahun 2012, ia membintangi drama SBS Rooftop Prince dengan Han Ji-min. Peran ketiga Yoochun adalah Lee Gak, sebuah era Joseon pangeran yang waktu perjalanan 300 tahun sampai zaman sekarang, dan juga sebagai Yong Tae Yong, generasi ketiga konglomerat. Drama ini mulai ditayangkan pada tanggal 21 Maret 2012. Pada tanggal 30 Agustus, Yoochun memenangkan "Aktor Paling Populer di Drama TV" di Baeksang Arts Awards ke-48, penobatan dirinya sebagai aktor paling populer selama dua tahun berturut-turut. Pada tanggal 7 November 2012, Yoochun kembali ke televisi dengan berpartisipasi dalam drama keempat, MBC Missing You, [16] di mana ia menggambarkan detektif pembunuhan Han Jung-woo yang pada masa lalu, ketika ia berusia empat belas tahun, dipisahkan dari cinta pertama. Setelah memainkan karakter utama dalam SBS dan MBC drama selama 2012, Yoochun menghadiri kedua jaringan 'drama menunjukkan penghargaan. Pada MBC Drama Awards pada 30 Desember, aktor memenangkan "Aktor Excellence di-Series Mini" Award untuk perannya dalam Missing You. Pada Drama SBS Awards hari berikutnya pada 31, ia menerima empat penghargaan lainnya - "Aktor Keunggulan dalam Drama Khusus", salah satu dari "Top 10 Bintang", "Best Couple" (bersama dengan Han Ji-min), dan "Netizen Popularity" Penghargaan - di SBS Drama Awards untuk penampilannya dalam drama populer Rooftop Prince. Dengan semua prestasi akting ditambahkan ke daftar penghargaan Yoochun telah memenangkan sejak memulai debutnya sebagai aktor pada tahun 2010, ia sekarang telah mencapai apa yang disebut "Grand Slam" oleh setelah memenangkan piala dari masing-masing tiga saluran televisi utama Korea Selatan, SBS , MBC, dan KBS.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Kolaborasi 2009: DJ Makai feat. Yuchun - "Tokyo Lovelight"

Videoklip[sunting | sunting sumber]

2009: DJ Makai feat. Yuchun - "Tokyo Lovelight"

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Wikidata: JYJ