NCT DoJaeJung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
NCT DoJaeJung
AsalSeoul, Korea Selatan
Genre
Tahun aktif2023–sekarang
LabelSM
Situs webwww.smtown.com/artist/musician/10965 Sunting ini di Wikidata
Anggota

NCT DoJaeJung (Hangul엔시티 도재정; RREnsiti Dojaejeong; ditulis dalam huruf besar) adalah sub unit kelima dari grup vokal pria Korea Selatan NCT, yang dibentuk dan dikelola oleh SM Entertainment. Grup ini terdiri dari tiga anggota: Doyoung, Jaehyun, dan Jungwoo. Mereka memulai debut tanggal 17 April 2023, dengan album mini mereka Perfume. Mereka dikenal karena musik R&B dan penampilan vokal mereka, yang membedakan mereka dari sub-unit lain di NCT.[1][2]

Nama[sunting | sunting sumber]

NCT DoJaeJung mendapatkan nama dari kelompok induknya, NCT (singkatan dari Neo Culture Technology), dan nama tiga anggotanya—"Do" dari "Doyoung", "Jae" dari "Jaehyun", dan "Jung" dari "Jungwoo".

Sejarah[sunting | sunting sumber]

2022: Pembentukan[sunting | sunting sumber]

NCT DoJaeJung dibentuk awal 2022, dengan perekaman lagu-lagu mereka di awal Februari 2022. Mereka diperkenalkan ke publik sebagai sebuah sub-unit untuk pertama kali pada bulan Oktober di tahun yang sama, membawakan lagu "Can We Go Back" di konser NCT 127 Neo City – The Link+ di Seoul. Mereka juga menyanyikan lagu tersebut di MBC Gayo Daejejeon 2022.

2023–sekarang: Debut dengan Perfume[sunting | sunting sumber]

Pada Maret 2023, SM Entertaniment mengonfirmasi bahwa NCT DoJaeJung akan resmi debut sebagai unit baru NCT. Mereka merilis debut extended play (album mini) Perfume pada 17 April, bersamaan dengan single utamanya dengan judul yang sama. Album mini ini terdiri dari enam lagu: "Perfume", "Kiss", "Dive", "Strawberry Sunday", "Can We Go Back", and "Ordinary". Album ini sukses secara komersial baik secara digital maupun fisik, terjual 843.659 eksamplar pada 22 Juni 2023, menjadikannya album debut terlaris oleh artis SM Entertainment dan album terlaris oleh sub-unit K-Pop. Single utamanya, "Perfume", debut di nomor empat di Circle Digital Chart, menjadikan NCT DoJaeJung sub-unit NCT tercepat yang mendapatkan single lima besar di Korea Selatan. Single ini juga debut di nomor satu di Circle Download Chart dan Circle BGM Chart.

Pada 4 Mei, NCT DoJaeJung tampil di festival musik mode Rakuten Girls Awards – Spring/Summer di Tokyo, Jepang, yang menandai penampilan langsung pertama mereka di negara tersebut. Pada 24 Juni, mereka mengadakan konser penggemar pertama, berjudul Perfume: Scented Symphony, di Arena SM Mall of Asia di Manila, Filipina. Sebuah konferensi media yang menyertainya diadakan pada 25 Juni di mall Glorietta di Makati.

Pada 21 Juli, NCT DoJaeJung menjadi tamu utama Pesta Fandom 2023 di San Diego Comic-Con di San Diego, California, menjadikan penampilan pertama mereka sebagai trio di Amerika Serikat.

Anggota[sunting | sunting sumber]

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Extended plays[sunting | sunting sumber]

Judul Detail Posisi grafik puncak Penjualan Sertifikasi
KOR JPN JPNHot
Perfume 2 5 5
  • KOR: 845,978
  • JPN: 28,854

Single[sunting | sunting sumber]

Daftar single, menunjukkan tahun rilis, dengan posisi chart yang dipilih, dan nama album
Judul Tahun Posisi grafik puncak Album
KOR
"Perfume" 2023 4 Perfume

Lagu-lagu lain yang memasuki tangga lagu[sunting | sunting sumber]

Daftar lagu lain yang masuk chart, menunjukkan tahun rilis, dengan posisi chart yang dipilih, dan nama album
Judul Tahun Posisi grafik puncak Album
KOR
"Kiss" 2023 107 Perfume
"Dive" 131
"Strawberry Sunday" 144
"Can We Go Back" (후유증) 110
"Ordinary" (안녕) 170

Konser[sunting | sunting sumber]

Konser Penggemar[sunting | sunting sumber]

Konser Penggemar NCT DoJaeJung "Scented Symphony: Perfume"
Tanggal Kota Negara Lokasi
24 Juni 2023 Manila Filipina Arena SM Mall of Asia

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Carmen Chin (April 21, 2023). "NCT DOJAEJUNG – 'Perfume' review: a sultry, sensual and scintillating journey". NME (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal April 21, 2023. Diakses tanggal April 22, 2023. 
  2. ^ Starr Bowenbank (April 25, 2023). "NCT DoJaeJung Reveal Their Favorite Part of Forming a New Sub-Unit". Billboard (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal April 28, 2023. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]