Kota Makati

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Makati)
Lompat ke: navigasi, cari

Makati adalah sebuah kota dan munisipalitas yang membentuk Metro Manila, wilayah metropolitan dari ibu kota negara Filipina. Kota ini merupakan pusat ekonomi, komersial, dan finansial Filipina. Selain itu, kota ini pun sering dianggap sebagai ibu kota finansial Filipina karena banyak perusahaan global yang menempatkan kantor mereka di kota ini. Makati juga tempat dari Makati Business Club dan Bursa Saham Filipina. Ayala Avenue, membentang melalui Central Business District, sering disebut sebagai Wall Street Filipina.

Makati dikenal dengan budaya kosmopolitannya, juga sebagai pusat budaya dan hiburan di Metro Manila. Banyak ekspatriat tinggal dan bekerja di kota ini. Makati juga merupakan tempat dari banyak pusat perbelanjaan papan atas, yang terletak di Ayala Center dan Rockwell Center. Kota ini juga memiliki banyak hotel berbintang-lima seperti The Peninsula Manila, Mandarin Oriental, Makati Shangri-La, Renaissance Hotel, Intercontinential Hotel, dan Dusit Hotel Nikko.

Makati berasal dari bahasa Tagalog, kata kati, berarti pasang. Nama tersebut menunjuk ke pasang surut sungai Pasig di utara kota.

Kota Kembar[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]