Alex Rudiart Hutajulu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Alex Rudiart Hutajulu
Alex Rudiart Hutajulu
Mantan vokalis Sahara ini akhirnya sukses dengan solo karier setelah melejit paska salah satu ajang kompetisi berbakat di Indonesia.
Latar belakang
Nama lahir Alex Rudiart Hutajulu
Nama lain Alex Hutajulu, Alex Rudiart
Lahir 13 Juni 1985 (umur 33)
Bendera Indonesia Parapat, Sumatera Utara, Indonesia
Kebangsaan  Indonesia
Jenis musik Rock
Pekerjaan Penyanyi
Instrumen Vokal
Pasangan Novita Dewi Marpaung (2014 - sekarang)
Agama Kristen
Anggota
X Factor Indonesia
Mantan anggota
Sahara Band

Alex Rudiart Hutajulu (lahir di Parapat, Sumatera Utara, 13 Juni 1985; umur 28 tahun )[1] adalah seorang penyanyi asal Bandung Indonesia. Alex merupakan salah satu konsestan X Factor Indonesia Ia bergabung di tim Bebi Romeo untuk kategori penyanyi 26 ke atas bersama Isa Raja, Agus Hafiluddin dan Novita Dewi Marpaung. Alex pernah menjadi Vokalis Sahara Band sebelum adanya ajang X Factor Indonesia

Karier musik[sunting | sunting sumber]

Alex Rudiart Hutajulu X-Factor Indonesia merupakan musisi yang sudah mempunyai nama besar di belantika musik Indonesia. Ya, Alex Rudiart Hutajulu sudah kenyang akan pengalaman bermusik dan sudah beberapa kali berkolaborasi dengan musisi besar Indonesia lainnya.

Alex Rudiart Hutajulu adalah penyanyi yang lahir dan besar di kota turis di tepian Danau Toba, Sumatera Utara yang bernama Parapat yang dapat ditempuh dari Kota Medan dalam waktu 5 jam.

Selain bernyanyi, Alex juga menguasai alat musik gitar dan piano yang dipelajari secara otodidak. Selera musiknya tumbuh dan dipengaruhi oleh The Beatles, Creedence Clearwater Revival (CCR), Aerosmith, Queen, Guns n’ Roses, Metallica, Bon Jovi, White Lion, Fire House, dll.

Berkat kemahirannya bernyanyi, Alex telah berpetualang dari Parapat, Tuk-tuk, Balige, Nias, Kisaran, Tebing Tinggi, Medan, Dumai, Batam, Jakarta, Bandung, Bali, Lombok, Kendari, Makassar hingga ke Jepang. Musisi yang pernah berkolaborasi dengannya antara lain Tongam Sirait, Ranav Samosir, Iran Ambarita, Korem Sihombing, Dakka Hutagalung, Dewi Marpaung, Viky Sianipar, Judika, Once, Andy /rif, Candil ex Seurieus, Roy Jeconiah ex Boomerang, Zian Zigaz, Firman Idol, Bengbeng Pas Band, Sahara Band dan masih banyak lagi baik dari musisi Batak hingga musisi nasional. Di samping konser, Alex juga pernah tampil di acara Deluxe Symphony MetroTV, 811 Show MetroTV dan Radio Show TVOne.

Vokalis Band Sahara[sunting | sunting sumber]

Alex pernah menjadi bagian dari Band Sahara, pada tahun 2011, walau akhirnya posisinya harus digantikan oleh vokalis pertama Band Terasebut yaitu Ixan Rantas

X Factor Indonesia 2012 - Sekarang:[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2012, Alex mengikuti audisi X Factor Indnesia musim pertama. Alex lolos babak audisi X-Factor Indonesia dengan membawakan lagu Somebody To Love dari Queen, kemudian di babak Boot Camp menyanyikan lagu Roxanne yang dipopulerkan oleh The Police, di babak Judge’s Home Visit menyanyikan lagu Grace Kelly dari Mika. Di babak JHV Alex yang dimentori oleh Bebi Romeo gagal lolos ke babak Live Show, tanpa diduga ternyata panitia menyediakan babak Wildcard di mana seluruh kontestan yang telah tersingkir di babak JHV diadu untuk memperebutkan 1 tiket, dengan lagu What It Takes dari Aerosmith, Alex lolos ke babak Live Show dan menjadi kontestan ke-13. Dia awalnya dipulangkan oleh Bebi Romeo di babak judges' home visit setelah menyanyikan lagu milik Mika "Grace Kelly". Namun, selama minggu showcase, Bebi memilih dia untuk menjadi wildcard dari Over 26s kategori dan akhirnya maju ke babak berikutnya setelah menerima suara terbanyak dari publik. Dalam minggu pertama, ia dipuji oleh juri setelah menyanyikan lagu Bruno Mars "Lockout Out of Heaven". Dalam minggu 3, ia bernyanyi "We Are Young". Namun, ia menerima kritik dari Anggun yang meragukan kemampuannya untuk melakukan dengan baik tanpa penari dan Ahmad Dhani yang merasa Alex kurang mendalami karakter.[2] Dalam minggu 4, ia menyanyikan "Suci Dalam Debu". Alex tereleminasi pada Babak Gala Live Show 6.

Penampilan X Factor[sunting | sunting sumber]

Episode Theme No Urut Tampil Lagu (Penyanyi Asli) Hasil
Audition Auditioner's Choice N/A "Somebody to Love" (Queen) Lolos
Bootcamp 1/Group - N/A "Bunga Terakhir" (Bebi Romeo) Lolos
Bootcamp 2 ~ Stage Act/Koreografi - -
Bootcamp 3 - N/A - Lolos
Judge Home Visit - N/A - Lolos
Showcase Showcase dan Wildcard 4 What It Takes (Aerosmith) Lolos
Gala Live Show 1 Mentor's Choice 13 "Locked Out of Heaven" (Bruno Mars) Lolos
Gala Live Show 2 Song's from my Mentor's 10 "Perbedaan" (Ari Lasso) Lolos (Safe)
Gala Live Show 3 My Favourite Song 9 "We Are Young" (Fun ft. Janelle Monáe) Lolos
Gala Live Show 4 The 90's Hits 6 "Suci Dalam Debu" (Iklim) Lolos
Gala Live Show 5 Mega Hits Indonesia 4 "Beraksi" (Kotak) Lolos
Gala Live Show 6 My musical inspiration 2 "Crazy"(Aerosmith) Tereleminasi

Referensi[sunting | sunting sumber]