VIVA.co.id

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
VIVA.co.id
Berkas:Viva-new-logo.png
Jenis situs
Situs web Berita dan Komunitas
BahasaIndonesia
Inggris
PemilikVisi Media Asia (2008-2019)
Viva Media Baru (2019-sekarang)
SloganNo. 1 Newstainment
Situs webwww.viva.co.id
Peringkat Alexa18 (hingga Desember 2021)[1]
KomersialYa
Diluncurkan17 Desember 2008; 12 tahun lalu (2008-12-17)
StatusAktif
Logo VIVA.co.id (2014-22 Februari 2018)

VIVA.co.id adalah portal berita daring dengan tagline #1NEWSTAINMENT yang dikelola oleh PT. Viva Media Baru, anak perusahaan PT Visi Media Asia Tbk yang berkode VIVA di pasar saham. VIVA Group juga adalah induk usaha dari media televisi dari ANTV dan tvOne.

Diluncurkan pada tanggal 17 Desember 2008 di Ballroom XXI Djakarta Theater, Jakarta Pusat, portal ini sebelumnya bernama VIVAnews.com. Peluncuran dihadiri oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, di masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Dengan mengusung tagline indepth and trusted, portal berita dan informasi langsung mendapatkan tempat di hati pembaca dengan menampilkan tulisan yang mendalam serta menghadirkan konten dengan foto dan infografik, yang saat itu belum menjadi keharusan dalam setiap berita menampilkan foto di kebanyakan media online.

Meski baru lahir, pada medio tahun 2009, VIVAnews.com langsung mencuri perhatian dan menyodok sejumlah portal berita yang sudah lebih dulu ada. Bahkan pernah menembus sebagai portal berita nomor satu, di lembaga pengukuran dan pemeringkat Effective Measures dan berada nomor dua berdasarkan Alexa.com.

Kemudian pada tahun 2012 VIVAnews.com berubah nama menjadi VIVA.co.id. Perubahan domain dan nama tersebut bertujuan agar VIVA.co.id tak sekedar menjadi sebuah portal berita saja, namun juga portal yang menghadirkan konten berbasis user generate content (UGC) hiburan, lifestyle dan yang disukai perempuan serta market place. Ketika itu dihadirkan beberapa brand sekaligus yang masih berada dalam satu domain yakni VIVAnews, VIVAlife, VIVAbola, VIVAforum, VIVAlog dan VIVAsocio.

Pada tahun 2018 VIVA.co.id mengubah logo dan taglinenya, menjadi #1NEWSTAINMENT. Perubahan ini untuk logo yang lebih dinamis dan tagline yang lebih fokus pada berita dan entertainment, sebagai bagian dari strategi untuk mengambil audiens dari kalangan milenial dan generasi Z.

Perubahan terus dilakukan dimana pada tahun 2019, selain portal VIVA.co.id, diluncurkan juga 6 media baru yang masih berada di bawah naungan PT VIVA Media Baru. Kelimanya adalah portal jagodangdut.com, 100kpj.com, intipseleb.com, vlix.id, VIVAnews.com serta sahijab.com.

Pembaca mengakses VIVA.co.id melalui web browser, mobile web browser dan apps di Google Play (Android) dan Apps Store (iOS). Selain melayani pembaca dengan konten secara teks, foto, infografik dan video, VIVA.co.id juga melayani live streaming dari tvOne dan ANTV. Begitu juga layanan konten terutama video bisa diakses melalui akun di Dailymotion, Youtube, Facebook, Twitter dan Instagram.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Viva.co.id Site Overview". Alexa Internet, Inc. Diakses tanggal 4 Desember 2015. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]