Sinar Mas Communication & Technology

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Bakrie Telecom)
Lompat ke: navigasi, cari
Sinar Mas Communication Technology
PT Sinar Mas Komunikasi Teknologi Tbk
Jenis Publik
Industri/jasa Jaringan dan jasa telekomunikasi
Didirikan 1993 (sebagai Ratelindo)
2003 (sebagai Bakrie Telecom)
2016 (Sinar Mas Communication & Technology)
Kantor pusat Jakarta, Indonesia
Tokoh penting Jastiro Abi
(2003-2016)
Merza Fachys
(2015-2017)
Franky Sibarani
(2017-sekarang)
Produk smartfren
Induk Bakrie & Brothers (2003-2015)
Sinar Mas Group (2015-sekarang)
Situs web www.sinarmas.com
Logo Bakrie Telecom (2003-2016)

PT Sinar Mas Komunikasi Teknologi Tbk pernah dikenal sebagai Ratelindo (PT Radio Telepon Indonesia Tbk) dan PT Bakrie Telecom Tbk, lebih dikenal dengan nama Sinar Mas Communication & Technology adalah perusahaan operator telekomunikasi berbasis CDMA dan GSM 4G LTE di Indonesia. Sinar Mas Communication & Technology memiliki produk layanan dengan nama produk smartfren.

Sejarah

Ratelindo yang didirikan pada bulan Agustus 1993, sebagai anak perusahaan Bakrie Group yang bergerak dalam bidang telekomunikasi di DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat berbasis Extended Time Division Multiple Access (ETDMA).

Pada bulan September 2003, PT Radio Telepon Indonesia Tbk (Ratelindo) berubah nama menjadi PT Bakrie Telecom Tbk, yang kemudian bermigrasi ke CDMA 1x, dan memulai meluncurkan produk Esia. Pada awalnya jaringan Esia hanya dapat dinikmati di Jakarta, Banten dan Jawa Barat, namun sampai akhir 2007 telah menjangkau 26 kota di seluruh Indonesia dan terus berkembang ke kota-kota lainnya. Pada tahun 2006, Bakrie Telecom telah go-public dengan mendaftarkan sahamnya dalam Bursa Efek Jakarta.

Selama perjalanan usaha pada tahun 2014, BTEL dilaporkan terancam bangkrut karena hutang yang menggunung bahkan nominal hutangnya telah melampaui harga aset perusahaan.[1] Untuk melakukan hal ini, BTEL berusaha membayar seluruh hutangnya satu per satu bahkan hingga memberhentikan 24 persen total karyawannya dengan alasan penghematan biaya operasional.[1]

Pada bulan Mei 2016, PT Bakrie Telecom Tbk berubah nama menjadi PT Sinar Mas Komunikasi Teknologi Tbk (Sinar Mas Communication & Technology).

Unit usaha

Lihat pula

Catatan kaki

  1. ^ a b "Utang Menumpuk, Bakrie Telecom Terancam Tinggal Papan Nama". Tempo. 16/03/2015. 

Pranala luar