Agensi penjenamaan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Agensi penjenamaan (Inggris: branding agency) adalah sebuah perusahaan yang mengkhususkan diri dalam menciptakan dan meluncurkan merek, serta rebranding. Peran Agensi Branding adalah untuk menciptakan, merencanakan dan mengelola branding strategi untuk klien, tetapi juga dapat melibatkan dukungan dalam hal iklan dan bentuk-bentuk lain dari promosi.

Dalam rangka untuk mengembangkan lebih mendalam pemahaman tentang fungsi organisasi ini awalnya penting untuk menangkap ide branding.

Singkatnya, branding adalah proses mengembangkan merek perusahaan, termasuk nama, identitas, sistem dan messaging platform. Aspek-aspek ini akan mengembangkan apa yang disebut sebagai pesan merek, yang kemudian akan diterapkan untuk kampanye pemasaran untuk menyebarkan pesan itu.

Sebuah merek merupakan janji kepada pelanggan anda, apa yang dapat mereka harapkan dari produk/jasa, dan pada dasarnya apa yang membedakan anda dengan pesaing.[1]

Ini adalah elemen penting di semua industri, karena hal ini memungkinkan organisasi untuk memperoleh keunggulan kompetitif, menentukan koheren merek strategi komunikasi, dan untuk meningkatkan dan mencapai target pasar.

Semua organisasi sektor, apakah itu sebuah bisnis, organisasi non-profit, atau bahkan instansi pemerintah, menggunakan branding lembaga. Paling sering, organisasi mencari untuk menyewa branding lembaga dalam rangka untuk menghasilkan strategi merek dan identitas merek.

Perbandingan dengan biro iklan[sunting | sunting sumber]

Umumnya ada kesalahpahaman mengenai hubungan antara dua lembaga. Seringkali, agensi branding dan agensi periklanan dipandang sebagai yang dipertukarkan badan. Namun hal ini tidak terjadi, dan meskipun mereka tumpang tindih dalam beberapa hal, mereka ruang lingkup dan fokus yang berbeda.

Pada dasarnya, perbedaan antara kedua instansi perbedaan antara strategi (branding) dan taktik (iklan). Merek memainkan peran integral dalam perusahaan strategi bisnis. Pada kenyataannya, istilah "perusahaan" dan "merek" sering digunakan secara sinonim untuk satu sama lain.[2]

Di sisi lain, iklan ini lebih difokuskan pada proses yang perusahaan gunakan untuk pasar dan berkomunikasi dengan pelanggan yang ada dan potensial. Branding agency melampaui lingkup ini, dan sementara yang sering melakukan layanan serupa tradisional biro iklan, terlibat dalam lebih besar strategis proses.[2]

Merek-merek terkemuka dan peran agensi penjenamaan[sunting | sunting sumber]

Dalam terus berkembang ekonomi semakin kompetitif pasar yang lebih besar stres ditempatkan pada pengembangan merek yang diakui secara luas oleh masyarakat. Orang-orang kepercayaan merek, mereka mengembangkan loyalitas terhadap mereka, membeli mereka dan percaya pada keunggulan mereka.[3]

Merek terkemuka: Coca-Cola[sunting | sunting sumber]

Selama beberapa dekade sekarang, Coca-Cola telah sering dianggap sebagai yang paling sukses dan banyak merek yang diakui di dunia. Dalam sebuah survei yang dilakukan oleh Interbrand, Amerika branding konsultasi, ditemukan bahwa Coca-Cola adalah merek ekuitas senilai $63.5 miliar, yang mewakili hanya di bawah setengah dari perusahaan nilai pasar sebenarnya.[4] Seorang eksekutif di Coca-Cola menyatakan, "Jika Coca-Cola yang kehilangan semua produksi-aset terkait dalam penanggulangan bencana, perusahaan akan bertahan hidup. Sebaliknya, jika semua konsumen yang memiliki selang tiba-tiba memori dan melupakan segala sesuatu yang berhubungan dengan Coca-Cola, perusahaan akan keluar dari bisnis."[4]

Coca-Cola telah berkolaborasi dengan sejumlah branding lembaga selama bertahun-tahun. Baru-baru ini, dalam cahaya baru di kampanye global, Coca-Cola telah bermitra dengan sepuluh lembaga (termasuk WPP, Wieden+Kennedy dan McCann) dengan tujuan, seperti Coca-Cola juru bicara menyatakan, "mengungkap ide-ide terbaik dan menikahi mereka untuk keunggulan executional". Juru bicara melanjutkan untuk menambahkan, "pendekatan ini memungkinkan kita untuk memanfaatkan berpikir dari beberapa lembaga pikiran kita dalam industri dan melihat pekerjaan besar yang datang dari bekerja sama".[5] pernyataan mengakui kolaboratif dan proses kreatif yang terlibat dalam manajemen merek, yang umumnya merupakan bagian integral konsep yang terlibat dalam branding.

Hal ini juga penting untuk dicatat bahwa bahkan yang paling sukses merek akan mencari dukungan merek. Jelas ini biasanya tidak akan datang dalam bentuk besar strategi rebranding, tapi sering akan lebih difokuskan pada daerah-daerah tertentu, dan khususnya orang-orang yang terkait untuk meraih, menarik dan mempertahankan target pasar.[6]

Perubahan tren: Apple[sunting | sunting sumber]

Logo Apple

Meskipun memiliki dipimpin Interbrand daftar 100 merek paling berharga selama 13 tahun berturut-turut, Coca-Cola sekarang telah digantikan oleh Apple, dan melonjak ke atas menyoroti dominasi teknologi di masyarakat saat ini. Bahkan, tiga dari lima merek paling berharga adalah perusahaan-perusahaan teknologi.[7]

Data ini menekankan elemen kunci lain yang harus dibenahi oleh branding lembaga, yang merupakan nilai inovasi dan kebutuhan untuk memanfaatkan tren. Dengan munculnya teknologi domain berasal munculnya saluran baru, seperti Facebook, Instagram, Google dan Twitter, organisasi yang digunakan untuk mengiklankan merek mereka.

Dengan perubahan ini dalam tren datang pendekatan yang berbeda untuk branding. Lembaga harus secara inovatif dan fleksibel dalam rangka untuk memiliki harapan untuk bertahan hidup dalam lingkungan yang serba cepat. Selain itu, dengan branding menjadi semakin elemen penting untuk sebuah perusahaan yang sukses, banyak organisasi percaya itu adalah dalam kepentingan terbaik mereka untuk mencari dukungan eksternal.

Interbrand Peringkat dari 5 Merek Paling Berharga (2015)[8][sunting | sunting sumber]

Peringkat Merek Wilayah/Negara Sektor Nilai merek ($m) Perubahan dalam Nilai Merek (dalam %)
1 Amerika Serikat Teknologi 170,276 +43
2 Amerika Serikat Teknologi 120,314 +12
3 Amerika Serikat Minuman 78,423 -4
4 Amerika Serikat Teknologi 67,670 +11
5 Amerika Serikat Bisnis Jasa 65,095 -10

Agensi branding terkemuka[sunting | sunting sumber]

Ada beberapa contoh hari besar, perusahaan multinasional yang fokus secara eksklusif pada merek. Driver utama dalam industri semua menyediakan berbagai layanan dalam branding, advertising, dan public relations sektor. Daftar di bawah ini menunjukkan tiga terbesar agen-agen yang menawarkan jasa branding.

3 Terbesar Lembaga yang Menawarkan Jasa Branding (dalam hal pendapatan di 2014)[9][sunting | sunting sumber]

  • WPP - $19 miliar
  • Omnicom Group - $15,3 miliar
  • Publicis Groupe - $9.6 miliar

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Basics of Branding". Entrepreneur. Diakses tanggal 2015-11-02. 
  2. ^ a b "Branding Agency vs. Ad Agency | Taylor Brand Group". Taylor Brand Group. Diakses tanggal 2015-11-04. 
  3. ^ "ATB Creative | Branding Design & Brand Management | Leeds". www.atbcreative.co.uk. Diakses tanggal 2015-11-02. 
  4. ^ a b "The power of branding". Design Council. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-01-16. Diakses tanggal 2015-11-02. 
  5. ^ "Coca-Cola selects WPP agency team for global campaign". www.campaignlive.co.uk. Diakses tanggal 2015-11-03. 
  6. ^ "Don't Invest in Branding Until You've Done This". About.com Money. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-12-30. Diakses tanggal 2015-11-05. 
  7. ^ "Rankings - 2015 - Best Global Brands - Best Brands - Interbrand". interbrand.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-10-21. Diakses tanggal 2015-11-03. 
  8. ^ "Rankings - 2015 - Best Global Brands - Best Brands - Interbrand". interbrand.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-10-21. Diakses tanggal 2015-11-03. 
  9. ^ "Advertising Age - May 4, 2015". adage.coverleaf.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-01-13. Diakses tanggal 2015-11-03. 

Pranala[sunting | sunting sumber]

  1. www.milestone.co.id