Indowebster

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Indonesia Webserver Multimedia
YouTube.com logo
Jenis usaha File sharing
Jenis situs
Berbagi akses
Bahasa 2 bahasa
Didirikan 15 April 2007[1]
Markas Jakarta, Indonesia[2], Indonesia
Slogan File Hosting Gratis Indonesia
Situs web www.indowebster.com
Peringkat Alexa
  1. 47 [3]
Daftar akun Pilihan
(dibutuhkan ketika mengupload dan memberi komentar)
Diluncurkan 2007
Status Aktif

Indowebster atau yang biasa disingkat IDWS, adalah webserver multimedia unlimited lokal (asli Indonesia) sebagai sarana hosting dan sharing file, tempat menyimpan file sampai 1024 MB per file, unlimited upload, unlimited download, unlimited bandwith, foto, video, dan galeri file.[4] Situs ini di dirikan oleh Juny Maimun atau biasa di sapa Acong.[5]. IDWS merupakan perpaduan RapidShare, ImageShack, dan Youtube. Dalam penggunaanya dibuat tanpa menginstal Indowebster terlebih dahulu melainkan langsung dapat diakses di link indowebster tersebut bila ingin mengupload dan mendownload file. Situs ini selalu meng-update video, gambar, atau file apapun yang sedang trend sama seperti situs youtube dan semacamnya yang selalu mengikuti perkembangan terkini.

Di bangun untuk sarana bisnis secara professional dan berbagi file dengan orang-orang IDWS menyediakan kapasitas besar untuk kegiatan menyimpan dan mengunduh file jadi jangan khawatir untuk menyimpan dan mengunduh file di IDWS, situs ini mempunyai kapasitas penyimpanan file sampai kisaran terabyte (sejuta megabyte) juga koneksi internet yang dalam transfernya mampu menampung ratusan gigabyte secara bersamaan dan yang terpenting IDWS dirancang sesederhana mungkin sehingga pengguna dapat dengan mudah melakukan penyimpanan dan pengunduhan file di dalamnya. Di dirikan pada 15 April 2007, dan dilakukan relaunching dan redesign situs pada 9 Juli 2011, indowebster sudah bisa menjadi situs popular di Indonesia dan dapat di sejajarkan dengan situs luar yang terkenal seperti rapidshare dan megaupload. Indowebster menjadi situs lokal tempat hosting dan sharing file terbesar dan tercepat di Indonesia. Dalam kurun waktu singkat sejak pertama kali didirikan, situs ini mampu berada di urutan delapan besar situs yang paling banyak dikunjungi di Indonesia. Namun sekarang situs ini menurut data dari Alexa.com menempati peringkat 37 (dengan kategori pencarian Indowebster.com) di Indonesia dan 3511 (dengan kategori pencarian Indowebster.com) di dunia dalam kategori situs yan paling sering dikunjungi pengguna internet. Sedangkan situs indowebster menurut data dari Alexa.com menempati peringkat 47 (dengan kategori pencarian Indowebster.web.id)di Indonesia dan 3906 (dengan kategori pencarian Indowebster.web.id) di dunia kategori situs yang paling sering dikunjungi pengguna internet dengan anggotanya berjumlah 1.261.080, dokumennya berjumlah 1.202.230, dan kapasitasnya berjumlah 130,24 TB.[6]

Kategori[sunting | sunting sumber]

Home[sunting | sunting sumber]

Di dalam kategori yang pertama dari indowebster ialah home. Home ini seperti pada umumnya terletak di bagian/halaman depan dari situs. Konten dari home berisi dokumen atau file yang baru di upload atau file yang terpopuler di unduh (music, video, games, dan lainnya), thread yang sedang hangat dibicarakan di forum, pemberitahuan maintance server dari perusahaan indowbster, link bisnis iklan yang dibuat indowbester atau link bisnis iklan dari pihak lainnya, top 10 uploaders indowebster, dan info tentang indowebster (berupa pendiri, sejarah, layanan servis dan lainnya).

Video[sunting | sunting sumber]

Kategori kedua dari indowebster adalah video. Pada kategori kedua ini indowbster menyediakan layanan hosting dan sharing sehingga para pengunjung situs ini dapat menyimpan dan saling berbagi dokumen video dari mulai video klip musik sampai video hiburan lainnya seperti yang ditampilkan pada situs youtube. Di dalam kategori video masih banyak terdapat video yang masih ilegal yang artinya dengan secara geratis pengunjung maupun member dapat menyimpan maupun mengunduh video.

Music[sunting | sunting sumber]

Kategori ketiga ialah musik. Pada kategori musik, indowebster menyediakan layanan hosting dan sharing musik sehingga para pengunjung situs ini dapat menyimpan dan saling berbagi dokumen musik. Sama seperti kategori layanan video, pada layanan music ini indowebster belum mampu secara keseluruhan melindungi hak cipta atau karya dari musisi yang lagunya disimpan atau diunduh oleh pengunjung maupun member. Masih terdapat banyak dokumen atau file musik yang ilegal, tetapi dibalik itu semua layanan musik ini cukup lengkap karena anggota yang melakukan sharing dan hosting file cukup up to date dalam menangkap informasi terbaru.

Images[sunting | sunting sumber]

Kategori keempat yaitu images. Pada kategori images, indowebster menyediakan layanan hosting dan sharing images sehingga para pengunjung situs ini dapat menyimpan dan saling berbagi dokumen images. Gambar di dalam indowebster beraneka ragam, mulai dari gambar lucu, unik, mempunyai seni yang tinggi, berunsur religius, dan sebagainya. Sama seperti layanan video dan music, dalam kategori images indowebster belum dapat menyaring anggota yang menyimpan file images tanpa mencantumkan sumber pemegang hak cipta dari images tersebut sehingga images masih ada yang ilegal tetapi, dibalik itu semua di indowebster file berupa images yang di hosting para anggota cukup lengkap dan menarik sehingga anggota maupun pengunjung dapat saling berbagi images.

Games[sunting | sunting sumber]

Kategori kelima dari indowebster adalah games. Pada kategori ini indowebster menyediakan layanan hosting dan sharing games sehingga para pengunjung situs ini dapat menyimpan dan saling berbagi file games. Banyak jenis game mulai dari adventure, sport, war, dan masih banyak lagi games yang di ada di dalam kategori ini. Tetapi, masih banyak games yang tidak disertakan lisesnsi legal sehingga baik pengunjung maupun anggota yang melakukan hosting dan sharing games masih tergolong kategori ilegal.

E-book[sunting | sunting sumber]

Kategori keenam dari indowebster adalah e-book. Pada kategori ini indowebster menyediakan layanan hosting dan sharing e-book sehingga para pengunjung situs ini dapat menyimpan dan saling berbagi file e-book. Di dalam kategori ini masih jauh lebih sedikit dibanding file dari kategori sebelumnya seperti video, music, games, dan images. Sama seperti kategori lainnya dalam hal lisensi legal, indowebster belum mampu menyaring file yang tidak ada lisensi legalnya dan tidak menyertakan sumber hak cipta sehingga dalam kegiatan hosting dan sharing file masih banyak pengunjung maupun anggota yang melakukan kegiatan ilegal.

MobileApps[sunting | sunting sumber]

Kategori ketujuh dari indowebster adalah mobileapps. Pada kategori ini indowebster meyediakan layanan hosting dan sharing moblieapps sehingga para pengunjung situs ini dapat menyimpan dan saling berbagi file mobileapps untuk melengkapi fitur di handphone symbian maupun berjenis smartphone seperti android blacberry maupun i phone. Ke legalan dari mobileapps masih saangat kurang, sama halnya dengan kategori lain yang disediakan indowebster. Meskipun begitu aplikasi yang disediakan cukup membantu para pengunjung dan anggota dalam memenuhi kebutuhan di seluler.

Software[sunting | sunting sumber]

Kategori kedelapan dari indowebster adalah software. Pada kategori ini indowebster menyediakan layanan hosting dan sharing software sehingga para pengunjung situs ini dapat menyimpan dan saling berbagi file software baik untuk perangkat komputer maupun telepon seluler. Dalam kategori software indowebster juga bekerjasama dengan beberapa perusahaan software terkemuka sehingga dalam bertransaksi di internet dapat dinyatakan legal karena adanya jual beli yang sah. Seperti misalnya kerja sama pada antivirus avira. Bagi pengunjung situs ini yang hendak mendownlaod antivirus avira maka pengunjung disarankan untuk melakukan pembayaran terlebih dahulu bila ingin mengunduhnya. Tetapi, masih ada juga yang free alias geratis seperti adobe photoshop, internet download manager, dan software lainnya. Tetapi, layanan software ini masih terdapat file yang ilegal dan tanpa lisensi sehingga banyak file yang disimpan maupun didapatkan secara ilegal dan geratis.

Other/Uncategorized[sunting | sunting sumber]

Kategori kesembilan dari indowebster adalah other/uncategorized. Pada kategori ini indowebster menyediakan layanan hosting dan sharing untuk berbagai file atau dokumen yang tidak tertampung pada subketegori sebelumnya (seperti dari kategori 1-8). Misalnya mencari manga. Untuk itu pada kategori kesembilan ini indowebster ingin mempermudah pengunjung situs dalam melakukan pencarian. Selain bisa mencari yang tidak termasuk dalam kategori 1-8 dalam kategori other/uncategorized ini juga dapat melakukan pencarian yang berhubungan dengan kategori 1-8. Dengan kata lain pada kategori ini jangkauan kategorinya lebih meluas dan tempat kumpulan dari semua kategori. Indowebster tentunya juga menyediakan layanan hosting dan sharing file sehingga pengunjung situs ini dapat menyimpan dan saling berbagi file. Sama seperti kategori lainnya dalam hal lisensi legal, indowebster belum mampu menyaring file yang tidak ada lisensi legalnya dan tidak menyertakan sumber hak cipta sehingga dalam kegiatan hosting dan sharing file masih banyak pengunjung maupun anggota yang melakukan kegiatan ilegal.

Keanggotaan[sunting | sunting sumber]

Perencanaan keanggotaan[sunting | sunting sumber]

Dalam indowebster terdapat layanan keanggotaan. Untuk mendaftar sebagai anggota atau pengguna yang dapat menyimpan file atau dokumen dapat dilakukan dengan cara daftar (register) pada kolom daftar. Tata cara pendaftaran cukup mudah dan cepat. Perlu di perhatikan dalam memilih keangotaan dalam indowebster calon anggota dapat memilih ingin kategori anggota yang seperti apa. Terdapat beberapa jenis kategori anggota, yaitu:

Pengunjung[sunting | sunting sumber]

Jenis anggota yang seperti ini adalah anggota yang tidak terdaftar secara resmi di dalam indowebster karena statusnya sebagai pengunjung situs saja oleh karena itu hanya tercatat sebagai pengunjung situs indowebster. Kontribusi di dalam situs indowebster hanya sebagai pengunduh. Pengunjung tidak bisa menyimpan file atau dokumen ke dalam situs indowebster. Jenis keanggotaan ini juga tidak bisa melakukan diskusi di forum yang disediakan indowebster.

Anggota[sunting | sunting sumber]

Jenis anggota yang seperti ini adalah anggota yang terdaftar secara resmi di dalam indowebster karena statusnya anggota di dalam situs. Anggota seperti ini sudah melakuka proses pendaftaran (registrasi) yang disediakan indowebster. Anggota juga memiliki id (identitas) beserta kata sandi (password) untuk dapat mengakses indowebster. Anggota jenis ini dapat menyimpan file atau dokumen sampai maksimal berkapasitas 500 MB, disediakan 2 folder untuk menyimpan dokumen, dan disediakan juga 1 folder untuk melakukan sharing file atau dokumen terhadap pengunjung lain di situs indowebster. Angota jenis ini dapat melakukan diskusi dan perbincangan dengan anggota indowebster lainnya di dalam forum yang disediakan indowebster dengan maksimal 500 kali posting.

Premium[sunting | sunting sumber]

Keanggotaan indowebster yang ketiga bernama premium. Untuk mendaftar jenis keangotaan ini calon anggota diwajibkan membayar Rp 20.000.00 kepada indowebster dengan aturan yang sudah dibuat dan ditetapkan oleh pihak indowebster. Anggota ini juga mempunyai identitas (id) beserta kata sandi (password) untuk dapat mengakses indowebster. Anggota jenis premium dapat menyimpan file atau dokumen sampai maksimal berkapasitas 700 MB, disediakan 10 folder dari indowebster untuk menyimpan file atau dokumen, dan disediakan juga 5 folder untuk melakukan sharing file atau dokumen terhadap pengunjung lain di situs indowebster. Anggota jenis premium dapat melakukan diskusi dan perbincangan dengan sesama anggota indowebster lainnya di dalam forum yang disediakan indowebster tanpa batsan dalam melakukan posting.

VIP[sunting | sunting sumber]

Keangotaan indowebster keempat bernama VIP. Untuk mendaftar jenis keanggotaan ini calon anggota diwajibkan membayar Rp 50.000.00 kepada indowebster dengan aturan yang sudah dibuat dan ditetapkan oleh pihak indowebser. Anggota ini juga mempunyai identitas (id) beserta kata sandi (password) untuk dapat mengakses indowebster. Anggota jenis VIP dapat menyimpan file atau dokumen sampai maksimal berkapasitas 1 GB, disediakan 20 folder dari indowebster untuk menyimpan file atau dokumen, dan disediakan juga 10 folder untuk melakukan sharing file atau dokumen terhadap pengunjung lain di situs indowebster. Anggota jenis VIP dapat melakukan diskusi dan perbincangan dengan sesama anggota indowebster lainnya di dalam forum yang disediakan indowebster tanpa batasan dalam melakukan postingan.

Gatotkaca[sunting | sunting sumber]

Keanggotaan indowebster kelima bernama Gatotkaca. Untuk mendaftar jenis keanggotaan ini calon anggota diwajibkan membayar Rp 100.000.00 kepada indowebster dengan aturan yang sudah dibuat dan ditetapkan oleh pihak indowebster. Anggota ini juga mempunyai identitas (id) beserta kata sandi (password) untuk dapat mengakses indowebster. Anggota jenis gatotkaca dapat menyimpan file atau dokumen sampai maksimal berkapasitas 3 GB, disediakan folder tanpa batas untuk menyimpan file, dan disediakan juga 100 folder untuk melakukan sharing file atau dokumen terhadap pengunjung lain disitus indowebster. Anggota jenis gatotkaca dapat melakukan diskusi dan perbincangan dengan sesama anggota indowebster lainnya di dalam forum yang disediakan indowebster tanpa batasan dalam melakukan postingan.

Top Uploaders[sunting | sunting sumber]

Adalah anggota dari indowebster yang telah menyimpan file terbanyak dan terlengkap. File atau dokumen dari anggota indowebster tersebut juga di katakana sebagai anggota terbaik apabila file atau dokumennya sering dilihat dan di unduh oleh pengunjung situs ini. Biasanya di halaman utama indowebster (home) akan di tampilkan daftar 10 top uploaders. Sedangkan pada halaman top uploaders akan ditampilkan 100 top uploaders indowebster.[7].

Keunggulan[sunting | sunting sumber]

Indowebster sebagai situs yang menyediakan layanan hosting dan sharing file menyediakan tempat untuk menyimpan dan mengunduh file atau dokumen. Ada yang gratis dan ada yang bayar karena memiliki lisensi. Anggota dan pengunjung dapat mencari dan mengunduh file yang dicari. File yang disediakan mulai dari video, software, games, images, ebook', MobileApps, dan lainya. Dalam mengunduh file di situs ini penunjung dapat menikmati layanan yang cukup baik dalam akses kecepatan mengunduh karena bandwith yang ditawarkan di indowebster sampai kapasitas terabyte.

Kelemahan[sunting | sunting sumber]

Tidak semua file atau dokumen mempunyai lisensi yang berarti masih ada file atau dokumen yang ilegal dan mendukung baik pengunjung maupun anggota (member) yang melakukan kegiata ilegal baik hosting maupun sharing file. Dalam situs ini, tidak semua pengunjung dapat melakukan hosting dan sharing file secara bebas karena harus mendaftar untuk menjadi anggota dan ada yang diwajibkan membayar untuk biaya registrasi dalam kategori anggota indowebster tertentu.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Straubhaar, Joseph, LaRose, Robert, & Davenport, Lucinda (2010).Media Now: Understanding Media, Culture and Technology, 6th edition, Belmont, CA:Wadsworth (page 264 about ELECTRONIC PUBLISHING and 270-271 about WHAT MAKES A GOOD WEB PAGE?). TRN

Catatan Kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ ""Tentang Perusahaan"". Diakses tanggal 2012-05-07. 
  2. ^ ""Contact us"". Diakses tanggal 2012-05-07. 
  3. ^ - Site Information from Alexa", Alexa, 09 april 2012.
  4. ^ http://www.indowebster.com/page/About_Us1. Diakses pada tanggal 26 Maret 2012.
  5. ^ http://www.myedisi.com/tabloid/pcplus/265/719/. Diakses pada tanggal 10 April 2012.
  6. ^ http://www.alexa.com/siteinfo/indowebster.com#3. Diakses pada tanggal 26 Maret 2012.
  7. ^ http://www.indowebster.com/page/VIP_Benefits4. Diakses pada tanggal 26 Maret 2012.