Retjo Buntung FM

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Retjo Buntung FM
Jenis Stasiun radio FM
Industri/jasa Penyiaran umum
Genre Hiburan, budaya, dan informasi
Didirikan 9 Maret 1967
Kantor pusat Jl. Jagalan no.36, Jagalan Beji,
Purwokinanti, Pakualaman,
Yogyakarta 55112 Indonesia
Daerah layanan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), daerah-daerah di sekitarnya, serta nasional dan internasional melalui live streaming
Pemilik PT. Radio Retjo Buntung
Slogan Citra Radio Keluarga
Moto Radio No.1 Asli Jogja
Situs web http://www.retjobuntungfm.com
http://www.radio.retjobuntungfm.com

Retjo Buntung adalah stasiun radio swasta di Yogyakarta. Mengudara pada frekuensi FM 99,4 Mhz dan dapat dinikmati melalui radio streaming via internet. Radio Retjo Buntung mengudara selama 24 jam non-stop. Didirikan dan mulai mengudara pertama kali pada tanggal 9 Maret 1967 di Yogyakarta. Pada awalnya, radio ini mengudara di frekuensi AM. Saat ini, Retjo Buntung tergabung dalam jaringan radio RB Grup yang beranggotakan radio MBS Yogyakarta 92,7 FM, Rakosa FeMale Yogyakarta 105,3 FM, dan Handayani FM Gunungkidul 106,6 FM, dengan Radio Retjo Buntung FM sebagai induknya.

Sejarah singkat[sunting | sunting sumber]

Patung anak laki-laki dengan lengan kanan yang terpotong inilah yang menjadi salah satu ikon Radio Retjo Buntung FM Yogyakarta. Patung ini berada di depan bangunan kantor operasional Radio Retjo Buntung.

Radio Retjo Buntung didirikan dan melakukan siaran perdana pada tanggal 9 Maret 1967 di Yogyakarta. Pada awalnya, radio ini merupakan radio komunitas dan bersiaran di frekuensi AM. Selama tahun-tahun awal siaran, Retjo Buntung mengudara menggunakan frekuensi 1062 Mhz. Kemudian Radio Retjo Buntung beralih ke frekuensi FM 100.55 Mhz. Pada tahun 2004, untuk menyesuaikan dengan Keputusan Menteri Perhubungan nomor KM.15 Tahun 2003 tentang Rencana Induk (Master Plan) Frekuensi Radio Penyelenggaraan Telekomunikasi Khusus untuk Keperluan Radio Siaran FM (Frequency Modulation), maka Radio Retjo Buntung yang berbasis di Yogyakarta kemudian beralih ke frekuensi FM 99,4 Mhz hingga saat ini.

Radio Retjo Buntung merupakan salah satu radio tertua di Yogyakarta[1]. Tahun 1997, Radio Retjo Buntung mencatatkan dirinya sebagai radio di Yogyakarta yang pertama kali menetapkan keluarga Yogyakarta sebagai segmen pendengarnya[1], khususnya keluarga Jawa[2]. Namun demikian, program siaran retjo Buntung didominasi untuk pendengar dewasa[2], dengan mengacu pada format radio musik dan bukan radio speech[2].

Pada hari Jumat, 9 Maret 2001, Direktur Radio Retjo Buntung pada saat itu, Aris Yudanto, S.H., mencanangkan babak baru bagi Radio Retjo Buntung yaitu berupa dimulainya siaran 24 jam non-stop. Khusus untuk format siaran dini hari Retjo Buntung menyajikan program siaran dengan nuansa etnika yang dikemas secara menarik dan akrab di telinga pemiarsanya[3].

Pada tahun 2012, Radio Retjo Buntung Yogyakarta memperoleh penghargaan Radio Award 2012 dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) sebagai salah satu pemenang untuk kategori drama radio terbaik, secara bersama-sama dengan RRI Denpasar (tidak ada pemenang pertama)[4]. Radio Retjo Buntung juga tercatat sebagai salah satu anggota PRSSNI dengan nomor anggota 175-IV/1977[5].

Retjo Buntung FM juga memiliki jaringan radio di Sumatera-Banten-Jawa Barat-Jawa Tengah-Jawa Timur-Bali-NTB-Kalimantan Barat-Kalimantan Timur-Sulawesi-Kawanua yaitu Radio Warna FM Padang, Radio Populer FM Purwakarta, Radio Denbang FM Lampung, Radio Metro FM Bogor, Radio Metro Female FM Surabaya dll.

Klasifikasi pendengar[sunting | sunting sumber]



<div class="transborder" style="position:absolute;width:100px;line-height:0;

Circle frame.svg

Jenis Musik

  Barat dan Asia (30%)
  Keroncong (25%)
  Tradisional (10%)
  Dangdut (15%)
  Indonesia Populer (50%)



Circle frame.svg

Pendidikan

  Perguruan Tinggi (15%)
  Lulusan SLTA (35%)
  Lulusan SLTP (25%)
  Lulusan SD (20%)
  Tanpa Pendidikan (5%)



Circle frame.svg

Usia

  10-19 tahun (20%)
  20-29 tahun (15%)
  30-39 tahun (25%)
  40-49 tahun (15%)
  50 tahun ke atas (25%)


Circle frame.svg

Pekerjaan

  Enterpreneur (15%)
  White Collar (15%)
  Blue Collar (20%)
  Student (20%)
  Housewife (20%)
  others (10%)

Peralatan siaran[sunting | sunting sumber]

Tampak depan bangunan kantor operasional siaran dan menara antena siaran Radio Retjo Buntung FM yang berlokasi di Jalan Jagalan nomor 36, Yogyakarta, DIY.

Peralatan studio siaran[sunting | sunting sumber]

Jenis Peralatan Merk / Tipe
Computer player PC IP4
Audio mixer Sounderaft - England, MB series 10
Audio Processor ORBAN - 8500 USA
CRL - type FM - 2G USA
Microphone Processor ORBAN 787A - USA
Tape Deck Tascam 12
Microphone Sennheizer
CD Player Sony

Peralatan studio produksi[sunting | sunting sumber]

  • Yamaha Digital Mixing Consule 03D
  • 2 unit komputer
  • CD Recorder, Tascam CD-RW5000
  • CD Player, Pioneer PD-F100
  • Tape Deck, Tascam 112 Mk11
  • Microphone, Sennheizer

Transmitter & antena[sunting | sunting sumber]

Peralatan Merk / Tipe
Transmitter Harris, USA
DB, Italy
Elenos, Spain
Antena MS I - 12 Stack
Sira Italy FMC 01/6 - 12 Stack

Program siaran[sunting | sunting sumber]

Acara harian [6][sunting | sunting sumber]

Hari Jam siaran (WIB) Program acara Keterangan
Senin - Minggu 00:00 - 05:00 Climen Ning Nengsemaken (CNN) Siaran hiburan berbahasa Jawa bernuansa etnika dengan menyajikan lagu-lagu keroncong, langgam, lagu berbahasa Jawa, dan drama bahasa Jawa.
Senin - Minggu 05:00 - 06:00 Lentera Rohani Program interaktif tanya jawab agama Islam dengan menghadirkan ustadz/ustadzah Yogyakarta
Senin - Minggu 06:00 - 09:00 Sapa Pemiarsa Program musik dan berkirim salam untuk pemiarsa muda dan opini menarik.
Segmen Birthday Greeting pada pukul 06:30 - 07:30 WIB.
Senin - Minggu 09:00 - 11:00 SIAGA
(Inspirasi Keluarga)
Program spesial khas keluarga yang berisi beragam inspirasi yang berguna untuk keluarga, diselingi lagu-lagu Indonesia lama pilihan dari era tahun 1980an-1990an (melankolis & pop kreatif).
  • Senin : Resep praktis (setelah tayangan Kisah Religi, pukul 09:00 - 10:00)
  • Selasa : Aneka tips keluarga
  • Rabu : Tips kesehatan
  • Kamis : Tips kesehatan
  • Jumat : Tips kecantikan
  • Sabtu : Tips kecantikan
  • Minggu : Resep praktis
Senin - Minggu 11:00 - 13:00 Warta Nada
Spesial Koes Plus
Program sajian informasi dengan warta aktual nasional maupun lokal Yogyakarta berpadu dengan lagu-lagu Koes Plus dan Koes Bersaudara.
Sesi Bincang Siang pada pukul 11:00 - 12:00 WIB.
Senin - Sabtu 13:00 - 14:00 Pembacaan Buku Bahasa Jawa Program bernuansa etnika Jawa berupa pembacaan buku Bahasa Jawa bersama Abbas C.H. dengan gaya monolog yang khas dan abadi di hati tiap pemiarsa.
Senin - Sabtu 14:00 - 16:00 Gita Remaja Program hiburan siang khas remaja dengan menyajikan lagu-lagu Indonesia paling baru, dilengkapi dengan informasi musik dan opini remaja. Request lagu dari pemiarsa dapat dilayani melalui pesan singkat (SMS), WA, maupun telepon langsung. Khusus tiap hari Jumat, acara Gita Remaja ini berlangsung mulai pukul 15:00 - 16:00, setelah acara Yogyakarta Top Hits yang merupakan siaran bersama seluruh radio yang tergabung di dalam PRSSNI Yogyakarta.
Senin - Jumat 16:00 - 17:00 Acara Konsultasi Program konsultasi kesehatan keluarga yang interaktif dan edukatif dengan berbagai tema yang menarik dan bermanfaat. Pemiarsa dapat berinteraksi melalui pesan singkat (SMS), WA, maupun telepon langsung.
  • Senin : Tanya Dokter Umum
  • Selasa : Tanya Dokter Anak
  • Rabu : Tanya Dokter Kesehatan Kandungan
  • Kamis : Tanya Dokter Umum & Syaraf
  • Jumat : Terapi Alternatif
  • Sabtu : Hobi Elektronika
Senin - Minggu 17:00 - 19:00 Pos Rileks Program musik dan berkirim salam di sore hari untuk pemiarsa yang menyukai lagu-lagu Indonesia era tahun 60an-70an. Pemiarsa dapat berinteraksi melalui pesan singkat (SMS), WA, maupun telepon langsung.
Senin - Minggu 18:00 - 18:30 DETAK
Deretan Warta Aktual
Program siaran berita yang disajikan secara lugas, aktual, dan berimbang, berdasarkan sumber-sumber berita yang terpercaya. Disiarkan secara bersama oleh Retjo Buntung FM Yogyakarta bersama sejumlah radio lain yang tergabung di dalam Jaringan RB Group, yang meliputi Radio MBS Yogyakarta 92,7 FM, Rakosa FeMale Yogyakarta 105,3 FM, dan Handayani FM Gunungkidul 106,6 FM, dengan Radio Retjo Buntung FM 99,4 FM sebagai induknya.
  • Senin - Jumat : Berita umum nasional dan daerah
  • Sabtu : Berita sains & teknologi
  • Minggu : Berita hukum * kriminal
Senin - Sabtu 19:00 - 19:15 Dongeng Si Kecil Program keluarga untuk pemiarsa cilik sebagai penghantar tidur. Menghidupkan budaya mendongeng sebagai sarana mengenalkan anak-anak pada akhlak mulia. Menampilkan tokoh "Bunda Cahaya" yang punya banyak dongeng anak.
Senin - Sabtu 19:15 - 21:00 Radio Gogo Program musik remaja dan pemiarsa muda. Menyajikan lagu-lagu terbaru.
Senin - Minggu Jam-jam tertentu Sinau Basa Jawa Program edukasi Bahasa Jawa dalam format percakapan singkat antara 2 orang dengan menyajikan materi tentang tata bahasa Jawa yang baik dan benar yang sering dijumpai pada kehidupan atau pergaulan sehari-hari. Program ini tampil tiap hari, berdurasi singkat, dan disisipkan pada program acara lain pada jam-jam tertentu.
Senin - Minggu Jam-jam tertentu Pojok Jagalan Program siaran hiburan untuk semua usia dengan menyajikan komedi ringan dengan format dagelan mataraman dan anekdot lucu khas Jogja. Menampilkan 2 tokoh utama, yaitu Mbah Dengkek yang asli Yogyakarta dan Yu Ribi yang asli dari daerah Banyumas dengan dialeg ngapak-ngapak. Pada beberapa episode juga menampilkan tokoh tambahan yaitu Trimbil yang merupakan cucunya Mbah Dengkek. Program ini tampil tiap hari, berdurasi singkat, dan disisipkan pada program acara lain pada jam-jam tertentu.

Acara mingguan [7][sunting | sunting sumber]

Hari Jam siaran (WIB) Program acara Keterangan
Senin 09:00 - 10:00 Kisah Religi Program drama keluarga yang mengangkat kisah-kisah yang mengharu biru perasaan. Program drama Kisah Religi disiarkan ulang pada hari yang sama pada pukul 21:00 - 22:00.
Senin 22:00 - 24:00 Lesehan Acara interaktif di mana pemiarsa dapat menyampaikan pertanyaan atau saran kepada Retjo Buntung melalui pesan singkat (SMS), WA, maupun telepon langsung.
Selasa 21:00 - 24:00 Sweet Memories Program musik yang menyajikan lagu-lagu mancanegara lama era tahun 1960an hingga 1980an. Pada awal acara diawali dengan segmen super jadul di mana pemiarsa disuguhi lagu-lagu barat lawas era tahun 50an.
Rabu 21:00 - 24:00 MELATI
Mengenang Lagu Lama Top Indonesia
Program musik yang menyajikan lagu-lagu Indonesia yang dirilis pada era tahun 1960 hingga 1979.
Kamis 21:00 - 24:00 Night Music Zona 90 Program musik yang menyajikan lagu-lagu Indonesia dan mancanegara tahun 1990an.
Jumat 21:00 - 24:00 Pesona 90 Program musik yang menyajikan lagu-lagu Indonesia era tahun 1980an.
Sabtu 18:30 - 19:00 Sabda Gembala Program siaran religi agama Katholik.
Sabtu 21:00 - 22:00 Konsekstasi Program konsultasi interaktif yang mengangkat tema tentang kehidupan rumah tangga khusus bagi pasangan suami istri.
Sabtu 22:00 - 24:00 Kencan Acara khas malam minggu yang menampilkan cerita maupun hal-hal unik dan menarik seputar dunia remaja dan masa muda.
Sabtu
(pekan ke-4)
22:00 - 05:00 Siaran Wayang Kulit Program khas etnika berupa siaran pergelaran wayang kulit sebagai bentuk apresiasi dan pelestarian budaya nasional, khususnya budaya Jawa. Ditampilkan sebulan sekali, pada hari Sabtu malam pekan ke-4.
Minggu 13:00 - 16:00 Tamansari Program musik bernuansa etnika Jawa. Menampilkan lagu-lagu campursari dan langgam Jawa. Pemiarsa dapat melakukan request lagu melalui pesan singkat (SMS), WA, maupun telepon langsung.
Minggu 16:00 - 17:00 Kumpul Bocah Program khusus pemiarsa cilik, dengan segmen anak usia balita hingga 12 tahun. Menyajikan lagu-lagu anak abadi sepanjang masa dan lagu anak terbaru dengan selingan nasihat edukatif bagi anak-anak. Pemiarsa dapat melakukan live phone call dan request lagu melalui pesan singkat (SMS), WA, maupun telepon langsung.
Minggu 18:30 - 19:00 Pujian Allah Program siaran religi agama Kristen Protestan.
Minggu 19:00 - 21:00 Indonesia 9 Program musik yang menyajikan tangga lagu Indonesia terpopuler.
Minggu 21:00 - 21:30 Sandiwara Bahasa Jawa Program drama radio berbahasa Jawa dengan mengangkat cerita-cerita pilihan.
Minggu 21:30 - 24:00 Goyang Senggol Program musik dangdut terkini dan terpopuler pilihan.

Manajemen[sunting | sunting sumber]

Komisaris [8][sunting | sunting sumber]

Jabatan Nama
Komisaris Utama Ari Yudanto, S.H.
Komisaris Dra. Mirsawati, M.Si.

Direksi [8][sunting | sunting sumber]

Jabatan Nama
Direktur Utama Iwan Boediwanto, M.B.A.
Direktur 1 Teddy Dwi Armanto, S.E.
Direktur 2 Tessy Dwi Murwanto, S.T.
Direktur 3 Wahyu Sudarmawan, M.Si.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Andi Samuara (2014). "MANAJEMEN PENYIARAN RADIO DENGAN SEGMENTASI KELUARGA (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Manajemen Penyiaran dengan Segmentasi Keluarga di Radio Retjo Buntung Yogyakarta Tahun 2009)" (DOC). Diakses pada 10 Oktober 2016.
  2. ^ a b c Agus Rakhmat Effendi (2014). "PERAN PROGRAM DIRECTOR RADIO RETJO BUNTUNG DALAM MEMPERTAHANKAN FORMAT STATION" (RTF). Diakses pada 10 Oktober 2016.
  3. ^ admin (9 Maret 2001). "Program 24 Jam di Udara!". www.rbfm.8m.com. Diakses tanggal 6 Oktober 2016. 
  4. ^ RG (25 Oktober 2012). "Pemenang Indonesia Radio Awards 2012". www.kpi.go.id. Diakses tanggal 10 Oktober 2016. 
  5. ^ admin. "Profil Radio Retjo Buntung". www.radioprssni.com. Diakses tanggal 15 Oktober 2016. 
  6. ^ admin. "Acara Harian RB". http://radio.retjobuntungfm.com. Diakses tanggal 29 September 2016. 
  7. ^ admin. "Acara Mingguan RB". http://radio.retjobuntungfm.com. Diakses tanggal 29 September 2016. 
  8. ^ a b admin (28 September 2016), "EDP Retjo Buntung 99.4 FM 28 SEPTEMBER 2016", www.youtube.com, diakses tanggal 3 Oktober 2016 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]