Tokocrypto

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tokocrypto
Tokocrypto
IndustriTechnology
Didirikan2018
PendiriPang Xue Kai
Kantor
pusat
AXA Tower, Jln. Profesor Doktor Satrio, Kavling 18, Lantai 37, Suite 3, Karet Kuningan, Setiabudi, ,
Cabang
Bali
Bandung
Yogyakarta
Tokoh
kunci
Pang Xue Kai (Founder & CEO)
Teguh Kurniawan Harmanda (COO)
Nanda Ivens (CMO)
Chung Ying Lai (CSO)
MerekTokocrypto
Anggota2.000.000+ (2021)
IndukPT. Aset Digital Berkat
Situs webwww.tokocrypto.com

Tokocrypto adalah pedagang aset kripto di Indonesia yang terdaftar resmi di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan RI.[1]

Tokocrypto berkomitmen memperluas pemanfaatan teknologi blockchain[2] di Indonesia, dengan menghadirkan TokoVerse sebuah ekosistem blockchain yang mencakup TKO (proyek kripto lokal pertama Indonesia dengan token hybrid CeDeFi)[3], T-Hub (hub untuk komunitas kripto & blockchain), TokoMall (platform NFT marketplace)[4], TokoCare (program CSR berbasis blockchain)[5], dan TokoLabs (program inkubator dan akselerator yang mendorong bisnis dan inovasi blockchain di Indonesia) dan lainnya.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Tokocrypto lahir tahun 2018[6] dari sekelompok antusias atau penggemar kripto di Indonesia. Kelompok ini memiliki keyakinan atas manfaat yang dapat ditawarkan teknologi blockchain atau rantai blok kepada masyarakat.[7][8] Pada awal pendirian ini, Tokocrypto didukung perusahaan asal Singapura, yaitu QCP Capital.[6]

Tokocrypto secara resmi diperkenalkan kepada publik pada 15 September 2018.[9] Peluncuran Tokocrypto ini memiliki tiga agenda utama, yaitu untuk menghadirkan konten dan informasi terbaru terkait aset digital, menjangkau komunitas-komunitas blockchain dan aset kripto untuk berbagi pengetahuan dan pemahaman, serta pelibatan publik dalam proyek aset digital di Indonesia dan Asia Tenggara.[1]

Pada November 2019, Tokocrypto resmi terdaftar di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI) di bawah Kementerian Perdagangan RI dan menjadi perusahaan perdagangan kripto pertama yang terdaftar di lembaga pemerintah tersebut.[6] Aset kripto sendiri merupakan aset digital yang dirancang untuk bekerja sebagai media pertukaran yang menggunakan kriptografi.[10]

Pada Mei 2020, Tokocrypto memperbarui sistem perdagangannya dengan meluncurkan Tokocrypto 2.0.[11] Platform ini didukung oleh sistem Binance Cloud yang memiliki kecepatan transaksi dan keamanan tingkat tinggi. Selain itu, versi ini memungkinkan perdagangan dengan lebih banyak token baru, lebih banyak fitur, serta likuiditasnya lebih baik dibandingkan versi sebelumnya.

Pada November 2020, Tokocrypto meluncurkan aplikasi berbasis Android dan iOS untuk memudahkan para nasabah melakukan jual-beli aset kripto kapanpun dan dimanapun. Hingga Desember 2021 aplikasi Tokocrypto telah diunduh sebanyak 2 juta kali.

Pada akhir tahun 2021, Tokocrypto mencatatkan lebih dari 2 juta pengguna terdaftar, naik 8x lipat dari 250.000 pengguna di 2020. Nilai perdagangan harian aset kripto di Tokocrypto tumbuh 754% dan telah mencapai lebih dari $ 191 juta atau setara Rp 2,7 triliun. Sebelumnya, nilai perdagangan hanya $  2,5 juta di akhir tahun 2020.[12]

Terdapat lebih dari 200 token/koin yang diperdagangkan di Tokocrypto. Saat ini yang terbanyak dari 15 exchange resmi yang terdaftar di Bappebti. Selain sebagai exchange atau platform perdagangan aset kripto, Tokocrypto juga memiliki TokoVerse.

TokoVerse[sunting | sunting sumber]

Dalam perjalanannya, Tokocrypto telah menunjukkan komitmennya untuk membangun ekosistem blockchain yang berkelanjutan di Indonesia. TokoVerse adalah ekosistem berbasis kripto yang memanfaatkan kombinasi sinergis dari domain Decentralized Finance (DeFi), GameFi dan Non-fungible token (NFT). TokoVerse akan mengembangkan ekosistem blockchain Indonesia melalui Tokocrypto exchange, TokoMall, TokoCare, TokoScholars, TokoLabs, T-Hub dan banyak lagi.[13]

TokoMall[sunting | sunting sumber]

Logo TokoMall

TokoMall adalah pelopor NFT marketplace yang diluncurkan Tokocrypto pada Agustus 2021. TokoMall hadir dengan misi pemberdayaan potensi kreator lokal Indonesia dalam berbagai bidang kreatif untuk mengakses pasar global melalui pemanfaatan NFT. Misi TokoMall adalah digital NFT meets reality.

TokoMall kini telah memiliki lebih dari 80 partner, lebih dari 10.000 kolektor, dan lebih dari 8.000 koleksi NFT. Setiap bulannya, TokoMall aktif menghadirkan kelas-kelas edukasi NFT dengan komunitas dan kreator yang diadakan di akun YouTube Tokocrypto maupun diskusi di channel Discord. Untuk bergabung di TokoMall sebagai kolektor ataupun kreator, bisa mengakses www.tokomall.io.

TokoCare[sunting | sunting sumber]

Logo TokoCare

TokoCare merupakan inisiatif Tokocrypto dalam ranah corporate social responsibility (CSR) yang mengusung KolaborAKSI (berkolaborasi dan beraksi). Melalui TokoCare, Tokocrypto menjalankan berbagai program CSR bersama dengan mitra untuk menanggulangi isu sosial.

TokoCare telah berpartisipasi dalam berbagai inisiatif sosial, termasuk selama krisis tabung oksigen COVID-19 pada Agustus 2021. TokoCare membantu distribusi tabung oksigen ke rumah sakit di beberapa daerah, serta upaya penggalangan dana sebagai bagian dari inisiatif OxygenForIndonesia melalui lelang NFT yang menghasilkan 222 Ethereum (ETH) setara dengan $700.000 dalam waktu kurang dari 4 jam.

Kriptoversity[sunting | sunting sumber]

Logo Kriptoversity

Tokocrypto menghadirkan Kriptoversity, aplikasi edukasi tentang aset kripto dan ekosistem blockchain yang dapat diakses dengan mudah kapan saja dan di mana saja.[14] Aplikasi Kriptoversity tersedia gratis di Google Play Store dan Apple Apps Store.

Para pengguna Kriptoversity dapat memilih topik yang ingin dipelajari, mulai dari pengenalan terhadap teknologi blockchain, praktik blockchain, peer-to-peer (P2P), hingga tentang proyek-proyek token/koin kripto.


T-Hub[sunting | sunting sumber]

Logo T-Hub by Tokocrypto

T-Hub adalah inisiatif Tokocrypto dalam menghadirkan 'rumah' yang terbuka bagi para antusias serta komunitas untuk memberdayakan sistem finansial dan investasi yang inklusif di Indonesia. T-Hub hadir sebagai sarana bagi masyarakat untuk belajar, berinteraksi, berinovasi dan berkolaborasi antar komunitas serta memahami lebih dalam mengenai teknologi blockchain dan juga aset kripto.

Dibangun di Jakarta, Bali[15] dan akan hadir di berbagai kota lainnya di Indonesia, T-Hub bertujuan untuk mengakomodir dan memberikan pengalaman baru bagi masyarakat melalui pengaplikasian teknologi blockchain dari segala aspek.

TKO[sunting | sunting sumber]

Logo TKO by Tokocrypto

TKO adalah token aset kripto utilitas yang dibuat oleh Tokocrypto. TKO merupakan proyek kripto lokal Indonesia pertama yang beroperasi berdasarkan model token hybrid unik yang menggabungkan utilitas Centralized Finance (CeFi) dan Decentralized Finance (DeFi).

Proyeksi TKO adalah menjadi BNB Indonesia. TKO akan menjadi jembatan yang menghubungkan antara penduduk Indonesia dengan dunia secara finansial. Utilitas TKO sebagai pusat dari TokoVerse, ekosistem blockchain yang dibangun oleh Tokocrypto, seperti: TokoLabs, TokoCare, T-Hub, TokoMall, TokoScholars dan lainnya.

TokoNews[sunting | sunting sumber]

Logo TokoNews

TokoNews adalah platform portal berita agregator terkait blockchain dan aset kripto. TokoNews hadirkan berbagai berita terbaru dalam maupun luar negeri, serta update terkini terkait Tokocrypto.[16]


TokoLabs[sunting | sunting sumber]

TokoLabs diluncurkan oleh Tokocrypto untuk mendukung proyek dan startup blockchain tumbuh dengan dukungan teknologi, akses ke jaringan dan kesempatan pendanaan melalui program inkubasi dan akselerasi mutakhir yang melibatkan berbagai tokoh-tokoh blockchain internasional.

TokoLabs telah sukses menginkubasi puluhan proyek dan startup blockchain dan kini bekerja sama dengan BRI Ventures melalui Tokocrypto Sembrani Blockchain Accelerator (TSBA) untuk membawa proyek blockchain Indonesia ke panggung dunia, dan mendorong percepatan adopsi tekonologi blockchain yang bermanfaat.[17]

TokoScholars[sunting | sunting sumber]

TokoScholars merupakan salah satu inisiatif dari Tokocrypto dalam memberikan edukasi terkait kripto dan teknologi blockchain dengan tujuan untuk meningkatkan pertumbuhan market dan literasi kripto di Indonesia. TokoScholars juga telah bekerja sama dengan program Kampus Merdeka untuk mengakomodasi inisiatif peningkatan kapasitas dan pelatihan di tempat kerja bagi mahasiswa Indonesia.

TokoScholars juga menjalin kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi di Indonesia, seperti Telkom University[18] dan Universitas Gadjah Mada (UGM) untuk mendirikan pusat inovasi blockchain dan aset kripto

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Tokocrypto secures investment from Binance Thejakartapost.com
  2. ^ "Rantai blok". Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. 2022-02-13. 
  3. ^ Aset Kripto (Cryptocurrency) Diarsipkan 2020-08-08 di Wayback Machine. Tcdx.id
  4. ^ Kurniawan, Rina (2021-08-19). "Tokocrypto Agresif Dukung Pengembangan Industri Digital Kreatif di Indonesia melalui NFT Marketplace, TokoMall". Tokocrypto News (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-02-22. 
  5. ^ antaranews.com (2021-10-20). "TokoCare rampungkan program "Lelang Kebaikan"". Antara News. Diakses tanggal 2022-02-22. 
  6. ^ a b c Kembangkan Bisnis di Indonesia, Tokocrypto Dapat Suntikan Dana dari Binance Jpnn.com
  7. ^ Exchange Kripto Terkemuka di Asia Tenggara Diarsipkan 2020-08-08 di Wayback Machine. Tcdx.id
  8. ^ Binance dan Tokocrypto Perdagangkan Aset Kripto Berbasis Rupiah Kompas.com
  9. ^ Tokocrypto, platform exchange kripto teranyar resmi meluncur di Indonesia Kontan.co.id
  10. ^ "Hai Pemula, Kenalan Yuk dengan Aset Kripto". investor.id. Diakses tanggal 2022-03-04. 
  11. ^ Mediatama, Grahanusa (2020-06-12). "Tokocrypto 2.0 resmi meluncur, ini 4 kelebihannya". kontan.co.id. Diakses tanggal 2022-02-27. 
  12. ^ "Wow, Nilai Perdagangan Harian Aset Kripto di Tokocrypto Melesat 754% di 2021". investor.id. Diakses tanggal 2022-02-27. 
  13. ^ Tokocrypto. "Tokoscape - Ekosistem Blockchain Indonesia". www.tokoscape.com. Diakses tanggal 2022-02-27. 
  14. ^ "Kriptoversity Jadi Sarana Tokocrypto Tingkatkan Edukasi Kripto dan Blockchain". Republika Online. 2022-02-18. Diakses tanggal 2022-02-27. 
  15. ^ Mediatama, Grahanusa (2022-01-21). "Tokocrypto Luncurkan T-Hub Bali Guna Kembangkan Komunitas dan Potensi Kripto di Bali". kontan.co.id. Diakses tanggal 2022-02-27. 
  16. ^ "Home Tokonews | Tokocrypto Blog". Tokocrypto News (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-02-27. 
  17. ^ "TSBA || Tokocrypto Sembrani Blockchain Accelerator". tsba.tokolabs.io. Diakses tanggal 2022-02-27. 
  18. ^ Liputan6.com (2022-01-15). "Tokocrypto dan Telkom University Buka Pusat Inovasi Blockchain". liputan6.com. Diakses tanggal 2022-02-27. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]