1CAK

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
1CAK
1CAK-logo.png
URL http://1cak.com/
Slogan For Fun Only!
Jenis situs situs hiburan
Pendaftaran Opsional
Pemilik Aji Ramadhan [1][2]
Diluncurkan 17 Februari 2012[1]
Peringkat Alexa 11.890 (Maret 2015)

1CAK adalah situs hiburan yang menyediakan gambar dan video yang diunggah penggunanya. Situs ini juga dikenal sebagai penyedia hiburan lewat meme internet. Layaknya situs-situs hiburan lain, seperti Digg, 9gag, pinterest, faceboring dan reddit, pengguna 1CAK dapat memilih dan mengomentari gambar. Gambar yang sedang populer muncul di beranda situs.

1CAK didirikan oleh Aji Ramadhan pada 17 Februari 2012 dengan nama 1CUK. Situs ini terinspirasi dari 9gag, sebuah situs hiburan dan media sosial sejenis yang berbahasa Inggris dan didirikan tahun 2008.[3] Meskipun demikian, situs ini tidak persis 9gag, bahkan ada meme lokal Indonesia yang digunakan.[3] Aji merasa nama domainnya (1CUK) dapat dibaca 'wancuk' (one-cuk), mirip jancuk, suatu ungkapan kasar dalam bahasa Jawa.[2] Maka dari itu, ia menggantinya menjadi 1CAK sejak 30 September 2012.[1] Sejauh ini, 1CAK hanya menggunakan Google Adsense dan Tribal Fusion untuk menghidupi keuangan situs.[2] 1CAK juga sudah merilis aplikasi mobile-nya untuk Android yang bisa diunduh di Google Play.[2]

Penggunaan[sunting | sunting sumber]

1CAK mengijinkan para anggotanya untuk dapat meng-upload media visual yang ingin mereka bagikan kepada dunia. Selanjutnya, media visual yang mereka upload akan di vote oleh para user lain dengan menekan tombol 'fun' yang berlambangkan ikon smile dan ikon sad. Ikon smile digunakan untuk menyukai media visual yang telah di upload, sedangkan ikon sad untuk menyatakan tidak suka kepada media visual yang ada. Selanjutnya, media visual yang telah diunggah akan masuk ke halaman vote terlebih dahulu, lalu jika media visual tersebut mendapatkan lebih banyak vote di ikon smile daripada vote di ikon sad, maka media visual tersebut akan masuk ke halaman trending, dan setelah melalui proses vote di halaman trending jika media visual tersebut mendapatkan banyak vote di ikon smile, maka media visual akan masuk ke halaman hot, yang merupakan halaman di mana tempat media visual yang paling banyak mendapatkan vote smile terkumpul. Bagi para 1CAK-ers, adalah suatu kebanggaan tersendiri jika media visual yang mereka unggah masuk ke halaman hot.

1CAK memiliki fasilitas keyboard shortcuts yang memudahkan para pengguna dan pengunjungnya yang menggunakan alat elektronik seperti komputer atau laptop untuk memberikan komentar, memberikan vote, dan melihat media visual. [8] Keyboard shortcuts yang disediakan oleh 1CAK adalah:

  1. J : untuk melihat media visual selanjutnya.
  2. K : untuk melihat media visual sebelumnya. 
  3. L : untuk Like atau memberikan vote baik terhadap suatu media visual yang tersedia.

1CAK memiliki restriksi umur terhadap media visual yang bertandakan NSFW (not safe for work) [9] yang dapat diartikan sebagai media visual yang tidak ditunjukkan bagi anak di bawah umur karena kemungkinan dalam media visual tersebut terkandung unsur pelecehan seksual atau unsur kekerasan. Untuk melihat isi dari media visual yang tersensor oleh tanda NSFW, para pengguna atau para pengunjung 1CAK harus log in terlebih dahulu. Untuk menjadi anggota di 1CAK, berkomentar, dan menyukai media visual yang ada, cukup log in dengan menggunakan akun Facebook atau sign up menggunakan alamat e-mail.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Panji, Aditya. "1Cak.com, Lelucon ala 9gag untuk Indonesia". Kompas.com. Diakses tanggal 22 Desember 2012. 
  2. ^ a b c d Lukman, Enricko. TechInAsia "9Gag, Meet 1Cak, Your Indonesian Partner in LOLs". Tech in Asia. Diakses tanggal 22 Desember 2012. 
  3. ^ a b Kartika H., Bambang. "1CAK.com, Situs Humor Ala Indonesia". CHIP Online. Diakses tanggal 22 Desember 2012. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]