Traveloka

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Traveloka.com
PT Trinusa Travelindo
Traveloka Primary Logo.png
Jenis situs
Pemesanan tiket pesawat dan hotel online
Bahasa Indonesia, Inggris, Thai, Melayu, Vietnam
Markas Jakarta, Indonesia
Wilayah operasi
Tokoh penting Derianto Kusuma, Ferry Unardi, Albert
Sektor Perdagangan elektronik, Agen perjalanan online
Karyawan 400 lebih (tengah 2015)
Slogan Traveloka Dulu, _______ Kemudian
Situs web www.traveloka.com
Peringkat Alexa 110 Indonesia, 4286 global (April 2017)
Diluncurkan Februari 2012
Status Aktif

Traveloka adalah perusahaan yang menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat dan hotel secara daring dengan fokus perjalanan domestik di Indonesia. Traveloka memiliki basis operasional di Jakarta.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Perusahaan didirikan pada tahun 2012[1] oleh Ferry Unardi, Derianto Kusuma, dan Albert [2].

Ide ini muncul disaat Ferry Unardi sering mengalami kesulitan dalam pemesanan pesawat, terutama disaat dia ingin pulang ke Padang, Indonesia, dari Amerika Serikat.[3]

Pada awal konsepnya Traveloka berfungsi sebagai mesin pencari untuk membandingkan harga tiket pesawat dari berbagai situs lainnya. Pada pertengahan tahun 2013 Traveloka kemudian berubah menjadi situs reservasi tiket pesawat[4] di mana pengguna dapat melakukan pemesanan di situs resminya. Pada bulan Maret 2014, Ferry Unardi menyatakan bahwa Traveloka akan segera masuk ke bisnis reservasi kamar hotel[5]. Pada bulan Juli 2014, jasa pemesanan hotel telah tersedia di situs Traveloka.

Investasi[sunting | sunting sumber]

Pada bulan November 2012 perusahaan Traveloka mengumumkan investasi tahap awal oleh East Venture[6]. Pada bulan September 2013 perusahaan Traveloka mengumumkan investasi seri A oleh Global Founders Capital[7]. Dana dari investasi digunakan untuk membangun layanan baru seperti pemesanan hotel dan paket wisata.

Tim[sunting | sunting sumber]

Para pendiri Traveloka adalah para praktisi teknologi informasi yang kembali dari Amerika Serikat ke Indonesia antara lain

Pada awal 2015, dilaporkan tim Traveloka terdiri dari lebih dari 50 orang. Penggagas KawalPemilu.org, Ainun Najib juga bergabung[8].

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]