Biro perjalanan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Agen perjalanan)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Sebuah biro perjalanan di Luksemburg

Biro perjalanan adalah suatu usaha yang menyediakan jasa perencanaan perjalanan wisata dan penyelenggaraan wisata, termasuk seperti pemesanan tiket, akomodasi, serta pengurusan dokumen perjalanan. Biro perjalanan merupakan suatu usaha yang komersial yang dapat berbentuk badan usaha milik daerah, perseroan terbatas atau koperasi.[1]

Jenis[sunting | sunting sumber]

Biro perjalanan dapat dibagi menjadi tiga, yaitu:[2]

Biro perjalanan wisata[sunting | sunting sumber]

Jenis biro perjalanan yang paling umum, biasanya menyediakan paket wisata dan aktivitas wisata singkat seperti berkeliling kota.

Biro perjalanan bisnis[sunting | sunting sumber]

Biro perjalanan bisnis berfokus pada perjalanan yang berhubungan dengan urusan bisnis, seperti rapat, konferensi, pameran atau yang biasa disebut Pariwisata MICE (Meeting, Insentif, Conference, dan Exhibition).

Biro perjalanan khusus[sunting | sunting sumber]

Biro perjalanan khusus menawarkan layanan yang lebih sedikit daripada jenis biro perjalanan lainnya. Biro ini berfokus pada kegiatan wisata tertentu dengan dukungan pegawai yang memahami seluk-beluk bidang pariwisatanya atau keadaan geografis suatu tempat wisata. Wisata yang ditawarkan biro perjalanan ini bisa berupa wisata petualangan, wisata kesehatan atau wisata agama.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Pengantar pariwisata. Grasindo. ISBN 978-979-081-069-3. 
  2. ^ Asmoro, Agung Yoga (2020-12-10). Manajemen Usaha Perjalanan Wisata. Madza Media. ISBN 978-623-6693-56-8.