Ananda Sukarlan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Ananda Sukarlan

Ananda Sukarlan (lahir di Jakarta, 10 Juni 1968; umur 47 tahun) adalah pianis asal Indonesia yang menetap di Spanyol. Namanya lebih dikenal di kalangan musik klasik. Ia menjadi satu-satunya orang Indonesia dalam buku "The 2000 Outstanding Musicians of the 20th Century", yang berisikan riwayat hidup 2000 orang yang dianggap berdedikasi pada dunia musik.

Riwayat hidup[sunting | sunting sumber]

Ananda telah belajar bermain piano sejak kecil. Selulusnya dari SMA Kolese Kanisius Jakarta pada tahun 1986, ia belajar ke Amerika Serikat, dilanjutkan ke Den Haag, Belanda. Di tempat terakhir ini ia meraih master dengan predikat summa cum laude. Kesempatan bersekolah di Eropa ini dipakainya untuk mengikuti berbagai kompetisi piano internasional.

Saat ini Andy, begitu ia disapa, sering diundang atau terlibat dalam konser simfoni orkestra di Eropa atau bermain tunggal. Ia menyebut dirinya bermain dengan genre "musik sastra", bukan musik klasik. Dalam setahun ia dapat mengadakan pertunjukan 60 - 80 kali (5-7 kali per bulan). Di indonesia sendiri ananda kerap membuat komposisi dari beberapa puisi milik penyair kenamaan indosesia yang kemudian di tampilkan dalam sebuah konser yang Ia buat bersama beberapa pemain pendukung. Disinilah mengapa ia menyebut genrenya dengan "musik sastra"

Putra pasangan Letkol. Sukarlan dan Poppy Kumudastuti ini menikah dengan Raquel Gómez asal Spanyol dan memiliki seorang putri.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]