Hari Ini Pasti Menang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Hari Ini Pasti Menang
Poster-teaser-wiki.jpg
SutradaraAndibachtiar Yusuf[1]
Produser
Penulis
Penulis ceritaAndibachtiar Yusuf
PemeranZendhy Zain
Ario Prabowo
Ibnu Jamil
Tika Putri
Mathias Muchus
Ray Sahetapy
Deddy Mahendra Desta
DistributorBogalakon Pictures
Tanggal rilis
11 April 2013
Durasi126 menit
Negara
Bahasa

Hari Ini Pasti Menang adalah sebuah film Indonesia yang diproduksi pada Maret 2012 oleh Bogalakon Pictures.[2] Film ini diadaptasikan ke dalam novel karya Estu Ernesto berjudul Menerjang Batas.[3] Film ini bercerita tentang dunia pemain sepak bolaan nasional yang dilanda skandal, pengaturan skor, dan pengaruh mafia.

Sebelumnya, film ini direncanakan siap tayang pada akhir tahun 2012. Namun karena mendapat beberapa kendala, akhirnya rumah produksi Bogolakon Pictures baru bisa merilisnya pada bulan April 2013.[4] Awalnya film ini diberi judul Gabriel Omar 8 (GO8), tetapi ada pertimbangan lain sehingga judul film diganti.[5] Hari Ini Pasti Menang merupakan film fiksi panjang kedua Andibachtiar Yusuf yang mengangkat tema sepak bola setelah Romeo Juliet.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Film ini mengambil latar alternatif dimana pemain sepak bolaan negeri terbilang sukses dan cukup bersaing di kancah internasional.

Gabriel Omar Baskoro adalah penyerang klub Jakarta Metropolitan yang berkompetisi di Liga Utama Indonesia dan tim nasional sepak bola Indonesia. Bersamanya, Indonesia berhasil lolos untuk kedua kalinya (setelah Piala Dunia 1938 di Prancis sebagai Hindia Belanda) ke putaran final Piala Dunia di Brasil dan lolos sampai ke babak perempat final

Sekembalinya ke Indonesia, kehidupan Gabriel terombang-ambing antara kemuliaan dan integritas. Desas-desus mengatakan bahwa keberhasilan Gabriel didukung oleh kelompok mafia kejam Indonesia. Gabriel harus memilih untuk hidup dengan pelatih ambisius atau dengan ayahnya. Setiap pilihan memiliki konsekuensinya sendiri. Sementara itu, Andini, seorang jurnalis khusus olahraga melakukan investigasi tentang pengaruh mafia di sepak bola Indonesia. Penyelidikan Andini ini mengarah ke nama Gabriel di antara banyak nama lainnya. Apa yang sebenarnya terjadi pada Gabriel Omar Baskoro, pahlawan nyata dari sepak bola Indonesia, terungkap selama investigasi Andini itu.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Film ini dibintangi beberapa aktor dan aktris terkenal Indonesia,[6] seperti:

Film ini juga dibintangi oleh beberapa pemain bola profesional Indonesia,[11] antara lain:

Lagu[sunting | sunting sumber]

Lagu dari boyband XO-IX, yang berjudul Xtraordinary dipastikan menjadi lagu tema film ini.[12] Lagu ini merupakan singel ketiga grup tersebut.

Penghargaan dan Nominasi[sunting | sunting sumber]

Tahun Penghargaan Kategori Penerima Hasil
2013 Piala Maya Film Cerita Panjang Terpilih Mega Setiawati Widjaja dan Andibachtiar Yusuf Nominasi
Skenario Asli Terpilih Swastika Nohara dan Andibachtiar Yusuf Menang
Aktor Pendukung Terpilih Mathias Muchus Nominasi
Aktor Pendatang Baru Terpilih Zendhy Zain Nominasi
Tata Suara Terpilih Khikmawan Santosa Menang
Tata Musik Terpilih Ananda Sukarlan Nominasi
Tata Efek Khusus Terpilih Mahadhika Caesar, Rivai Chen, Revi M. Nominasi

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]