CrowdVoice

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
CrowdVoice
Logo CrowdVoice.png
Tampilan web crowdvoice.jpg
Halaman utama web CrowdVoice.com
Jenis situs
Media sosial
Forum internet
Layanan jejaring sosial
Bahasa Indonesia
Pemilik Gani Software Pty Ltd
Pencipta Jonni Gani
Hendrik Gani
Situs web id.crowdvoice.com
Daftar akun Gratis
Status Aktif

CrowdVoice atau CV (sebelumnya bernama TheCrowdVoice atau TCV) adalah sebuah platform yang menyediakan layanan sebagai tempat berkumpulnya berbagai macam komunitas online [1]. CrowdVoice bisa diakses oleh penggunanya melalui website, serta aplikasi di Blackberry dan Android.

Contoh tampilan aplikasi CrowdVoice di Android. (versi ad-2.2.0)

CrowdVoice dikembangkan oleh Gani Software Pty Ltd, dan dimiliki oleh kakak beradik asal Indonesia, Jonni Gani dan Hendrik Gani, yang berdomisili di Australia. Pada Desember 2011, CrowdVoice (saat itu masih bernama TheCrowdVoice) sempat memenangkan award Australian BlackBerry Developer Challenge sebagai 'Aplikasi terbaik yang menghubungkan pemakainya' [2][3].

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Website[sunting | sunting sumber]

Pada 1 April 2011, CrowdVoice membeli domain thecrowdvoice.com. Tapi kemudian pada 2015 diganti menjadi crowdvoice.com, menghilangkan kata 'the' di depan.

Aplikasi[sunting | sunting sumber]

Selain bisa diakses melalui website, CrowdVoice juga bisa diakses melalui aplikasi untuk perangkat yang menggunakan sistem operasi Android dan Blackberry. Seluruh fitur yang ada di website, juga tersedia di aplikasinya.

Di Google Play Store, aplikasi CrowdVoice mendapatkan rating 4,6 dan telah diunduh oleh lebih dari 10.000 pengguna Android [4]. Sedangkan di Blackberry, aplikasinya telah diunduh lebih dari 200.000 pengguna [5].

Pada 2016, aplikasi CrowdVoice di Android melepaskan status beta dan telah menyesuaikan standard Material Design yang diset oleh Google Play Store.

Perubahan Nama dan Konsep[sunting | sunting sumber]

Awalnya, CrowdVoice seperti gabungan antara konsep jejaring sosial dengan model diskusi seperti forum internet [6]. Penggunanya bisa berinteraksi dalam komunitas sesuai ketertarikannya masing-masing, tetapi tidak ada konsep add atau follow teman.

Pada awal tahun 2015, nama TheCrowdVoice (TCV) diganti menjadi CrowdVoice (CV). Selain mengganti nama domain yang digunakan, juga terjadi pembaruan dari segi fitur, tampilan, serta antarmuka pengguna. Dalam perubahan ini, CrowdVoice mulai fokus dikembangkan sebagai sebuah platform komunitas online.

Sebelumnya, banyak yang sulit mengkategorikan apakah CrowdVoice termasuk ke dalam jenis Layanan jejaring sosial, forum internet, atau situs berita sosial. Dalam reviewnya, situs DailySocial bahkan sempat menyebut CrowdVoice sebagai 'Mobile Forum dengan Rasa Social Bookmarking' [7].

Terminologi[sunting | sunting sumber]

Istilah Arti
Bees/Lebah Panggilan untuk pengguna CrowdVoice. Istilah ini muncul karena CrowdVoice menggunakan lebah sebagai maskotnya.
Vote Up Istilah yang diberikan saat memberikan sebuah vote terhadap post tertentu.
OOT Kependekan dari Out of Topic. Istilah yang merujuk pada diskusi yang sudah jauh melenceng jauh dari topik. Biasanya berisi candaan antar pengguna.
Nopung Kependekan dari nomor punggung. Sebelumnya, setiap pengguna CrowdVoice mendapatkan nomor urut registrasi yang disebut nopung. Hal ini dihentikan setelah pengguna mencapai jumlah 80 ribu-an.
Kobar Kependekan dari kopdar akbar. Event yang biasanya diadakan pengguna CrowdVoice setiap setahun sekali.
Poster Pengguna CrowdVoice yang membuat sebuah post.
Sarang Istilah untuk menyebut komunitas yang dibentuk di CrowdVoice.
Ketua Sarang Pengguna yang membuat dan menjadi ketua di sebuah komunitas, sering disingkat menjadi KS.
Sesepuh Sarang Pengguna senior yang ditunjuk oleh KS untuk membantu mengurus sebuah komunitas.
Dedengkot Sarang Pengguna yang menjadi pengurus sebuah komunitas, sering disingkat menjadi DS. DS terdiri dari Ketua Sarang dan Sesepuh Sarang.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]