Bosbis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Bosbis.com, PT Media Baru Digital
Jenis situs
Pemesanan tiket bus, travel & shuttle daring
Bahasa Indonesia, Inggris
Markas Jakarta, Indonesia
Wilayah operasi
Tokoh penting Nucky P Djatmiko, Irvan Fauzian, Dedy Ismanto, Dudun Anugerah Wadi, M. Budi Santoso
Sektor Perdagangan elektronik, Agen perjalanan online
Karyawan 30 lebih (akhir 2016)
Situs web www.bosbis.com
Diluncurkan September 2015
Status Aktif

Bosbis.com adalah situs web yang menyediakan layanan pemesanan tiket bus, travel dan shuttle online yang berbasis di Jakarta, Indonesia. Bosbis dibentuk pada bulan September, 2015.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Bosbis.com didirikan oleh Nucky P Djatmiko, Irvan Fauzian, Dedy Ismanto, Dudun Anugerah, dan M. Budi Santoso pada bulan September 2015. Pada awal berdirinya, Dudun Anugerah, Irvan Fauzian dan M. Budi Santoso mengajak Nucky P Djatmiko dan Dedy Ismanto untuk membuat portal pemesanan tiket bus online[1] .

Diluncurkan awal September 2015, BosBis menyasar sektor yang belum ramai, yakni layanan booking tiket bus online. Melalui platform BosBis, pengguna bisa memesan tiket bus ke berbagai kota di Indonesia utamanya untuk rute Jawa, Bali, Sumatera, dan Kalimantan. Selain bus, pengguna juga bisa memesan tiket untuk shuttle dan travel.[2][3]

Bosbis.com bekerja sama dengan berbagai operator bus, travel, dan shuttle dari berbagai daerah di Indonesia dan telah memiliki lebih dari 1000 keberangkatan setiap hari nya . Bosbis juga meluncurkan aplikasi mobile di google play store untuk memungkinkan pengguna menikmati layanan Bosbis kapan saja dan dimana saja [4][5]

Kerjasama[sunting | sunting sumber]

Saat ini bosbis sudah bekerjasama secara resmi dengan banyak operator bus, travel, dan shuttle yang sudah dikenal masyarakat di antaranya:

PO. Haryanto
PO. Pahala Kencana
PO. Rosalia Indah
PO. Harapan Jaya
PO. Safari Dharma Raya
PO. Lorena
PO. Gunung Harta
Ladju Trans
PO. Bandung Express
PO. Kramat Djati
XTrans
PO. PuspaSari
PO. Banyumili
PO. Garuda Mas
PO. Gunung Mulia
PO. Handoyo
PO. Jaya Utama
PO. Sindoro Satriamas
PO. Menggala
PO. Sedya Mulya
PO. Sugeng Rahayu
PO. Wisata Komodo
PO. ALS
PO. Tunggal Dara
PO. Indonesia
PO. Malino Putra
PO. Ramayana
PO. Restu Mulya
PO. Gajah Mungkur
PO. Harum Prima

Metode Pembayaran[sunting | sunting sumber]

Sistem pembayaran di Bosbis.com dapat menggunakan 5 metode yaitu dengan Transfer Bank, Virtual Account, Kartu Kredit, Online Payment, dan Melalui AlfaMart Group. Untuk Transfer Bank bisa lewat BCA, Bank Mandiri, BRI, BNI, dan CIMB Niaga. Untuk Online Payment bisa BCA KlikPay, Mandiri ClickPay, BRI E-Pay, CIMB Clicks, dan Doku Wallet.

E-Tiket[sunting | sunting sumber]

Bosbis.com memberlakukan e-tiket sebagai bukti pemesanan tiket. Bagi calon penumpang yang sudah memilih operator, tujuan, dan tanggal keberangkatan diharuskan melakukan pembayaran ke salah satu dari beberapa metode pembayaran yang tersedia. Setelah melakukan konfirmasi pembayaran, bosbis akan mengirim e-tiket ke email calon penumpang. Calon penumpang tinggal menunjukkan e-tiket ini ke pihak operator/agen bus dan bisa berangkat tanpa kendala.

Keamanan Transaksi[sunting | sunting sumber]

Bosbis.com menggunakan keamanan berstandar perbankan dengan menggunakan Secure Socket Layer (SSL) enskripsi data dan juga 3D Secure untuk fraud protection sehingga menjamin para calon penumpang dalam melakukan pembayaran terutama yang menggunakan kartu kredit.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Bosbis Utamakan Kemudahan Pembelian Tiket Bus | Dailysocial". dailysocial.id. Diakses tanggal 2016-11-18. 
  2. ^ "Tech in Asia Indonesia - Komunitas Online Startup di Asia". id.techinasia.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2016-11-18. 
  3. ^ http://aitinesia.com/bosbis-aplikasi-pemesanan-tiket-bus/
  4. ^ DIGITAL, PT. MEDIA BARU. "Bosbis - beli tiket bus online 1.2 - JalanTikus.com". JalanTikus. Diakses tanggal 2016-11-18. 
  5. ^ http://www.rancahpost.co.id/20160453209/bosbis-luncurkan-android-app-untuk-semakin-memudahkan-pengguna/

Pranala luar[sunting | sunting sumber]