Universitas Telkom

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Telkom University
Lambang Telkom University
Moto Creating the Future
(Latin: Partum in Futuro)
Moto dalam bahasa Indonesia Menciptakan Masa Depan
Didirikan 1990 (sebagai STT Telkom dan MBA Bandung)
2013 (sebagai Telkom University)[1]
Jenis Perguruan Tinggi Swasta
Rektor Prof. Ir. Mochamad Ashari, M.Eng., Ph.D. (2013-2018)
Staf akademik 663 (2014)
Staf administratif 400 (2014)
Jumlah mahasiswa 20.000 (2014)
Lokasi Bandung, Jawa Barat, Indonesia Bendera Indonesia
6°58′26,6″LU 107°37′49,3″BT / 6,96667°LS 107,61667°BT / -6.96667; 107.61667
Kampus Sub Urban, 48 Ha
Warna Merah Marun     
Julukan Tel-U
Afiliasi YPT, PT. Telkom Indonesia
Situs web www.telkomuniversity.ac.id

Universitas Telkom, atau disingkat Tel-U (/ˈtɛ[unsupported input]juː/), adalah sebuah perguruan tinggi swasta di Indonesia. Kampus utama Tel-U terletak di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, tepatnya di Jalan Telekomunikasi - Terusan Buahbatu, di kawasan Bandung Technoplex (BT-Plex). Kampus lainnya berlokasi di daerah Gegerkalong Hilir, sebelah utara Kota Bandung, di kompleks perkantoran PT. Telkom (Telkom Innovation and Development Center dan Telkom Corporate University/Telkom Training Center).

Telkom University merupakan penggabungan dari empat institusi yang berada di bawah badan penyelenggara Yayasan Pendidikan Telkom (YPT), yaitu Institut Teknologi Telkom (IT Telkom), Institut Manajemen Telkom (IM Telkom), Politeknik Telkom, dan Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Telkom (STISI Telkom).

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sejarah Telkom University[sunting | sunting sumber]

Ir. Cacuk Sudarijanto
(29 Januari 1948 – 10 Juni 2004),
Direktur Utama PT. Telekomunikasi Indonesia 1988-1992

Telkom University berdiri pada tanggal 14 Agustus 2013 berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud Nomor 309/E/0/2013. Universitas Telkom adalah Perguruan Tinggi Swasta yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Telkom, merupakan penggabungan dari empat Perguruan Tinggi Swasta, yaitu Institut Teknologi Telkom (IT Telkom), Institut Manajemen Telkom (IM Telkom), Politeknik Telkom, dan Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Telkom (STISI Telkom).

Institut Teknologi Telkom sebelumnya adalah Sekolah Tinggi Teknologi Telkom (STT Telkom). Institut Manajemen Telkom sebelumnya adalah Sekolah Tinggi Manajemen dan Bisnis Telkom (STMB Telkom). STT Telkom dan STMB Telkom didirikan pada tahun 1990 atas prakarsa PT. Telkom yang saat itu dipimpin oleh Direktur Utama Ir. Cacuk Sudarijanto. Kedua sekolah tinggi tersebut merupakan perguruan tinggi pertama di Indonesia yang memiliki kekhususan pendidikan dalam bidang industri pertelekomunikasian serta teknologi informasi.

Kampus Telkom University bertempat di kawasan Bandung Technoplex. Kampus tersebut merupakan pengembangan kampus STT Telkom yang diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Soeharto pada tahun 24 Maret 1994. Pada masa lalu, kawasan tersebut merupakan lokasi penempatan stasiun pemancar radio tertua kedua di Indonesia milik Pemerintah Kolonial Belanda, yang kemudian ikut mengumandangkan berita Proklamasi Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 1945 ke berbagai penjuru dunia. Nilai sejarah dan karya-karya Tridharma yang telah dihasilkan oleh kampus-kampus sebelumnya akan menginspirasi Telkom University untuk berkembang terus menjadi kampus kebangsaan dan sekaligus kampus dunia (World Class University) yang akan selalu menciptakan masa depan (Creating the Future) melalui pengembangan cross-culture academic atmosphere dan global academia. Nick name (julukan) Tel-U dan moto Creating the Future merupakan gagasan yang diberikan oleh Dr. Ir. Arief Yahya, M.Sc., Direktur Utama/CEO PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk pada saat Telkom University didirikan sebagai penggabungan IT Telkom, IM Telkom, Politeknik Telkom, dan STISI Telkom.

Sebelum bergabung menjadi Telkom University, keempat kampus masing-masing Institut Teknologi Telkom, Institut Manajemen Telkom, Politeknik Telkom, dan Sekolah Tinggi Seni dan Desain Indonesia Telkom telah menghasilkan karya-karya Tridharma Perguruan Tinggi yang berkontribusi besar dalam bingkai sejarah Pendidikan Tinggi di Indonesia. Dengan penggabungan menjadi satu perguruan tinggi Telkom University, maka seluruh kekuatan yang dimiliki oleh keempat kampus akan menjadi suatu sinergi kekuatan yang dapat menghasilkan karya-karya Tridharma lebih besar bagi peningkatan daya saing bangsa dalam menghadapi globalisasi melalui penyelenggaraan dan pengembangan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat pada berbagai rumpun keilmuan dengan penguatan kekhasan pada bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Melalui penggabungan tersebut, Telkom University juga semakin meningkatkan peran strategisnya dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi yang mampu mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni serta menghasilkan intelektual, ilmuwan, dan/atau profesional yang berbudaya dan kreatif, toleran, berkarakter tangguh, dan berani menegakkan kebenaran untuk kepentingan nasional, dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, serta memajukan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dengan memperhatikan dan menerapkan nilai-nilai humaniora serta pembudayaan dan pemberdayaan bangsa Indonesia yang berkelanjutan.

Untuk mencapai visi dan menjalankan misinya, Telkom University harus menunaikan amanah dengan memegang teguh nilai-nilai inti yang diyakininya dalam penyelenggaraan Tridharma secara bertanggungjawab, mandiri, berintegritas tinggi serta memegang prinsip-prinsip Tatakelola Universitas Yang Baik (Good University Governance), dengan memperhatikan aspek pertumbuhan, keselarasan, pemerataan dan keterjangkauan, sehingga pada masyarakat luas bertumbuh rasa memiliki yang tinggi terhadap Universitas Telkom.

Hari Sabtu 31 Agustus 2013 menjadi momen bersejarah bagi sivitas akademika Telkom University. Di hari tersebut, berlangsung perhelatan akbar grand launching peresmian Telkom University oleh Menteri Pendidikan Kebudayaan Republik Indonesia, Prof. Dr. Ir. Muhammad Nuh, DEA, di Telkom University Convention Hall, dengan menghadirkan rektor pertama Telkom University, yaitu Prof. Ir. Mochamad Ashari, M.Eng., Ph.D., Guru Besar Teknik Elektro Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

Rektor Telkom University (Tel-U):

  • Prof. Ir. Mochamad Ashari, M.Eng., Ph.D. (2013-2018)

Sejarah IT Telkom[sunting | sunting sumber]

Institut Teknologi Telkom (IT Telkom) - dahulu bernama STT Telkom - merupakan institusi pertama di Indonesia yang mengkhususkan program studinya pada bidang Information and Communications Technologies (ICT). IT Telkom diproyeksikan untuk menyiapkan tenaga-tenaga ahli di bidang ICT, yang terampil dan berwawasan bisnis, sebagai jawaban atas tuntutan perkembangan industri ICT yang begitu pesat.

Institut Teknologi Telkom (IT Telkom) pada awal berdirinya bernama Sekolah Tinggi Teknologi Telkom (STT Telkom). Pendirian STT Telkom diawali dari kesadaran Bapak Ir. Cacuk Sudarijanto yang pada tahun 1990, ketika itu menjabat sebagai Direktur Utama PT. Telkom, akan perkembangan pesat teknologi komunikasi dan informasi harus diimbangi dengan kesediaan sumber daya manusia yang mumpuni. Berangkat dari pandangan tersebut maka dia, yang oleh Pengamat Ekonomi disebut sebagai Bapak Transformasi Telkom, mendirikan STT Telkom. STT Telkom diresmikan berdirinya pada hari Jumat, 28 September 1990 di Gegerkalong Hilir Bandung oleh Menteri Pariwisata Pos dan Telekomunikasi waktu itu, Bapak Soesilo Soedarman. Sejak berdirinya, IT Telkom bernaung di bawah Yayasan Pendidikan Telkom (YPT).

Tujuan didirikannya kampus ini adalah untuk memenuhi sangat pesatnya kebutuhan akan ahli-ahli di industri telekomunikasi. PT Telkom sangat berkepentingan terhadap institusi ini, sehingga PT Telkom memberikan beasiswa penuh dan ikatan dinas kepada mahasiswa angkatan 1991 dan 1992. Adanya perubahan iklim industri telekomunikasi dan dengan dimulainya PT Telkom memasuki era go publik, maka program beasiswa dan ikatan dinas massal dihentikan dan selanjutnya STT Telkom menjadi perguruan tinggi yang mandiri.

Pada awal berdiri, kampus STT Telkom tersebar di tiga lokasi, yaitu Kampus-1 di Jalan Soekarno Hatta, Kampus-2 di Jalan Gegerkalong Hilir, dan Kampus-3 berada di Jalan Penghulu Haji Hasan Mustafa. Pada tahun 1993 STT Telkom memiliki kampus sendiri di Jalan Telekomunikasi Terusan Buahbatu (lokasi sekarang), dan setahun kemudian semua kegiatan belajar mengajar terpusat di kampus baru. Pada tahun itu pula Kampus STT Telkom diresmikan Presiden RI Bapak Soeharto pada tanggal 24 Maret 1994. Menempati lahan seluas 48 ha, kampus STT Telkom memiliki fasilitas penunjang pendidikan yang baik dengan penataan lingkungan yang asri, sehingga proses belajar mengajar berlangsung lebih kondusif.

STT Telkom meningkatkan bentuk organisasinya menjadi IT Telkom pada tanggal 20 November 2007. Dalam proses penggabungan menjadi Telkom University pada tahun 2013, IT Telkom ditransformasikan menjadi Fakultas Teknik (FT) atau Telkom Engineering School (TES). Selanjutnya pada tahun 2014 Fakultas Teknik dikembangkan menjadi tiga fakultas, yaitu: 1). Fakultas Teknik Elektro (FTE) atau School of Electrical Engineering (SEE), 2). Fakultas Rekayasa Industri (FRI) atau School of Industrial Engineering (SIE), dan 3). Fakultas Informatika (FIF) atau School of Computing (SC).

Ketua Sekolah Tinggi Teknologi Telkom (STT Telkom):

  • Dr. Ir. Bambang Hidayat, DEA (1990 - 1994)
  • Dr. Ir. Taufik Hasan, DEA (1994 - 1997)
  • Prof. Dr. Ir. Andi Hakim Nasution (alm) (1997 - 2001)
  • Ir. Harsono, M.Sc. (2002 - 2005)
  • Ir. Husni Amani, M.Sc., M.B.A. (2005 - 2007)

Rektor Institut Teknologi Telkom (IT Telkom):

  • Ir. Husni Amani, M.Sc., M.B.A. (2007 - 2010)
  • Ir. Ahmad Tri Hanuranto, M.T. (2010 - 2013)

Sejarah IM Telkom[sunting | sunting sumber]

Institut Manajemen Telkom (IM Telkom) telah memulai perjalanan sejak tahun 1990 dengan nama MBA-Bandung, kemudian pada tahun 1994 berubah nama menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Bandung (STMB), dan pada tahun 2004 kembali berganti nama menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Bisnis Telkom (STMB Telkom).Transformasi menjadi Institut Manajemen Telkom (IM Telkom) terjadi pada tahun 2008. Kampus pertama MBA-Bandung adalah Gedung H dan I Kompleks Pusdiklat Telkom yang berlokasi di Jalan Gegerkalong Hilir 47 Bandung.

MBA-Bandung adalah penyelenggara program Master in Business Administration pertama di Jawa Barat, mendahului program sejenis yang kemudian diselenggarakan oleh perguruan tinggi negeri di Bandung. Pada awal pendiriannya, MBA-Bandung mengadopsi secara utuh schooling system dari Asian Institute of Management (AIM) Philipines, yang pada saat itu dikenal sebagai Harvard Business School-nya Asia. Ketika didirikan, para profesor dari AIM mengajar dan membimbing penyelenggaraan program MBA sampai dengan tahun 1995. Dengan kondisi ini, pada tahun 1992 MBA Bandung berhasil masuk kedalam tujuh sekolah bisnis terbaik versi majalah SWA, bersama-sama dengan IPPM, IPMI, Prasetya Mulya, UI, dan ITB.

Merespon regulasi pemerintah mengenai penertiban penyelenggaraan program MBA di Indonesia, maka pada tahun 1994, MBA-Bandung mengubah bentuk organisasinya menjadi Sekolah Tinggi dengan nama Sekolah Tinggi Manajemen Bandung (STMB). Dengan status sekolah tinggi, STMB mengubah program MBAnya menjadi program Magister Manajemen (MM). Selain itu, STMB juga semakin meragamkan varian program MMnya, menjadi program MM Regular, MM Executive, dan MM Cooperative Education. Pada kesempatan akreditasi pertama yang diselenggarakan oleh pemerintah, program MM STMB memperoleh akreditasi A (Unggul).

Seiring perkembangan regulasi Pemerintah agar sekolah tinggi tidak hanya menyelenggarakan program pasca sarjana, ditambah dengan adanya keinginan dari Direksi PT.Telkom (pada saat itu dijabat oleh AA Nasution) agar STMB makin berkiprah dalam dunia pendidikan tinggi, pada tahun 1997 STMB menyelenggarakan program strata-1 (S-1/sarjana). Program studi yang dibuka di STMB pada saat itu adalah S-1 Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika (MBTI). Minat masyarakat terhadap program studi ini meningkat terus disertai dengan daya serap industri terhadap alumni STMB yang cukup tinggi. Pada kesempatan akreditasi oleh pemerintah pada tahun 2002, program S-1 MBTI STMB memperoleh akreditasi A.

Untuk memberikan identitas yang lebih kuat pada bidang keilmuan manajemen bisnis telekomunikasi, pada tahun 2004 STMB berubah nama menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Bisnis Telkom (STMB Telkom). Perubahan nama ini diikuti dengan peningkatan kapasitas penerimaan mahasiswa baru program S-1 MBTI, dalam rangka memenuhi permintaan pasar. Selain itu, program pasca sarjana juga menambah varian program dengan program MM Bisnis Telekomunikasi (MM Biztel).

Eksistensi STMB Telkom yang semakin kuat telah mendorong upaya transformasi STMB Telkom menjadi Institut Manajemen Telkom (IM Telkom) pada tahun 2008. Transformasi ini ditandai dengan bertambahnya program studi yang diselenggarakan oleh IM Telkom. Program studi baru yang diselenggarakan sejak tahun 2008 adalah program studi : S-1 Ilmu Komunikasi, S-1 Desain Komunikasi Visual, S-1 Akuntansi, S-1 Administrasi Niaga, D-3 Pemasaran. Transformasi ini selanjutnya diikuti dengan pengembangan fasilitas kampus, di mana pada awalnya hanya berlokasi di Kompleks Telkom Training Center Jalan Gegerkalong Hilir, selanjutnya diperluas dengan kampus Jalan Setiabudi. Kegiatan kampus di Jalan Setiabudi tidak dilanjutkan lagi setelah kepindahan ke Kampus BT-Plex.

Dalam proses penggabungan menjadi Telkom University pada tahun 2013, IM Telkom ditransformasikan menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) atau Telkom Economics and Business School (TEBS). Selanjutnya pada tahun 2014, Fakultas Ekonomi dan Bisnis dikembangkan menjadi dua fakultas, yaitu: 1). Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) atau School of Economics and Business (SEB), dan 2). Fakultas Komunikasi dan Bisnis (FKB) atau School of Communications and Business (SCB).

Direktur Eksekutif MBA Bandung:

  • Ir. Tjahjono Soerjodibroto, M.Sc. (1990 - 1994)
  • Ir. Retno S. Renggono, M.B.A. (1994 - 1997)
  • Drs. Nana Hernawan Marta, M.B.A. (1997)

Ketua Sekolah Tinggi Manajemen Bandung (STMB):

  • Drs. Nana Hernawan Marta, M.B.A. (1997 - 1999)
  • Ir. Bambang Baroto, M.B.A. (1999 - 2002)
  • Ir. Thomas Widjanarto, M.Sc. (2002 - 2005)
  • Dr. Ir. Anton Adibroto (2005 - 2006)

Ketua Sekolah Tinggi Manajemen dan Bisnis Telkom (STMB Telkom):

  • Dr. Ir. Anton Adibroto (2006 - 2007)
  • Asep Suryana Natawiria, M.M., M.Sc. (2007 - 2008)

Rektor Institut Manajemen Telkom (IM Telkom):

  • Dr. Asep Suryana Natawiria, M.M., M.Sc. (2008 - 2010)
  • Dr. Ir. Husni Amani, M.Sc., M.B.A. (2010 - 2013)

Sejarah Politeknik Telkom[sunting | sunting sumber]

Perjalanan sejarah Politeknik Telkom bermula dari 2 (dua) program pelatihan yang bergerak di bidang ICT, yaitu: Program Profesional STT Telkom, dan NIIT & Telkom Center. Kedua lembaga pelatihan ini kemudian bergabung dan membentuk lembaga pendidikan tinggi baru yang bergerak khusus di bidang vokasi. Pada tanggal 27 September 2007, Politeknik Telkom diresmikan oleh Direktur Utama PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk., Bapak Rinaldy Firmansyah. Fakultas Ilmu Terapan (FIT)/School of Applied Science (SAS).

Politeknik Telkom hadir dengan membawa misi untuk berkontribusi kepada bangsa Indonesia dan masyarakat dunia dengan menghasilkan lulusan yang memiliki wawasan internasional dan memiliki kemampuan berkompetisi secara global. KHAS Development System (Knowledge, Hardskill, Attitude dan Softkill) merupakan aspek-aspek yang akan terus menerus dikembangkan sebagai bekal memasuki dunia industri. Sistem pembelajaran yang diterapkan menggunakan pendekatan Comence System, yaitu: coaching - mentoring - coaching. Metode ini merupakan sarana yang tepat untuk pendidikan vokasi yang mengutamakan peningkatan kompetensi di bidang ICT.

Sebagai perguruan tinggi vokasi baru, kehadiran Politeknik Telkom menghadirkan suasana kompetisi akademik yang semakin tinggi. Pada tahun 2011 mahasiswa Politeknik Telkom berhasil memenangkan kompetisi mahasiswa perprestasi tingkat Nasional sebagai juara III, dan pada tahun berikutnya yakni tahun 2012 berhasil menjadi juara I mahasiswa perprestasi tingkat Nasional. Tidak hanya itu, di bidang Bahasa Inggris, tim Politeknik Telkom pada tahun 2013 berhasil meraih Juara II National Polytechnic English Olympic untuk kompetisi di tingkat politeknik se-Indonesia, dan pada tahun 2012 berhasil meraih Juara III National University Debating Competition untuk kompetisi di tingkat perguruan tinggi secara umum se- Indonesia.

Politeknik Telkom juga menjalin kerja sama yang cukup erat dengan dunia industri. Pada akhir tahun 2012 Politeknik Telkom memperbaharui konsep kegiatan Kerja Industri, yakni mahasiswa akan terlibat secara profesional pada dunia industri dan mendapat perlakuan yang sama seperti halnya pegawai reguler. Artinya, mahasiswa yang mengikuti program Kerja Industri akan mendapatkan remunerasi dan hak-hak lainnya sama seperti pegawai. Hingga tahun 2013 sudah lebih dari 500 mahasiswa diserap oleh industri dalam program Kerja Industri dengan melibatkan lebih dari 20 perusahaan di bidang industri telekomunikasi, perbankan, sistem informasi, media, consumer goods, dan salah satu perwakilan lembaga dunia International Labour Organization.

Fasilitas perkuliahan yang digunakan merupakan hasil karya pengembangan teknologi yang dilakukan oleh tim dari internal Politeknik Telkom, yang terdiri dari dosen dan mahasiswa yang ikut terlibat. Sistem akademik yang dibangun mampu mencuri perhatian salah satu perguruan tinggi negeri terbaik di Bandung dan juga beberapa perguruan tinggi lain dari luar Pulau Jawa karena dikenal telah memiliki sistem akademik yang terintegrasi dan handal.

Dalam proses penggabungan menjadi Telkom University pada tahun 2013, Politeknik Telkom ditransformasikan menjadi Fakultas Ilmu Terapan (FIT) atau Telkom Applied Science School (TASS). Selanjutnya pada tahun 2014 penamaan Telkom Applied Science School (TASS) diubah menjadi School of Applied Science (SAS).

Direktur Politeknik Telkom:

  • Ir. Ahmad Tri Hanuranto, M.T. (2007 - 2010)
  • Ir. Budi Sulistyo, M.T. (2010 - 2013)

Sejarah STISI Telkom[sunting | sunting sumber]

Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Telkom atau STISI Telkom merupakan salah satu perguruan tinggi pelopor khusus di bidang Seni Rupa dan Desain, dengan program studi terlengkap. STISI Telkom memfokuskan lulusannya untuk dapat menjadi tenaga ahli di bidang seni rupa dan desain yang terampil, memiliki wawasan luas, serta memaksimalkan potensi berwirausaha, sebagai jawaban atas tuntutan perkembangan kebutuhan masyarakat serta indrustri kreatif Indonesia dan dunia yang sangat pesat.

Selama 23 tahun berdiri, lebih dari 1,200 alumni dari program Studi Desain Komunikasi Visual, desain Interior, Desain Produk, Kriya Tekstil dan Mode, yang bergelar S.Ds. (Sarjana Desain), serta Seni Rupa Murni (Lukis dan Patung) yang bergelar S.Sn. (Sarjana Seni), telah turut berkontribusi nyata terhadap perkembangan Indrustri Kreatif Indonesia, melalui ragam portfolio karya seni dan desain yang digunakan di berbagai sektor industri dan pembangunan.

Program pendidikan di STISI Telkom dirancang khusus untuk menghasilkan lulusan yang tidak hanya mampu berkerja di Industri Kreatif, namun juga memiliki potensi berwirausaha/berkerja mandiri dan membuka lapangan perkerjaan di bidang Industri Kreatif, sesuai dengan tagline STISI Telkom “Empowering You to Become Creativepreneur”. Mahasiswa STISI Telkom dididik untuk memiliki powerful skill di bidang seni rupa dan desain (baik manual maupun computerized), dengan penekanan pada penggalian kekeyaan alam dan budaya Indonesia.

Dilengkapi dengan perluasan wawasan dan pengayaan konsep (knowledge) di bidang ilmu pendukung serta ilmu sosial lainnya, termasuk manajemen, wira usaha, hak kekayaan intelektual (HAKI), serta attitude untuk menjadi professional designer dan calon insan kreatif masa depan. Seluruh kemampuan ini dipertajam secara bertahap dan diaktualisasikan melalui program CBC (Creative Business Coaching), di mana para calon lulusan merealisasikan rencana bisnis kreatif dan portfolio karya seni/desain-nya di bawah binaan para dosen dan praktisi industri kreatif. Program CBC memperoleh dukungan dan bantuan pembiayaan dari mitra-mitra industri STISI Telkom, yaitu kementrian terkait dan lembaga pemerintah baik pusat maupun daerah, berbagai lembaga keuangan dan perbankan.

STISI Telkom merupakan tranformasi dari STISI Bandung yang berdiri 2 September 1990, didirikan oleh Drs. Usnadibrata, M.Sn. di bawah Yayasan Pendidikan Mandiri Indonesia. Pada awal pendiriannya pada tahun 1990, STISI Bandung menyelenggarakan tiga program studi, yaitu S1 Desain Komunikasi Visual, S1 Kriya Tekstil dan Mode, serta S1 Desain Interior. Penambahan program studi S1 Desain Produk terlaksana pada tahun 1991 dan S1 Seni Rupa tahun 1995. Pada tahun 2010 STISI Bandung bergabung dengan Yayasan Pendidikan Telkom menjadi STISI Telkom.

Dalam proses penggabungan menjadi Telkom University pada tahun 2013, STISI Telkom ditransformasikan menjadi Fakultas Industri Kreatif (FIK) atau Telkom Creative Industries School (TCIS). Selanjutnya pada tahun 2014 penamaan Telkom Creative Industries School (TCIS) diubah menjadi School of Creative Industries (SCI).

Ketua Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia (STISI Bandung):

  • Drs. Usnadibrata, M.Sn. (1990 - 1999)
  • Prof. Cecep R. Rochendi, S.Sn., M.Sn. (1999 - 2003)
  • Ir. Tengku Muda Aryadi, M.M. (2004 - 2006)
  • Imelda Tirra Usnadibrata-Furqon, S.H., M.M., M.Ed.M., M.Sc. (2007 - 2010)

Ketua Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Telkom (STISI Telkom):

  • Imelda Tirra Usnadibrata-Furqon, S.H., M.M., M.Ed.M., M.Sc. (2010 - 2013)

Lambang dan atribut[sunting | sunting sumber]

Lambang[sunting | sunting sumber]

Lambang Telkom University terdiri dari logogram “buku terbuka di atas perisai” yang secara kesatuan membentuk huruf “T” di atas huruf “U” dan tulisan “Telkom University”. Makna bentuk dasar “buku terbuka di atas perisai” pada lambang Telkom University:

  1. Bentuk dasar berupa “perisai” melambangkan institusi akademik yang kukuh dan memiliki daya juang tinggi.
  2. Bentuk utama berupa “buku terbuka” di atas perisai melambangkan keterbukaan pikiran dan imajinasi, siap mengembangkan inovasi dan keilmuan baru.
  3. Inisial huruf “T” dari kata “Telkom” memberikan makna identitas dan kebanggaan untuk bersama mengembangkan diri.
  4. Inisial huruf “U” dari kata “University” pada bentuk dasar perisai memaknakan landasan konsep komunitas pendidikan dan riset bernilai tinggi untuk kemajuan bangsa dan dunia.

Pemaknaan warna pada lambang Telkom University:

  1. Merah, melambangkan semangat eksplorasi dan keberanian menciptakan keilmuan baru dengan dilandasi oleh tekad yang kuat untuk membangun bangsa dan kebangsaan, sehingga mampu berperan aktif di lingkungan global.
  2. Putih, melambangkan tata-kelola yang bersih dan bertujuan murni untuk mengembangkan kualitas pendidikan dan kemanusiaan.
  3. Hitam, melambangkan ketegasan prinsip dan keyakinan sebagai dasar untuk mengembangkan Tridharma Perguruan Tinggi serta bagi tercapainya tujuan Universitas.
  4. Abu-abu/perak, melambangkan teknologi modern sebagai modal dasar bagi Keluarga Besar Telkom Indonesia dalam membangun Telkom University agar menjadi perguruan tinggi dengan kekhasan pada ICT (Information and Communication Technology) sebagai basis pengembangan keilmuan maupun pemanfaatannya untuk penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  5. Kombinasi merah-putih, melambangkan spirit kebanggaan dalam berkarya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dengan kontribusi yang setinggi-tingginya.
  6. Kombinasi abu-abu/perak dan hitam melambangkan kekuatan karakter bijaksana dan cakrawala pandang universal, sehingga memiliki daya adaptasi yang kuat terhadap perubahan di segala bidang.
  7. Perpaduan intensitas warna merah dengan merah tua/marun, perak dengan abu-abu tua, melambangkan dinamika kampus yang aktif sebagai tempat terjadinya proses integrasi, kolaborasi dan sintesis antar-disiplin keilmuan.

Panji-Panji[sunting | sunting sumber]

Setiap fakultas di Telkom University memiliki warna panji yang berbeda-beda, yaitu:

  • Biru untuk Fakultas Teknik Elektro (School of Electrical Engineering)
  • Hijau-tua untuk Fakultas Rekayasa Industri (School of Industrial Engineering)
  • Emas untuk Fakultas Informatika (School of Computing)
  • Biru-muda untuk Fakultas Ekonomi dan Bisnis (School of Economics and Business)
  • Ungu untuk Fakultas Komunikasi dan Bisnis (School of Communications and Business)
  • Jingga untuk Fakultas Industri Kreatif (School of Creative Industries)
  • Hijau-muda untuk Fakultas Ilmu Terapan (School of Applied Science)

Jaket dan Jas Almamater[sunting | sunting sumber]

Jaket alma-mater Telkom University memiliki warna dasar merah marun dengan lambang Telkom University yang terpasang di dada sebelah kiri.

Akademik[sunting | sunting sumber]

Telkom University menyelenggarakan 27 Program Studi yang dikelola oleh 7 Fakultas dan didukung oleh berbagai sarana dan prasarana, antara lain sejumlah laboratorium, studio, dan bengkel, perpustakaan, pusat bahasa, serta sarana pembelajaran elektronik (e-Learning). Keseluruhan dosen yang bertugas mengampu perkuliahan, mengasuh dan mendidik mahasiswa, serta melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat senantiasa dikembangkan kualifikasi dan kompetensinya dalam berbagai kelompok keahlian.

Fakultas, Program Studi, dan Pendukung Akademik[sunting | sunting sumber]

Laboratorium, Studio, dan Bengkel[sunting | sunting sumber]

Lab. Sistem Komunikasi Bergerak Telkom University

Untuk mendukung berbagai kegiatan pendidikan (praktikum dan penyusunan karya akhir mahasiswa) dan riset para dosen, Telkom University mengembangkan laboratorium, studio, dan bengkel yang tersebar di seluruh penjuru fakultas, PPDU, dan Direktorat Pascasarjana, yaitu sebanyak 48 lab/studio/bengkel di FTE/SEE, 12 lab/studio/bengkel di FRI/SIE, 11 lab/studio/bengkel di FIF/SC, 8 lab/studio/bengkel di FEB/SEB, 4 lab/studio/bengkel di FKB/SCB, 12 lab/studio/bengkel di FIK/SCI, 12 lab/studio/bengkel di FIT/SAS, 1 studio Pascasarjana, dan 2 lab dasar di PPDU, sehingga secara keseluruhan berjumlah 110 lab/studio/bengkel.

Keseluruhan lab/studio/bengkel merupakan sumberdaya akademik yang difungsikan untuk penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi, yaitu untuk pendidikan, penelitian, serta untuk pengabdian kepada masyarakat, baik oleh para dosen yang masing-masing tergabung dalam kelompok-kelompok keahlian maupun oleh para mahasiswa dengan bimbingan para dosen tersebut. Dengan demikian, di samping untuk mendukung teknik pelaksanaan program-program pendidikan yang memerankan fungsi transformasi para mahasiswa agar menjadi para ahli dalam pembangunan, lab/studio/bengkel merupakan sarana yang difungsikan untuk penelitian yang menghasilkan produktivitas publikasi ilmiah ke berbagai fora ilmiah nasional maupun internasional dari hasil-hasil penelitian yang dilaksanakan oleh Sivitas Akademik.

Masing-masing lab/studio/bengkel tersebut adalah sebagai berikut:

  • Fakultas Teknik Elektro (FTE)
    School of Electrical Engineering (SEE)
    • Lab. Jaringan Komunikasi Data
    • Lab. Jaringan Akses
    • Lab. Sistem Operasi
    • Lab. Basis Data
    • Lab. Object Oriented Programming
    • Lab. Keamanan Jaringan
    • Lab. Embedded System
    • Lab. Multimedia
    • Lab. Sistem Komunikasi Bergerak
    • Lab. Sistem Komunikasi
    • Lab. Elektronika Komunikasi
    • Lab. Dasar Transmisi
    • Lab. Sistem Komunikasi Optik
    • Lab. Antena
    • Lab. Gelombang Mikro
    • Lab. Perancangan Sistem Elektronika
    • Lab. Pengukuran Besaran Elektrik
    • Lab. Teknik Digital
    • Lab. Elektronika Digital
    • Lab. Dasar Sistem Kontrol
    • Lab. Elektronika
    • Lab. Rangkaian Listrik
    • Lab. Elektronika Biomedik
    • Lab. Pengolahan Sinyal Digital
    • Lab. Mikroprosesor
    • Lab. Teknik Switching
    • Lab. Computer and Communications (C&C)
    • Lab. Termodinamika Teknik
    • Lab. Rekayasa Energi I
    • Lab. Rekayasa Energi II
    • Lab. Teknik Tenaga Listrik
    • Lab. Fisika Komputasi
    • Lab. Fisika Akustik
    • Lab. Instrumentasi dan Kontrol
    • Lab. Riset Sistem Perangkat Televisi (CATV)
    • Lab. Riset TV Digital
    • Lab. Riset Robotika
    • Lab. Riset Internet Application Research and Development (IARD)
    • Lab. Riset Aeromodelling and Payload Telemetry (APTRG)
    • Lab. Riset Sistem dan Elektronika Komunikasi
    • Lab. Riset Nano-satelit & Statiun Bumi
    • Lab. Riset Sistem Elektronika
    • Lab. Riset Automasi Industri
    • Lab. Riset Pengolahan Sistem Informasi
    • Lab. Riset Sistem Komputer
    • Lab. Riset Material Eletronika
    • Bengkel Mekanika
    • Bengkel Mobil Listrik
  • Fakultas Rekayasa Industri (FRI)
    School of Industrial Engineering (SIE)
    • Lab. Perancangan Tata Letak Fasilitas (PTLF)
    • Lab. Analisis Perancangan Kerja dan Ergonomi (APK & E)
    • Lab. Gambar Teknik
    • Lab. Proses Manufaktur (Prosman)
    • Lab. Sistem Produksi dan Otomasi (Sispromasi)
    • Lab. Statistika Industri dan Penelitian Operasional (SIPO)
    • Lab. Simulasi Bisnis (Simbi)
    • Lab. Tekno Ekonomi (Tekmi)
    • Lab. Sistem Operasi dan Jaringan (SISJAR)
    • Lab. Business Process Analysis and Design (BPAD)
    • Lab. Programming & Database (Prodase)
    • Lab. Pengembangan Enterprise Resource Planning (ERP)
  • Fakultas Informatika (FIF)
    School of Computing (SC)
    • Lab. Rekayasa Perangkat Lunak
    • Lab. Basis Data
    • Lab. Data Mining Center
    • Lab. Computing
    • Lab. Pemrograman
    • Lab. Artificial Inteligent
    • Lab. Multimedia
    • Lab. Hardware
    • Lab. Sistem Komputer
    • Lab. Telematika
    • Lab. Unified Communication
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)
    School of Economics and Business (SEB)
    • Lab. Simulasi Bisnis
    • Lab. Akuntansi
    • Lab. Komputer
    • Lab. E-Commerce
    • Lab. Aplikasi Enterprise Resource Planning (ERP)
    • Studio Content Bisnis
    • Lab. Bahasa
    • Lab. Statistik
  • Fakultas Komunikasi dan Bisnis (FKB)
    School of Communications and Business (SCB)
    • Lab. Administrasi Bisnis
    • Lab. Penyiaran Radio
    • Lab. Penyiaran TV
    • Lab. Fotografi
  • Fakultas Industri Kreatif (FIK)
    School of Creative Industries (SCI)
    • Lab. Multi Media
    • Lab. Desain Komunikasi Visual
    • Lab. Multimedia Desain Komunikasi Visual
    • Lab. Gambar
    • Lab. Bahasa
    • Studio Fotografi
    • Studio Videografi
    • Studio Musik Digital
    • Studio Desain Komunikasi Visual
    • Studio Kriya Tekstil dan Mode
    • Studio Lukis
    • Studio Patung
  • Fakultas Ilmu Terapan (FIT)
    School of Applied Science (SAS)
    • Lab. Komputer
    • Lab. Programming
    • Lab. Database
    • Lab. Enterprise Resources Planning
    • Lab. Hardware
    • Lab. Multimedia
    • Lab. Jaringan
    • Lab. Programmable Logic Control
    • Lab. Elektronika Dasar
    • Lab. Food and Baverage
    • Lab. Perhotelan
    • Bengkel Elektronika
  • Direktorat Pascasarjana
    Graduate School
    • Studio Penelitian Pascasarjana
  • Program Perkuliahan Dasar dan Umum (PPDU)
    • Lab. Fisika Dasar
    • Lab. Dasar Komputer

Perpustakaan[sunting | sunting sumber]

Salah satu lantai di Perpustakaan Telkom University

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Telkom yang bertempat di lantai 3-4-5 Gedung Learning Center ini merupakan salah satu sarana pendukung dan penunjang dalam menyediakan berbagai informasi yang dibutuhkan untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Proses Belajar Mengajar, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat. Perpustakaan Telkom University dikembangkan sebagai Knowledge Management Center yang senantiasa memastikan ketersediaan koleksi pustaka kurikuler, koleksi pustaka pendukung riset, koleksi pustaka wawasan umum dan sastra, koleksi pustaka kebangsaan, koleksi pustaka wawasan global, dan lain-lain, dengan jumlah judul pustaka dan jumlah koleksi minimal yang sesuai ketentuan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT).

  • Layanan: Online Public Access Catalogue (OPAC), Sirkulasi Peminjaman Buku, Referensi dan Periodikal, Jurnal Ilmiah Online, Pojok Perjuangan, Warung Perancis, Fotocopy, Informasi StelaLine, Hot Spot Area, Ruang Diskusi, Ruang Koleksi Karya Akhir (Tugas Akhir/Skripsi, Tesis dan Proyek Akhir), Ruang Rekreasi, Ruang Audio-Visual dan Komputer.
  • Ruang Koleksi Jurnal: Ruangan ini bertempat di terletak di lantai 4 Gedung Learning Center, disediakan khusus untuk penempatan koleksi jurnal-jurnal ilmiah, baik dalam bentuk cetakan, digital, maupun lokasi akses jurnal-jurnal ilmiah secara on-line.
  • Ruang Koleksi Karya Akhir: Ruangan ini menempati lantai 5 Gedung Learning Center disediakan khusus bagi mahasiswa yang ingin mendapatkan referensi mengenai Tugas Akhir/Skripsi, Tesis dan Proyek Akhir yang dimiliki Universitas Telkom. Semua Tugas Akhir/Skripsi, Tesis dan Proyek Akhir di ruangan ini sudah dalam bentuk digital dan terorganisir secara rapi, dan dipublikasikan dalam bentuk repository jurnal publikasi elektronik.
  • Ruang Rekreasi: Ruangan yang terletak di lantai 4 Gedung Learning Center ini dibuat dengan tujuan memberikan penyegaran dan hiburan untuk mahasiswa. Mahasiswa dapat memanfaatkan ruangan ini untuk bermain dan mengembangkan otak kanan. Di dalam ruangan ini disediakan banyak permainan dan multimedia.
  • Ruang Audio-Visual dan Komputer: Ruangan ini menyediakan peralatan audio visual, komputer, dan internet.
  • See more

Pusat Bahasa[sunting | sunting sumber]

Pusat Bahasa Telkom University menyediakan berbagai layanan bahasa, yaitu:

  • Berbagai macam kursus Bahasa Ingris: General English Course (Level: Basic, Novice, & Skilled), English Conversation Course (Level: Beginner, Intermediate, & Advanced), ECCT Preparation Course, Tailor-Made Course (English for Specific Purposes), EAP Courses (English for Presentation, English for Writing Journal Articles, English for Teaching, English for Studying Abroad), ESP Courses (English for Public Speaking, English for Professions: Managers, ICT Engineers, Librarians, Journalists, Legal Professions, Finance, Administrations and Frontliners, Staffs in Educational Institutions, Staffs in Government Offices, Staffs in Industries).
  • ESAP (English Self-Access Program), layanan pembelajaran yang dapat diakses oleh warga kampus melalui pesawat telepon pada hari dan jam kerja.
  • Language Test: English Proficiency Test (EPrT), English Communicative Competence Test (ECCT), Institutional Testing Program - The Test of English as a Foreign Language (ITP TOEFL).
  • Layanan Khusus: Translation (Indonesian, English, Japanese), Proofreading for International Journals, In-House Language Trainings, Language Seminars & Workshops.
  • Berbagai kursus bahasa asing lainnya: Perancis, Jepang, Korea, Arab, dll.
  • See more

Pembelajaran Elektronik (e-Learning)[sunting | sunting sumber]

Telkom University menyediakan fasilitas e-Learning yang mendukung perkuliahan sebagai perangkat suplemen pembelajaran. Baik teknologi yang digunakan maupun materi pembelajaran untuk fasilitas e-Learning ini terus dikembangkan melalui berbagai program kegiatan yang bekelanjutan, dengan melibatkan Tel-U Academic Board serta reviewer yang terdiri dari para Guru Besar dan pakar pendidikan dari berbagai perguruan tinggi mitra Telkom University. Komitmen terhadap pengembangan fasilitas e-Learning merupakan bagian dari implementasi terhadap insiatif CELOE (Center of e-Learning and Open Education) Telkom University. Aplikasi e-Learning Telkom University bernama iDea (Integrated Distance Education Application), yang saat ini dapat diakses melalui portal sistem informasi Telkom University, iGracias (Tel-U Integrated Information System).

Unit-Unit Pendukung[sunting | sunting sumber]

  • Sekretariat Universitas
  • Satuan Penjaminan Mutu
  • Satuan Audit Internal
  • Satuan Pengembangan Pembelajaran
  • Unit Pelaksana Teknis Pendidikan Jarak Jauh
  • Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
  • Unit Kerja sama dan Pelatihan
  • Direktorat Akademik
  • Direktorat Sistem Informasi
  • Direktorat Kemahasiswaan
  • Direktorat Admisi (Penerimaan Mahasiswa)
  • Direktorat Keuangan
  • Direktorat Pengelolaan Aset
  • Direktorat Sumber Daya Manusia
  • Direktorat Pusat Pengembangan Karier dan Pengelolaan Alumni

Kelompok Keahlian[sunting | sunting sumber]

Kelompok Keahlian di Telkom University merupakan kelompok fungsional dosen pada disiplin keilmuan dan keahlian tertentu yang berada dalam unit keilmuan serumpun berbentuk fakultas, dengan pelaksana fungsi keilmuan dan keahlian adalah para dosen. Fungsi Kelompok Keahlian adalah menjalankan kegiatan pengembangan keilmuan dan keahlian yang ditekuninya melalui Tridharma Perguruan Tinggi beserta penunjangnya, yaitu:

  • Mendukung pelaksanaan pendidikan pada Program Studi,
  • Merencanakan dan melaksanakan berbagai Program Penelitian,
  • Merencanakan dan melaksanakan berbagai kegiatan layanan publik dan pengabdian kepada masyarakat secara terprogram.

Setiap dosen Telkom University tergabung pada satu Kelompok Keahlian sebagai wadah pengembangan masyarakat akademik dan menjadi sumberdaya utama di fakultas, yaitu sebagai berikut:

  • Fakultas Teknik Elektro (FTE)
    School of Electrical Engineering (SEE)
    • Information Signal Processing
    • Networks and Multimedia
    • Telecommunication Systems and Transmissions
    • Electronic Systems
    • Computer Engineering
  • Fakultas Rekayasa Industri (FRI)
    School of Industrial Engineering (SIE)
    • e-Enginering Management
    • e-Business and Technology
    • e-Process and Work Optimization
  • Fakultas Informatika (FIF)
    School of Computing (SC)
    • Intelligence, Computing and Multimedia(ICM)
    • Software Engineering, Information Systems and Data (SID)
    • Telematics
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)
    School of Economics and Business (SEB)
    • Operation and ICT Management
    • Innovation, Strategy, and Entrepreneurship
    • Human Capital Development
    • Marketing and Consumer Studies
    • Financial Market Studies
    • Accounting Studies
    • Economy, Internationalisation, and Regulation
  • Fakultas Komunikasi dan Bisnis (FKB)
    School of Communications and Business (SCB)
    • Communication Science
    • Marketing Communication
    • Mass Communication and Public Relations
    • Entrepreneurship
    • Business Policy and Strategy
  • Fakultas Industri Kreatif (FIK)
    School of Creative Industries (SCI)
    • Visual Communications and Multimedia
    • Cultural Studies
    • Design Innovation
  • Fakultas Ilmu Terapan (FIT)
    School of Applied Science (SAS)
    • Programming
    • Multimedia
    • Telecommunications
    • Data and Software Engineering
    • Management
    • Accounting
    • Network Engineering
    • Embedded System
    • Hospitality

K a m p u s[sunting | sunting sumber]

Lokasi Kampus[sunting | sunting sumber]

  • Kampus BT-Plex
    Kampus BT-Plex terletak di daerah Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, merupakan kampus pusat Telkom University [2]. Seluruh fakultas dan fasilitas akademik maupun fasilitas pendukung berada di kampus ini.
  • Kampus Gegerkalong
    Kampus Gegerkalong, terletak di Kota Bandung, Jawa Barat. Di kampus ini terdapat satu gedung untuk penyelenggaraan Program Studi S2 Manajemen dan kelas internasional Program Studi S1 Manajamen (International ICT Business).

Fasilitas Kampus[sunting | sunting sumber]

  • Prasarana Perkuliahan
    • Gedung Kuliah Bersama "Grha Wiyata Cacuk Sudarijanto" (16 ruang kelas @80, 78 ruang kelas @40, total kap. 4.400 orang)
    • Gedung Kuliah Bersama 10 lantai (138 ruang kelas @50, 8 auditorium seminar @100, total kap. 7.700 orang)
    • Ruang Kuliah di fakultas-fakultas (100 ruang kelas @40, 12 ruang kelas @25, total kap. 4.300 orang)
    • Total kapasitas ruang kuliah simultan (tidak termasuk ruang rapat, laboratorium, ruang dosen, dan perkantoran) adalah 16.400 orang.
  • Aula Kampus
    • Telkom University Convention Hall (TUCH) (kap. 3500 orang),
    • Gedung Serba Guna FTE-FRI-FTI (kap. 2000 orang),
    • Auditorium FTE-FRI-FTI (kap. 300 orang),
    • Aula FEB-FKB (kap. 300 orang),
    • Aula FIK (kap. 400 orang),
    • Aula FIT (kap. 1500 orang).
  • Asrama
    Untuk mahasiswa tahun pertama diwajibkan tinggal di asrama kampus. Fasilitas asrama ini meliputi:
    • Fasilitas kamar (kamar mandi dalam,lemari,meja belajar,rak buku,dispenser)
    • Sarana ibadah (mushola)
    • Lapangan Futsal/Voli/Badminton
    • Lobi (ruang tamu)
    • Ruang serba guna
    • Akses Hot Spot 24 jam
    • Security
    • Area parkir kendaaran penghuni asrama
  • Prasarana Upacara dan Olahraga
    • Lapangan Upacara Bendera (kapasitas 2500 orang),
    • Lapangan tenis,
    • Lapangan bola basket indoor,
    • Menara panjat tebing,
    • Lapangan badminton,
    • Jalur jogging,
    • Lapangan futsal outdoor dan indoor,
    • Gedung student center,
  • Kantin dan Toko Kampus
    • Business Center (selatan kampus)
    • Kantin Koperasi Citra (selatan kampus)
    • Kantin FIT
    • Kantin FIK
    • Kantin T-Mart
    • Kantin Bambu
    • Kantin Asrama
    • Kantin Kejujuran (di Gedung Cacuk Sudarijanto)
    • T-Mart
    • Toko ATK dan Fotocopy Koperasi Citra
    • Toko Koperasi Mahasiswa
  • Kantor Bank dan ATM Center
    • Kantor Bank Mandiri (di Gedung Learning Center lantai-1)
    • Kantor Bank BNI (di jalan akses gerbang depan kampus)
    • ATM Center Gedung Cacuk Sudarijanto
    • ATM Center Gerbang Utara
    • ATM Center T-Mart
  • Masjid Syamsul 'Ulum
    Di samping terdapatnya puluhan mushala yang tersebar di berbagai penjuru kampus, Masjid Syamsul 'Ulum merupakan masjid raya kampus Telkom University dengan kapasitas sampai 6000 orang jamaah. Masjid Syamsul ‘Ulum yang bertempat di kompleks kampus Universitas Telkom didirikan pada tanggal 28 September 1994, yang ditandai dengan pemancangan tiang pertama oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI saat itu, Prof. Dr. Ing. Wardiman Djojonegoro. Masjid ini merupakan bagian integral kampus Universitas Telkom, dalam upaya mendidik manusia Indonesia seutuhnya. Pembinaan intelektual dilakukan di fasilitas-fasilitas akademis kampus, sedangkan masjid punya peranan dalam membentuk mental, spiritual, dan kepribadian sivitas akademika. Cita-cita ini semakin menguat dengan diresmikannya penggunaan Masjid Syamsul ‘Ulum pada tanggal 29 Mei 1996 oleh Menteri Riset dan Teknologi RI saat itu, Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, yang menyampaikan bahwa tidak perlu ada dikotomi antara Iptek dan pengetahuan agama.
  • Portal Sistem Informasi iGracias (Tel-U Integrated Information System)
    iGracias merupakan portal sistem layanan informasi yang merupakan platform layanan proses pendidikan dan pengelolaan kampus secara terintegrasi. Hampir seluruh layanan pendidikan, baik proses akademik maupun pendukung dijalankan dengan berbasis iGracias. Akses menuju iGracias dapat dilakukan dengan menggunakan Single Account dan Single Sign On (SSO) diberikan kepada para pengelola, dosen, mahasiswa, orangtua mahasiswa dan staf tenaga kependidikan, dengan masing-masing memiliki hak akses jenis-jenis sesuai kelompok pengguna (user group).
  • Koneksi Internet 24 Jam
    • TUNE (Telkom University Network Engine), merupakan layanan koneksi nirkabel (wireless) internet kampus berbasis Single Account dan Single Sign On (SSO) yang ditujukan untuk warga kampus (pengelola, dosen, mahasiswa, orangtua mahasiswa dan staf tenaga kependidikan) dengan cakupan sinyal di seluruh kawasan kampus, baik fakultas maupun area publik, dengan total bandwidth 910 Mbps.
    • Jaringan koneksi internet publik: @wifi.id 100 access point @10 Mbps, Speedy Instant, 4G/LTE Telkomsel, BandungJuara@wifi.id.
  • Klinik Mahasiswa
    Klinik mahasiswa ditujukan untuk melayani pemeriksaan kesehatan dan pengobatan ringan untuk seluruh warga kampus.
  • Danau Resapan dan Plasa Telkom University
    Secara terintegrasi dengan sistem pengelolaan lingkungan hijau dan pengelolaan sumberdaya air dalam kerangka komitmen kampus hijau (Green Campus), di samping memiliki hutan kampus dan sistem drainase, di Telkom University juga terdapat danau resapan yang dilengkapi dengan plasa dan jogging track sebagai ruang publik terbuka.
    Danau Resapan dan Plasa Telkom University
    Di plasa tersebut dapat dilakukan berbagai kegiatan sosialisasi, olahraga, dan ekspresi seni warga kampus. Plasa danau yang terletak di pertengahan kawasan kampus ini juga memiliki fungsi sebagai junction yang menghubungkan seluruh area kompleks fakultas. Di area plasa dan danau ini juga sering diselenggarakan berbagai kegiatan kesenian luar-ruang, antara lain pernah digunakan untuk penyelenggaraan acara culture night yang merupakan bagian dari pelaksanaan ICoICT 2013 (International Conference on Information and Communication Technology) dengan dihadiri para pembicara kunci dan pemakalah yang berasal dari 30 negara berbagai benua serta para pejabat publik.
  • Bus Kampus
    Bus kampus disediakan untuk melayani kebutuhan transportasi warga kampus, yang berangkat dari kampus Gegerkalong ke kampus BT-Plex, dan sebaliknya. Seringkali, bus ini disebut "bis biru", disingkat "bibir", karena warnanya yang biru. Setiap Senin-Jumat, bus berangkat dari Gegerkalong pukul 07.00 WIB dan kembali dari BT-Plex menuju Gegerkalong pukul 16.30 WIB.

Mitra Kerjasama[sunting | sunting sumber]

Berbagai mitra kerja sama yang terjalin sejak Grand Launching berdirinya Telkom University adalah sebagai berikut:

  • Royal Melbourne Institute of Technology
  • Curtin University Australia
  • University of South Australia (Uni-SA)
  • University of Oxford, United Kingdom
  • Fontys University of Applied Science, Netherland
  • Twente University, Netherland
  • Saxion University, Netherland
  • Telecom Bretagne, Brest, France
  • Kumoh National Institute of Technology (KIT), South Korea
  • SolBridge International School of Business, Woosong University, South Korea
  • Universiti Sains Malaysia (USM)
  • Universiti Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM)
  • Universiti Telekom SDN, BHD
  • Malaysia Multimedia University (MMU)
  • Cybernetics International College of Technology, Malaysia
  • Universidade Nacional Timor Lorosae
  • Universitat Magdeburg, Germany
  • Kun Shan University, China
  • National Polytechnic Institute of Cambodia
  • Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
  • Universitas Terbuka
  • Universitas Cordova Indonesia
  • Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung
  • Sekolah Tinggi Teknologi Telematika Telkom, Purwokerto
  • Fraunhofer Fokus, Germany
  • Techno-Park Malaysia
  • Republica Demodratica De Timor Leste
  • Kementerian Negara Riset dan Teknologi Republik Indonesia
  • Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual, Kementerian Hukum dan HAM RI
  • Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN)
  • Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan Republik Indonesia
  • Bursa Efek Indonesia (BEI)
  • Project Management Institute - Indonesia Chapter
  • Institut Francais d’Indonesie
  • EC-Council
  • International Labour Organization
  • Pacific Countries Social and Economic Solidarity Association (PASIAD)
  • ZTE (Zhongxing Telecommunication Equipment Corporation)
  • PT. Pikiran Rakyat
  • PT. Telkom Akses
  • PT. PINS Indonesia
  • PT. Telkomcel Timor Leste
  • Divisi Broadband Service Telkom
  • Divisi Enterprise Telkom
  • Telkom Corporate University (Telkom Corpu)
  • PT. Pos Indonesia
  • PT. INTI
  • PT. BRI Syariah
  • PT. Datacom Diangraha
  • PT. Murtila Promosindo
  • PT. Eforel Citra Utama
  • PT. Mars Indonesia
  • PT. Elektro Leading Integrated Technology Solution (ELITS)
  • PT. Murtila Promosindo

International Conference[sunting | sunting sumber]

Telkom University menjadi host sejumlah konferensi ilmiah internasional yang diselenggarakan oleh setiap fakultas sesuai dengan rumpun keilmuannya. Penyelenggaraan konferensi ilmiah tersebut bekerja sama dengan organisasi internasional keilmuan atau profesi sesuai rumpun ilmu fakultas, sehingga publikasi ilmiah pada konferensi tersebut dimuat pada repository ilmiah organisasi internasional keilmuan atau profesi tersebut, seperti IEEE, Global Illuminators, dan sebagainya, serta terindeks pada sitasi portal publikasi ilmiah bereputrasi, seperti Scopus, Copernicus, Science Direct, dan lain-lain. Penyelenggaraan konferensi ilmiah internasional oleh Telkom University merupakan wahana diseminasi ilmiah yang terbuka untuk saling bertukar hasi-hasil penelitian bagi para peneliti antar-perguruan tinggi, lembaga penelitian, dan industri dari berbagai negara dan Indonesia dengan yang dihasilkan oleh para dosen dan peneliti Telkom University.

Prestasi[sunting | sunting sumber]

Melanjutkan sejarah dan tradisi prestasi dalam berbagai kompetisi yang telah berkembang di keempat institusi pembentuknya, Telkom University tetap mendorong dan menghargai prestasi yang dicapai oleh mahasiswa, dosen, staf kependidikan maupun kelembagaan kampus. Berbagai kegiatan pembinaan prestasi dilaksanakan, tidak saja meningkatkan reputasi kampus, namun juga ditujukan memberlangsungkan kehidupan dan atmosfer akademik, serta untuk membuka cakrawala pandang segenap warga kampus untuk berinteraksi dengan berbagai mitra pendidikan tinggi dari kampus-kampus lain di berbagai fora kompetisi, baik tingkat regional, nasional maupun internasional.

Selama tahun 2013 saja, tercatat sebanyak 135 orang mahasiswa Telkom University yang mengukirkan catatan prestasi kompetisi eksternal kampus di berbagai bidang, baik tingkat regional, nasional maupun internasional. Pada tahun-tahun selanjutnya, keikutsertaan mahasiswa pada kompetisi-kompetisi tersebut semakin didorong untuk meningkat dengan pembinaan secara melembaga di fakultas-fakultas maupun melalui berbagai kegiatan kemahasiswaan. Hingga saat ini catatan-catatan prestasi tersebut terus-menerus untuk belari semakin kencang. Sejumlah prestasi yang menonjol untuk dicatat adalah sebagai berikut:

Tahun Peringkat Tingkat
(Kategori)
Kompetisi/Penghargaan Penyelenggara/
Afiliasi
Peserta
2013 Juara 1 Nasional
(e-Health)
Indonesia ICT Award 2013
(INAICTA 2013)
Kementerian Komunikasi dan Informatika RI Kelompok Mahasiswa
(Brainstat)
Juara 1 Nasional
(SME Application)
Kelompok Mahasiswa
(e-Resto)
Juara 1 Regional II Kontes Robot Pemadam Api Beroda Indonesia 2013

(KRPAI 2013)

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Kelompok Mahasiswa
(Azkaizan 4WD)
Medali Perak Nasional
(Embedded System)
Pagelaran Mahasiswa

Nasional Bidang TIK

(geMasTIK 2013)

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Kelompok Mahasiswa
(Fire Man)
Medali Perak Nasional
(Software Design)
Kelompok Mahasiswa
(Tim FIF)
Silver Prize Internasional Busan Choral International Competition and Festival
South Korea
Korea Choral Institute - Busan Cultural Center Kelompok Mahasiswa
(TEBS Tel-U Choir)
Gold Medal Internasional
(Folklore)
International Praga Cantat Bohemian Festival 2013 - Czech Republic World Federation of International Music Competitions Kelompok Mahasiswa
(TEBS Tel-U Choir)
Silver Medal Internasional
(Mix)
2014 Juara 1 Regional II (Beroda) Kontes Robot Pemadam Api Beroda Indonesia 2014

(KRPAI 2014)

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Kelompok Mahasiswa
(Azkaizan 4WD)
Juara 3 Regional II (Berkaki) Kelompok Mahasiswa
(Arjuna)
Juara 1 Nasional
(Industrial Automation and Electronics)
Lomba Cipta Elektronik

Nasional 2014

(LCEN 2014)

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Kelompok Mahasiswa
(Elka Squadron)
The Excellent TeSCA Achiever
(Kategori Universitas)
TeSCA
Smart Campus Award 2014
PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, Ditjen Dikti Kemdikbud-RI, DeTIKNas, Aptikom Telkom University
Juara 1 Nasional
(Fixed Wing)
Kontes

Robot Terbang Indonesia 2014 (KRTI 2014)

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Kelompok Mahasiswa
(Ababil APTRG)
Juara 1 Nasional
(Rotary Wing)
Kelompok Mahasiswa
(Bangau APTRG)
Juara 2 Nasional
(Rotary Wing)
Kelompok Mahasiswa
(Bahjan APTRG)
Juara 3 Nasional
(Fixed Wing)
Kelompok Mahasiswa
(Pterodrone APTRG)
Juara 1 Nasional

(Aplikasi Perguruan Tinggi)

Indonesia ICT Award 2014
(INAICTA 2014)
Kementerian Komunikasi dan Informatika RI Kelompok Mahasiswa
(Turangga)
Juara 1 Nasional IPB Business Festival (IBF) 2014
(Business Simulation Challenge)
Institut Pertanian Bogor (IPB) Kelompok Mahasiswa
(Search)
Peringkat 6 Dunia/
Peringkat 1 Asia
Internasional Global Cyberlimpics 2014 Barcelona Online Ethical Hacking dan Computer Network Defense Game Kelompok Mahasiswa
(Foresty - Forensic and Security)
Merit Award Internasional

(Application Tools and Platforms)

Asia Pacific ICT
Alliance Award 2014
(APICTA 2014)
Asia Pacific ICT Alliance Kelompok Mahasiswa FTE (Turangga)
Medali Perunggu Nasional
(Keamanan Jaringan)
Pagelaran Mahasiswa

Nasional Bidang TIK

(geMasTIK 2015)

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Kelompok Mahasiswa FIF
Silver Medal Nasional
(Animasi Budaya Lokal)
Kelompok Mahasiswa FIK
The Best Innovation Internasional
(Application Development)
Asia Pacific Innovative Services ICT Award 2014, Taiwan Chinese Society for Information Management, Ministry of Economic Affairs Taiwan, Ministry of Education Taiwan, and the Taipei Computer Association Kelompok Mahasiswa FIF
Juara 2 Nasional
(Hemat Energi dan Ramah Lingkungan)
Lomba Inovasi Produk Enjinia Nusantara (LIPEN) 2014 Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI Kelompok Mahasiswa FIF
Juara 3 Regional
(Unconventional Media for HKI)
Caraka Festival 2014 Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I) Jawa Tengah dan Suara Merdeka Kelompok Mahasiswa DKV-FIK
The Best Three Internasional
(Software Development)
Nasser bin Hammad World Young Innovator Award 2014 The Kingdom of Bahrain Kelompok Mahasiswa FIF
2015 Runner Up Internasional University
Mobile Challenge 2015
Applied Innovative Institute Kelompok Mahasiswa FIF
Juara 1 Nasional Mandiri
Young Technopreneur 2014
Bank Mandiri Technopreneur Indonesia Kelompok Mahasiswa FTE dan FIF

Di samping memacu semangat kepada para mahasiswa untuk meraih prestasi akademik dan prestasi kompetisi, Telkom University juga mendorong para dosen dan staf kependidikan untuk memberikan peran kontribusinya bagi peningkatan reputasi kampus maupun personalnya melalui keikutsertaan pada berbagai kompetisi yang relevan. Kepada para dosen tentunya juga didorong untuk meningkatan kuantitas maupun kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, agar berbagai aset keilmuan yang dikembangkan dapat memberikan manfaat yang setinggi-tingginya bagi masyarakat luas, baik dalam bentuk inovasi, pemberdayaan masyarakat, maupun publikasi karya-karya ilmiah di berbagai konferensi dan jurnal ilmiah bereputasi.

Untuk meningkatkan reputasi, memacu perbaikan pengelolaan kelembagaan, dan memupuk rasa kebanggaan Civitas Academica akan kampusnya, Telkom University juga selalu mengupayakan keikutsertaan secara kelembagaan dalam berbagai kompetisi, pemeringkatan, berbagai program hibah, dan penghargaan perguruan tinggi. Bahkan dorongan tersebut tidak hanya diwujudkan dengan pembinaan prestasi untuk mengikuti berbagai kompetisi, tetapi juga melalui kesediaan Telkom University dalam menerima kepercayaan dari Pemerintah untuk juga melaksanakan kegiatan sebagai penyelenggara kompetisi mahasiswa di tingkat regional maupun nasional.

Jika kepercayaan dari Pemerintah kepada suatu perguruan tinggi untuk mendapatkan penugasan sebagai penyelenggara kegiatan kompetisi nasional dapat dianggap dan dicatat sebagai prestasi kelembagaan perguruan tinggi tersebut, maka sejak sebelum penggabungan Telkom University telah dapat dicatat sejumlah event penyelenggaraan kompetisi tersebut di kampus Telkom Unibersity. Beberapa kegiatan yang menunjukkan kepercayaan Pemerintah kepada Telkom University dan mendapatkan catatan yang cukup istimewa dalam penyelenggaraan kompetisi semacam ini, antara lain adalah sebagai berikut:

  • Tahun 2004, Sekolah Tinggi Teknologi Telkom (STT Telkom) ditugaskan oleh Kementerian Pendidikan Nasional RI sebagai penyelenggara Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional XVII (PIMNAS XVII/2004). Penugasan tersebut adalah untuk yang pertama kalinya bagi Perguruan Tinggi Swasta (PTS), setelah enam belas tahun berturut-turut penyelenggaraan PIMNAS selalu ditugaskan kepada Perguruan Tinggi Negeri (PTN). STT Telkom ketika memulai babak baru penyelenggaraan PIMNAS dengan pemanfaatan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) untuk berbagai kemudahan kegiatan inti maupun pendukung serta penyelenggaraan acara seremonial dengan sajian kesenian kolosal oleh para mahasiswa yang tergabung pada unit-unit kesenian nusantara di kampus, sehingga menjadi acuan bagi penyelenggaraan untuk tahun-tahun selanjutnya. Sejak itu, penyelenggaraan PIMNAS dipergilirkan selang-seling antara PTS dan PTN.
  • Tahun 2008 dan 2009, Institut Teknologi Telkom (IT Telkom) ditugaskan oleh Kementerian Pendidikan Nasional RI sebagai penyelenggara Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi yang pertama dan kedua (Gemas-TIK I/2008 dan Gemas-TIK II/2009), setelah sebelumnya IT Telkom mengusulkan proposal mengenai perlunya diselenggarakan kompetisi khusus dalam bidang TIK. Pada tahun-tahun selanjutnya Gemas-TIK telah digulirkan penyelenggaraannya ke berbagai perguruan tinggi lainnya.
  • Tahun 2011, Institut Teknologi Telkom (IT Telkom) bersama dengan Politeknik Telkom ditugaskan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI sebagai penyelenggara Kontes Robot Cerdas Indonesia dan Kontes Robot Indonesia (KRCI-KRI 2011).
  • Tahun 2013, Institut Teknologi Telkom (IT Telkom) ditugaskan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI sebagai penyelenggara Kontes Muatan Roket Indonesia (Komurindo 2013) bekerja sama dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) di Pantai Santolo, Pamengpeuk, Kabupaten Garut, yang juga didukung oleh Pemerintah Kabupaten Garut.

Untuk prestasi kelembagaan yang khusus berkaitan dengan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi), tercatat prestasi Telkom University pada pemeringkatan TeSCA Smart Campus Award. Pada tahun 2013, keempat kampus yang kemudian bergabung menjadi Telkom University masing-masing menempati peringkat: 1). IT Telkom menempati peringkat ke-1 untuk kategori PTS berbentuk institut, 2). IM Telkom menempati peringkat ke-2 untuk kategori PTS berbentuk institut, 3). Politeknik Telkom menempati peringkat ke-1 untuk kategori PTS berbentuk politeknik, dan 4). STISI Telkom menempati peringkat-4 untuk kategori PTS berbentuk sekolah tinggi. Pada tahun 2014, Telkom University mendapatkan mendapatkan penghargaan The Excellent TeSCA Achiever untuk kategori universitas.

Kemahasiswaan[sunting | sunting sumber]

Berkas:Upacara Bendera di Telkom University.jpg
Upacara Bendera di Telkom University

Organisasi Kemahasiswaan dan Unit Kegiatan Mahasiswa Telkom Univerfsity adalah organisasi yang didirikan dari, dijalankan oleh dan ditujukan untuk mahasiswa, yaitu sebagai kelembagaan untuk berbagai kegiatan kemahasiswaan. Kegiatan kemahasiswaan berfungsi untuk:

  • mewadahi kegiatan mahasiswa dalam mengembangkan bakat, minat, potensi, dan prestasi;
  • mengembangkan berbagai kompetensi keahlian halus (softskill), kreativitas, kepekaan sosial, daya kritis, keberanian, kepemimpinan, dan jiwa kebangsaan;
  • meningkatkan kesejahteraan mahasiswa; dan
  • menumbuhkan kecintaan kepada seni dan budaya, serta kepekaan dan tanggung jawab sosial melalui pengabdian kepada masyarakat.

Mahasiswa Telkom University diwajibkan ikut serta dalam berbagai kegiatan kemahasiswaan yang dicatat dalam suatu Transkrip Aktivitas Kemahasiswaan (TAK). Bidang-bidang kegiatan kemahasiswaan meliputi kepemimpinan, keprofesian, kerohanian, kebudayaan, olahraga, kewirausahaan, dan penalaran, yaitu sebagai berikut:

  • Bidang Kepemimpinan
    • Badan Eksekutif Mahasiswa KBM
    • Dewan Perwakilan Mahasiswa KBM
    • Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR PMI)
    • Korps Mahasiswa Protokoler (KMP)
    • Korps Paskibra
  • Bidang Keprofesian
    • Himpunan-Himpunan Mahasiswa Program Studi
  • Bidang Kerohanian
    • Keluarga Mahasiswa Muslim "Al-Fath"
    • Persekutuan Mahasiswa Kristen
    • Keluarga Mahasiswa Katolik
    • Keluarga Mahasiswa Hindu
  • Bidang Olahraga
  • Bidang Kebudayaan/Kesenian
    • UKM Kalimantan
    • UKM Bengkel Seni Embun
    • Telkom University Choir (PSM)
    • Eka Sanvadita Orchestra (ESO)
    • Unit Kebudayaan Betawi (UKB)
    • Rumah Gadang
    • UKM Seni dan Budaya Jawa
    • Pandawa
    • UKM Ikatan Keluarga Anak Riau (IKRAR)
    • Unit Kesenian Sumatera Utara(UKSU)
    • Kebudayaan Sumatera Selatan
    • Kebudayaan Lampung
    • Sariksa Wiwaha Sunda (SAWANDA)
    • Kesenian Bali (Widyacana Murti)
    • Unit Kebudayaan Aceh (UKA)
    • Keluarga Besar Mahasiswa Sulawesi (KBMS)
    • UKM Band
    • Unit Budaya Jepang (Japan Genki)
    • Unit Kebudayaan Korea
  • Bidang Kewirausahaan
    • Koperasi Mahasiswa
    • HIPMI Tel-U (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia)
    • IMA Tel-U (Indonesia Marketing Association)
  • Bidang Penalaran
    • Central Computer Improvement (CCI)
    • Student English Club (SEC)
    • Studi Jurnalistik, Sastra, dan Film (Aksara)
    • Robotic Club
    • Programming Club
    • Tel-U Satellite Society
    • Aeromodelling, Payload, and Telemetry
    • SEARCH (Student's Activity for Research and Competition Handling)
    • Pramuka Racana Tarumanagara (Gudep 27.139-27.140)
    • Amateur Radio Club (Tel-U ARC)
    • Esfera (TV Broadcasting Club)
    • T-Radio (FM & Internet Radio Broadcasting Club)
    • Tel-U IEEE Student Branch
  • Komunitas
    • Paguyuban Mahasiswa Telkom Tasikmalaya
    • Ikatan Mahasiswa Banyumas (Iwak Mas)
    • Tel-U AIESEC
    • Tel-U Against AIDS (IAA)
    • Goweser
    • Perhimpunan Mahasiswa Bandung (Permib)
    • Family of Rain City (Forcy)
    • Perkumpulan Mahasiswa Bekasi

Alumni[sunting | sunting sumber]

Jumlah Alumni[sunting | sunting sumber]

Jika dihitung sejak angkatan pertama masing-masing perguruan tinggi hingga sebelum bergabung menjadi Telkom University, jumlah alumni STT Telkom/IT Telkom, MBA Bandung/STMB Telkom/IM Telkom, Politeknik Telkom, dan STISI Telkom adalah 24.150 orang. Jumlah tersebut merupakan jumlah awal alumni Telkom University yang kemudian terus bertambah sejak Wisuda Perdana Telkom University pada tanggal 29-30 November 2013 (Wisuda ke-1 Tahun Akademik 2013/2014) hingga Wisuda ke-5 Telkom University (Wisuda ke-2 Tahun Akademik 2014/2015) pada tanggal 28 Maret 2015 secara kumulatif menjadi 29.370 orang.

Mereka telah bekerja di berbagai sektor pembangunan dengan bermacam-macam profesi yang tersebar di 24 negara, yaitu Indonesia, Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru, Timor Leste, China, Jepang, Korea Selatan, Jerman, Netherland, Perancis, Belgia, Swedia, Norwegia, United Kingdom, Nigeria, Uzbekhistan, Qatar, Saudi Arabia, Uni Emirat Arab, Vietnam, Brunei Darussalam, Malaysia, dan Singapura.

Organisasi Alumni[sunting | sunting sumber]

Organisasi Alumni Telkom University bernama Forum Alumni Universitas Telkom disingkat FAST dan dalam bahasa Inggris disebut Telkom University Alumni Forum. FAST dideklarasikan sebagai organisasi Alumni di tingkat universitas pada tanggal 2 Oktober 2014. Deklarasi ini diikuti oleh para perwakilan Alumni Perguruan Tinggi:

  1. Sekolah Tinggi Teknologi Telkom atau Institut Teknologi Telkom;
  2. Master of Business Administration Bandung atau Sekolah Tinggi Manajemen Bisnis Telkom atau Institut Manajemen Telkom;
  3. Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Bandung dan Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Telkom;
  4. Politeknik Telkom; dan
  5. Universitas Telkom.

Dengan deklarasi tersebut, Forum Alumni Universitas Telkom (FAST) kini menjadi perkumpulan yang beranggotakan seluruh Alumni Universitas Telkom dan anggota perkumpulan Alumni yang telah ada sebelum penggabungan, yaitu:

  1. Forum Alumni Institut Teknologi Telkom;
  2. Ikatan Alumni Institut Manajemen Telkom;
  3. Ikatan Alumni STISI Telkom; dan
  4. Ikatan Alumni Telkom Applied Science School.

Presiden Forum Alumni Universitas Telkom periode 2014-2016 adalah Henry Christiadi.

Dalam setiap Sidang Terbuka Senat Telkom University dalam rangka wisuda, setelah prosesi pelantikan lulusan oleh Rektor/Ketua Senat dan pembacaan janji lulusan, dilaksanakan tradisi simbolis penyerahan data wisudawan yang menjadi alumni baru kepada Presiden FAST.

Notable Alumni[sunting | sunting sumber]

Alumnus Profesi Pendidikan
Gina Sonia Managing Director PT. Byond Communications, penyiar dan pembaca berita di TVRI S1 Universitas Padjadjaran
MBA Bandung - Asian Institute Management Philippines (1991)
Herdy Rosadi Harman Direktur Human Capital Management Telkomsel
Direktur PT. Telkom Indonesia (2014-sekarang)
S1 Ilmu Hukum Universitas Padjadjaran (lulus 1986)
MBA Bandung - Asian Institute Management Philippines (1993)
Master of Law (LLM), Washington College of Law, USA (1998)
Faisal Syam Direktur Human Capital and General Affairs PT. Telkom Indonesia (2007 - 2012) S1 Matematika - Universitas Sumatera Utara
S2 Manajemen - STMB Telkom (lulus 1998)
Honesti Basyir Direktur Keuangan PT. Telkom Indonesia (2013 - sekarang) S1 Teknik Industri - ITB (1992)
S2 Corporate Finance - STMB Telkom (lulus 2004)
Judi Ahmadi Direktur Utama PT. Sigma Cipta Caraka (telkomsigma) S1 Teknik Fisika ITS
S2 Manajeman - STMB Telkom (lulus 2005)
Beijing University
The Kellogg Management University, Chicago, USA
Dedi Suherman Direktur Utama PT. Telekomunikasi Indonesia International (Timor Leste) S.A. (Telkomcel) S1 Teknik Telekomunikasi - STT Telkom (1991-1995)
Master in Telecommunication Engineering - RMIT University (1995-1997).
Jeamy Gumilarsjah Direktur Utama PT. Telekomunikasi Indonesia Australia S1 Teknik Telekomunikasi - STT Telkom (1991-1995)
Master of Business Administration (MBA) - ITB (2008-2010)
Kharisma Direktur PT. Telekomunikasi Indonesia Australia S1 Teknik Telekomunikasi - STT Telkom (1991-1995)
Master in Management of Information Systems - ITB (2003-2005)
Budi Satria Dharma Purba Vice President Wholesale and International - Network Services PT. Telkom Indonesia S1 Teknik Telekomunikasi - STT Telkom (1991-1995)
Master in Telecommunication Engineering - RMIT University (1995-1997)
Prasabri Pesti Executive General Manager - Divisi Telkom Barat PT. Telkom Indonesia S1 Teknik Telekomunikasi - STT Telkom (1991-1996)
Master of Business Administration (MBA), UGM (2006–2009).
Budhi Setyawan Direktur Teknologi dan Jasa Keuangan PT. Pos Indonesia S1 Teknik Informatika - STT Telkom (lulus 1997)
Magister Teknik dan Manajemen Industri - ITB
Doktor in Policy, Economics, and Management of Technology - Seoul National University, South Korea (lulus 2010).
Eka Sofyan Rizal Direktur dan Desainer Studio Desain Grafis PAPRIEKA
Ketua Forum Desain Grafis Indonesia (FDGI)
S1 Desain Komunikasi Visial - STISI Telkom (angkatan 1991)
Bakhtiar Rosyidi Director of Finance and Human Resources PT Sigma Cipta Caraka (telkomsigma) S1 Teknik Telekomunikasi - STT Telkom (1992-1997)
Tri Gunadi Director and Chief Business Development Officer PT. MD Media S1 Teknik Telekomunikasi - STT Telkom (1992-1997)
Lintong Simaremare praktisi kegiatan sosial dan penulis buku-buku inspirasi best seller: Bread For Friends; Pieces Of Keys At Work; Bread For Venus; Bread For Reflecions S1 Teknik Telekomunikasi - STT Telkom (1992-1998)
Henry Christiadi Vice President Regulatory Management PT. Telkom Indonesia S1 Teknik Telekomunikasi - STT Telkom (1992-1996)
Mochamad James Falahuddin Pendiri dan Direktur Utama CEO PT. Codephile Rekadaya Mandiri S1 Informatika - STT Telkom (1992-1997)
Aiman Witjaksono Jurnalis, Pembawa Berita dan Dialog di Kompas TV (dan sebelumnya di RCTI) S1 Teknik Industri - STT Telkom (1996-2000)
S2 Manajemen Komunikasi, Komunikasi Politik dan Media Massa Universitas Indonesia (lulus 2010)
Cut Noosy Keumalafajri Vice President Service Partnership Management PT. XL Axiata, satu-satunya wakil Asia yang memenangkan penghargaan International Women Rising Talents - Egon Zehnder International Eurazeo & International Women Forum di Deauville, Perancis pada 16-18 Oktober 2013 S1 Teknik Telekomunikasi - STT Telkom (1996-2001)
Master of Telecommunication, Universitas Indonesia (2003-2005)
Roby Roediyanto Commissioner PT. Multimedia Nusantara (TelkomMetra)

Vice President Corporate Finance PT. Telkom Indonesia

S1 Teknik Telekomunikasi - STT Telkom (1991-1995)

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Catatan Kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sejarah Telkom University, di situs resminya.
  2. ^ Peta Kampus Dayeuhkolot dapat dilihat di sini [1].