Universitas Islam Makassar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Universitas Islam Makassar disingkat UIM adalah salah satu perguruan tinggi Islam di Kota Makassar. UIM merupakan merger dari dua sekolah tinggi, yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) Al Gazali dan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Gazali. Pada tahun 2000 atas izin dari Dikti, maka didirikanlah Universitas Islam Makassar dengan delapan fakultas,yaitu

Fakultas Agama Islam

Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik

Fakultas Pertanian

Fakultas Teknik

Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam

Fakultas Sastra dan Humaniora

Fakultas Ilmu Kesehatan

Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan

Pada tahun pertama, Prof. Dr. Zainuddin Taha, guru besar linguistik di Universitas Negeri Makassar (UNM) dipercaya oleh Yayasan untuk menjadi rektor sampai dengan tahun 2004. Setelah itu, adalah Prof. Dr. Mansur Ramly, Prof. Dr. Ir. Muh. Arif, Dipl Ing. dan saat ini Dr. Ir. Majdah M. Zein

Fakultas Agama Islam[sunting | sunting sumber]

Berawal dari akademi Dakwah yang dikelola oleh Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) dan dipimpin oleh Almarhum H. Husain Abbas (Ketua Tim Pembentukan UIM) bersama Umar Syihab, diresmikan berdirinya pada tanggal 21 Februari 1966 oleh Rektor Universitas Hasanuddin, Mr. Muh. Natsir Said.

Dengan orasi ilmiah/studium general oleh Drs.Ahmad Dahlan bertempat di Gedung NU Jalan Irian 72 Makassar.

Akademi Dakwah kemudian menjadi Fakultas Dakwah bernaung di bawah Universits Nahdlatul Ulama (UNNU) mula-mula dipimpin oleh Drs.H. Muhyiddin Zain sebagai Rektor.

Akademi Da’wah mula-mula dipimpin oleh Drs.H.Umar Syihab, kemudian ditingkatkan menjadi Fak. Da’wah UNNU yang dipimpin oleh Umar Syihab (1973-1975). di dampingi oleh K.H.M. Sanusi Baco, K.H.A. Rahim Amin, Bustani Syarif dan H. Mohtar Husein, H.Sahabuddin dan H. Iskandar Idi, kemudian secara berturut turut oleh H.Abd..Rahim Amin (1975-1979), di dampingi oleh H.Mahmud Abbas, H.A. Rahman Idrus dan Mubarak Pataba, kemudian dilanjutkan oleh H.Arsyad Parenrengi didampingi oleh H. Arisah AS, Fahruddin D dan M. Amin Daud serta H.Adam Mama sampai terbentuknya Sekolah Tinggi Ilmu Da’wah (STID) Al Gazali.

STID Al Gazali yang berada dalam pembinaan Kopertais mula-mula di pimpin oleh H.A.Rahim Amin, kemudian H.Bustani Syarif, H. Mohtar Husein, H.Mahmud Abbas, H.Patombongi Badrun, H. Busaeri Juddah sampai ke Dr.H.A. Kadir Ahmad.

Pada masa kepememimpinan Drs.H.Pat Badrun pada tahun 1990 STID resmi berubah menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) berdasarkan SK Menteri Agama RI Nomor 6 tahun 1990 tanggal 25 April 1990. Kemudian di lanjutkan Oleh Drs.K.H.M.Busaeri Juddah pada tahun 1995-1997. Kemudian pada akhir tahun 1997 STAI Al-Gazali Makassar di pimpin oleh Dr.H.Abd Kadir Ahmad, MS sampai terbentuknya Univ. Islam Makassar pada tahun 2000.

Setelah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Gazali Makassar resmi berintegrasi dengan Universitas Islam Makassar dengan nama Fakultas Agama Islam (FAI) dengan mengacu pada SK Menteri Agama RI. No. E/100/2001. Saat ini membina Program Strata Satu (S1) Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI). Untuk jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) kini telah memprole predikat Akreditasi B dari Dirjen DIKTI Departemen Pendidikan Nasional.. Pada tahun 2004 Universitas Islam Makassar dibawah kepemimpinan Prof.Dr.H.Mansyur Ramly yang mengangkat Dr.H.Abd.Kadir Ahmad, MS menjadi Pembantu Rektor III mendampingi dia. Fakultas Agama Islam kembali dipimpin oleh Ibu Hj. Mardyawati Yunus, M.Ag. Pada Tahun 2007 Dr.Ir.Hj.Majda M. Zain melalui rapat senat terpilih menjadi Rektor Universitas Islam Makassar dan Hj.Mardyawati Yunus, M.Ag dipercayakan untuk menjadi Wakil Rektor III mendampingi dia, sehingga kini Fakulas Agama Islam UIM kembali dipimpin oleh Badruddin Kaddas, S.Ag., M.Ag sampai sekarang.

Berdasarkan uraian fakta sejarah di atas maka Fakultas Agama Islam cikal bakal berdirinya berawal dari Akademi Dakwah pada tanggal 21 Februari 1966 maka pada tanggal 21 Februari 2007 Dies Natalis yang ke 41.

Dekan :  Dr. H. M. Ruslan, MA.
PD I : Dr. H. Afifuddin Harisah, Lc.
PD II : Dra. Hj. St. Aisyah Abbas, M.Ag.
PD III : Dr. Muh. Haras Rasid, M.Ag.
Ka. Prodi PAI & Ekonomi Sariah
: Masri, S.Th.I., M.Th.I.
Ka. Prodi PGMI & KPI : Asriani Tahir, S.Pd., M.Pd.
Ka. Lab Hadis
: Musbaing, M.Pd.I.
Administrasi :
Staf                           : Fathuddin, S.Sos.
Staf : Sari Suasanti, S.Pd.I.
Staf                           : Herwana, S.Pd.I..                        

Ada empat  jurusan pada Fakultas Agama Islam yaitu :

a.      Pendidikan Agama Islam

b.      Komunikasi & Penyiaran Islam

c.       Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

d.      Ekonomi Syariah

Untuk lebih jelasnya silahkan mengunjungi website official Fakultas Agama Islam

Atau dapat melalui email Fakultas Agama Islam : [[1]]  atau faiuim_info@yahoo.com

Sumber Berita: www.teraskreasi.com


http://uim-makassar.ac.id/hal-fakultas-agama-islam.html#ixzz48vhwjnc2

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik[sunting | sunting sumber]

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (SOSPOL) UIM berdiri sejak peralihan nama kampus STIP/STID Al-Gazali ke Universitas Islam Makassar (UIM) pada tanggal 6 Juni 2000. Pada awal berdirinya Fakultas SOSPOL UIM membina 2 (dua) jurusan yaitu jurusan Ilmu Komunikasi dan Ilmu Administrasi Niaga. Seiring dengan perkembangan waktu dan tuntutan modernisasi akademik, maka jurusan Ilmu Administrasi Niaga pada tahun 2010 berubah nama menjadi jurusan Ilmu Administrasi Bisnis, hal ini disebabkan karena kemajuan perekonomian negara dan pertumbuhan ekonomi di kawasan Asia Pasifik sehingga perubahan nama jurusan pun dilakukan. Adapun jurusan Ilmu Komunikasi telah memperoleh akreditasi dari BAN-PT No.010/BAN-PT/Ak-XI/S1/VI/2008 sementara jurusan Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis juga telah terakreditasi dengan No.036/BAN-PT/Ak-XI/S1/I/2009. Sedangkan tenaga pengajar Fakultas SOSPOL UIM berkualifikasi S1, S2, S3 dan Guru Besar, baik sebagai Dosen Tetap Yayasan, Dipekerjakan, maupun Dosen Luar Biasa.

Dalam perkembangannya Fakultas SOSPOL UIM menambah 1 prodi/jurusan yaitu Ilmu Administrasi Negara/Publik dan mengalami pertumbuhan jumlah mahasiswa yang cukup pesat, olehnya itu proses belajar mengajar sudah diupayakan menggunakan media pembelajaran yang berbasis teknologi informasi, beberapa dosen pada perkuliahan menggunakan LCD serta pemanfaatan media audio visual. Sebagai konsekuensi mahasiswa Fakultas SOSPOL UIM yang semakin banyak, maka layanan akademik dan administrasi secara bertahap sudah dilakukan dengan sistem komputerisasi dengan tujuan agar pelayanan terhadap mahasiswa dapat lebih efektif, cepat dan lancar.

VISI :

Menjadikan Fakultas yang berkualitas dan komitmen tinggi untuk terus meningkatkan keunggulan dalam penyelenggaraan Tri Darma Perguruan Tinggi dalam menghasilkan lulusan Islami berdasarkan nilai Ahlusunnah wal Jamaah di bidang ilmu sosial secara terpadu dan terkemuka di Indonesia Timur tahun 2016.

MISI :

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi sebagai pusat pengembangan ilmu sosial dan terapannya, berbasis penelitian untuk didedikasikan pada pembangunan bangsa dan kesejahteraan masyarakat
  2. Menyelengarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam rangka menghasilkan ilmu sosial yang berkulitas Islami.
  3. Mengembangkan IPTEK yang dilandasi profesionalisme dan nilai Islami berdasarkan Ahlusunnah wal Jamaah.
  4. Mengembangkan kerjasama institusi dan stakeholders untuk keberlanjutan programdi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIM.
  5. Menyelenggarakan fakultas yang mandiri dan berkualitas sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

TUJUAN :

  1. Menghasilkan sarjana berkualitas dalam bidang ilmu sosial, serta memiliki kemampuan menerapkan nilai-nilai etika dan prinsip ilmiah dan islami untuk kesejahteraan masyarakat.
  2. Memnfasilitasi kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang berkualitas dibidang ilmu sosial.
  3. Menghasilakn pemikir dan peneliti, baik secara ilmiah maupun populer dalam bidang ilmu sosial untuk disumbangkan pada pembangunan.
  4. Mempersiapkan lulusan yang profesional, ahli dan terampil didalam bidang sosial, berkemampuan wirausaha dan berjiwa pemimpin, berbudi luhur dan mempunyai kesadaran bertanggung jawab secara Islami berdasarkan nilai Ahlusunnah wal Jamah.
  5. Menjalin kerjasama dengan berbagai institusi dan stakeholders untuk pengembangan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIM.
  6. Menjadikan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik sebagai fakultas yang akuntabel, efesien, efektif, transparan, mandiri dan sesuai pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

MANAJEMEN :

Dekan : Dra. Hj. Zohrah, M.Si.
PD I : Dr. Mochtar Lutfhi, M.Si.
PD II : Nahdiana, S.Sos., M.Si.
KPS Ilmu Komunikasi : Nahdiana, S.Sos., M.Si.
KPS Administrasi Bisnis : Drs. Zulkarnain Umar, M.Si.
KPS Admininistrasi Publik : Drs. Zulkarnain Umar, M.Si.
Staf : Ahmad Wasil, S.Sos.

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik memiliki 3 jurusan dan program study yaitu :

a.      Ilmu Administrasi Bisnis

b.     Ilmu Administrasi Negara/Publik

c.       Ilmu Komunikasi

Untuk informasi detail silahkan kunjungi website official :  FISIP  U I M

Atau bisa melalui email Fakultas FISIP : [[2]]

Sumber Berita: www.teraskreasi.com


http://uim-makassar.ac.id/hal-fakultas-ilmu-sosial-dan-ilmu-politik.html#ixzz48vcMCIXE

Fakultas Pertanian[sunting | sunting sumber]

Universitas Islam Makassar (UIM) merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di Kota Makassar yang berawal dari Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) dan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI). Kedua sekolah tinggi ini berdiri sejak tahun 1966 yang berada dibawah naungan Yayasan Perguruan Tinggi Al-Gazali. Sejak tahun 2000, oleh pengurus yayasan merubah status kedua sekolah tinggi tersebut menjadi universitas yang diberi nama Universitas Islam Makassar.

Fakultas Pertanian merupakan salah satu fakultas yang ada di Universitas Islam Makassar. Diawal berdirinya Fakultas Pertanian membawahi 4 (empat) program studi yaitu Program Studi Agribisnis, Program Studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian (PKP), Program Studi Agronomi serta Program Studi Hama dan Penyakit Tanaman (HPT). Khusus Program Studi Agribisnis dan PKP berdiri dan beroperasi penuh sejak tahun 2000 dengan turunnya Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Mendikbud RI) Nomor 71/D/O/2000.

Semula Program Studi Agribisnis dan Program Studi PKP terpisah, namun pada tahun 2008 sejalan dengan revitalisasi Fakultas Pertanian se- Indonesia, maka program studi yang dikelola hanya Program Studi Agribisnis dengan bidang minat/kekhususan Agribisnis dan PKP begitu pula dengan Program Studi Agroteknologi dengan minat/kekhususan Agronomi dan HPT. Dalam operasional program studi sejak berdiri tahun 2000, Program Studi Agribisnis dan PKP telah diakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada tahun 2005. Setelah menunggu beberapa bulan lamanya, maka turunlah SK BAN  PT Nomor 002/BAN-PT/Ak-X/S1/V/2006 yang menyatakan bahwa Program Studi Agribisnis dengan nilai akreditasi terakhir B, selanjutnya tahun 2012 dilakukan kembali reakreditasi program studi Agribisnis dengan SK No.028/BAN-PT/Ak-XV/S1/X/2012 dengan nilai B. Program studi Agroteknologi juga telah di reakreditasi ulang pada tahun yang sama dengan SK No.032/BAN-PT/Ak-XV/S1/X/2012 dengan nilai akreditasi B.

MANAJEMEN :

Dekan :  Dr. Ir. H. La Sumange, M.Si.
PD I : Syamsul Rahman, STP., M.Si.
PD II : Ir. Ruhumuddin S, MP.
Ka. Prodi Agroteknologi : Ir. Jamila Messa, MP.
Ka. Prodi Agribisnis : Ir. Awaluddin Rauf, M.Si.
Ka. Laboratorium : Zulfitriani Dewi Mustika, SP., MP.
Staf : Azizah, SE., M.Si.
Staf : Jusman, S.Pd.I.

DOSEN  PENGAMPU : 

1. Prof. Dr. Ir. H. Kahar Mustari, MS
2. Prof. Dr. Ir. H. Badrun Zakariah,MS
3. Prof. Dr. Ir. H. Yunus Musa, M.Sc
4. Prof. Dr. H. Abd. Rahman Idrus, M.Pd
5. Prof. Dr. H. Guntur Yusuf, MS
6. Prof. Dr. Ir. Hj. Farida Nurland, MS
7. Prof. Dr. Ir. H. A. Rahman Mappangaji, MS
8. Prof. Dr. Ir. Darmawan Salman, MS
9. Dr. Ir. Hj. A. MajdahM. Zain, M.Si
10. Dr. Ir. H. Darmawan, MS
11. Ir. A. M. Adnan, Ms., Ph.D
12.  Dr. Ir. Ayu Kartini Parawangsa, MP
13. Dr. Ir. Iskandar Hasan, M.Sc
14. Dr. Ir. Vien Santika Dewi, MS
15. Dr. Ir. Abdul Wahid Rauf, MP
16. Ir. Haryanti Ridwan, MP., Ph.D
17. Dr. Ir. Hj. Suryawati Salam, M.Si
18. Dr. Ir. Aylee Christian Alamsyah, M.Si
19. Dr. Ir. Hj. Ratnawati Tahir, M.Si
20. Prof. Dr. H. Ansar, SE., M.Si
21. Prof. Dr. H. Jalil Faisal, MS
22. Prof. Dr. Ir. Baharuddin, Dipl. Ing
23. Dr. Ir. Suhardi Mulia, MS
24. Dr. Ir. A. Ardin Tjatjo, MP
25. Prof. H. Zaib=nuddin Thaha
26. Prof. Dr. Ir. H. Muh.Restu, MP
27. Dr. Junaidin Zakariah, SE., M.Si
28. Dr. Ir. Haris Bahrun, MS
29. Dr. Ir. Yulis Sayang, MP
30. Ir. Uvan Nurwahidah, MP
31. Dr. Andi Sinrang, MS
32. Drs. H. Anwar Pane, M.Ag
33. Drs. K.H. Bustani Syarif
34. Drs. H. Abdurrahman
35. Dr. Ir. Musdalifah Mahmud, M.Si
36. Dr. Ir. Abd. Kadir Bunga, MP
37. Dr. Ir. La Sumange, M.Si
38. Dr. Ir. Rahmat Jahuddin, MP
39. Dr. Ir. Amal Said, M.Si
40. Ir. A. Abd. Rahman Syafar, MP
41. Ir. Awaluddin Rauf, M.Si
42. Dr. Ir. Suardi Bakri, MP
43. Dr. Helda Ibrahim, SP., M.Si
44. Ir. Ruhumuddin S, MP
45. Syamsul Rahman, S.TP., M.Si
46. Ir. Masyur D. Lossen, MP
47. Ir. Hanapi, MP
48. Ir. Jamila Hasri, MP
49. Ir. A. Kasirang Baso, M.Si
50. Ir. Azhar Amrah Mattone, MP
51. Ir. Awaluddin Yunus, M.Pd
52. Ir. Titi Nuriani, MP
53. Ir. Sulfiana, M.Si
54. Ir. Djuniati MD, M.Si
55. Ir. Herman Nursaman, MP
56. Ekalestari Aryanti, SP., MP
57. Ir. Helda Ibrahim, M.Si
58. Ir. Hj. Inawaty Sidabalok, M.Si
59. Ir. Hj. Fatmawati Mahmud, MP
60. Zulfitriani, SP., MP
61. Suriani, SP., MP
62. Ade Sugiarti, Sp., MP

Fakultas Pertanian terdiri atas dua Program Studi yaitu : Agribisnis dan Agroteknologi

Untuk Informasi lebih detail silahkan mengunjungi website official Fakultas Pertanian atau dapat melalui email Fakultas Pertanian : [faperta@uim-makassar.ac.id]

Sumber Berita: www.teraskreasi.com


http://uim-makassar.ac.id/hal-fakultas-pertanian.html#ixzz48vdoWfUj

Fakultas Teknik[sunting | sunting sumber]

Fakultas Teknik Universitas Islam Makassar (UIM), telah lama berdiri semenjak Universitas Islam diresmikan. Fakultas ke 3 yang berdiri di Universitas Islam Makassar dengan karakteristik yang dari yang lain. Fakultas yang berlokasi di sebuah kampus sejuk di dalam Kota Makassar dengan fasilitas gedung kuliah, gedung kemahasiswaan. laboratorium. perpustakaan, masjid, kafetaria teknik, sarana olahraga, parkiran dan akses internet yang merata diseluruh wilayah menjadikan Fakultas Teknik pilihan yang tepat bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri.

VISI :

Menjadikan Fakultas Teknik UIm Sebagai Pilot Pembinaan Program Studi terkemuka dalam menyelenggarakan pendidikan tinggi yang unggul dibidang IPTEK dan IMTAK.

MISI :

Menyelenggarakan berbagai bidang program studi yang berorientasi pada perkembangan IPTEK untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas dan profesional dibidangnya yang mampu memadukan kecerdasan intelektual, emosional dan spritual dalam upaya menegakan nilai-nilai ke-Islaman dengan masyarakat madani demi keselamatan ummat.

MANAJEMEN :

Dekan : Suradi, ST., MT.
PD I : Ahmad Hanafie, ST., MT.
PD II : Hj. Sriwati, ST., MT.
Ka. Prodi Tek. Elektro & Tek. Mesin : Ir. Bowasis Umar, M.Si.
Ka. Prodi Tek.Informatika & Tek.Industri : Andi Haslinda, M.Si.
Ka. Lab. Komputer : Dr. Andi Muh. Arif Bijaksana
Ka. Lab. Tek. Industri & Tek. mesin : Jamaluddin, ST.

Fakultas Teknik terdiri dari 4 program studi diantaranya :

1.     Teknik Elektro

2.     Teknik Industri

3.     Teknik Informatika

4.     Teknik Mesin

Sumber Berita: www.teraskreasi.com


http://uim-makassar.ac.id/hal-fakultas-teknik.html#ixzz48veJI9tr

Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam[sunting | sunting sumber]

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan (MIPA) UIM berdiri sejak peralihan nama kampus STIP/STID Al-Gazali ke Universitas Islam Makassar (UIM) pada tanggal 6 Juni 2000. Pada awal berdirinya Fakultas MIPA UIM membina jurusan Farmasi, Kimia dan Biologi, namun dalam perkembangannya hanya 2 (dua) jurusan yang beroperasi dengan maksimal yaitu jurusan Farmasi dan Kimia. Adapun jurusan Farmasi telah memperoleh akreditasi dari BAN-PT No.025/BAN-PT/Ak-XI/S1/X/2008 sementara jurusan Kimia masih dalam proses akreditasi. Adapun tenaga pengajar Fakultas MIPA UIM berkualifikasi S1, S2, S3 dan Guru Besar, baik sebagai Dosen Tetap Yayasan, Dipekerjakan, maupun Dosen Luar Biasa.

Dalam perkembangannya Fakultas MIPA UIM selalu menjadi salah satu Fakultas favorit di UIM, proses belajar mengajar menggunakan media pembelajaran yang berbasis teknologi, beberapa dosen pada perkuliahan menggunakan LCD serta pemanfaatan media audio visual. Sebagai konsekuensi mahasiswa Fakultas MIPA UIM yang semakin banyak, maka layanan akademik dan administrasi secara bertahap sudah dilakukan dengan sistem komputerisasi dengan tujuan agar pelayanan terhadap mahasiswa dapat lebih efektif, cepat dan lancar. 

VISI :

Menjadi Fakultas Sains berkualitas yang Islami dan Unggul di Kawasan Timur Indonesia dengan mengembangkan peran dinamis umat Islam melalui ilmu sains yang berwawasan ilmu alamiah dan amal ilmiah.

MISI :

Melaksanakan pendidikan dan pengembangan pengetahuan ilmu sains, pengayaan budaya, etika dan norma setinggi mungkin bagi mahasiswa melalui proses belajar mengajar yang dirancang secara baik dan cermat sehingga menjadi rahmatan lil alamin. 

Memperluas dan memperdalam penelitian secara terpadu dalam aspek ilmu sains, khususnya ilmu farmasi dan kimia. 

Secara terus menerus memelihara dan meningkatkan peran ilmu sains dan mendorong kemandirian masyarakat.

MANAJEMEN :

Dekan :  Prof. Dr. H. Guntur Yusuf, MS.
PD I : Nur Ida, S.Si., M.Si, Apt.
PD II : Yasnidar, S.Si., M.Si.
KPS Farmasi : M. Rusdi, S.Si., M.Si, Apt.
KPS Kimia : Tahirah Hasan, S.Si., M.Si.
Staf TU : Hasmawati, S.Sos.

Fakultas Matematikan dan Ilmu Pengetahuan Alam memiliki 2 jurusan dan program studi yaitu :

a.      Farmasi

b.      Kimia

Untuk informasi detail silahkan kunjungi website official Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahun Alam.

Atau dapat melalui email Fakultas MIPA : [fakmipa@uim-makassar.ac.id]

Sumber Berita: www.teraskreasi.com


http://uim-makassar.ac.id/hal-fakultas-matematika-dan-ilmu-pengetahuan-alam.html#ixzz48vepOAgP

Fakultas Sastra dan Humaniora[sunting | sunting sumber]

Fakultas Sastra adalah salah satu diantara tujuh fakultas yang ada di lingkungan Universitas Islam Makassar di luar daripada Pasca Sarjana. Dimana Fakultas Sastra ini berdiri sejak peralihan nama kampus STIP/STID Al-Gazali ke Universitas Islam Makassar (UIM) pada tanggal 6 Juni 2000. Pada awal berdirinya Fakultas Sastra membina beberapa jurusan diantaranya Sastra Inggris, Sastra Indonesia dan Sastra Arab, namun seiring dengan perkembangnya sampai saat ini hanya Jurusan Sastra Inggris yang baru terakreditasi dengan SK Akreditasi oleh BAN PT No. 002/BAN-PT/Ak-XII/S1/IV/2009. Adapun jurusan baru yang rencana kami buka diantaranya; Jurusan Pendidikan Guru dan Sekolah Dasar (PGSD), Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris dan Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia.  Adapun tenaga pengajar Fakultas Sastra UIM berkualifikasi S2, S3, dan Guru Besar baik sebagai dosen tetap Yayasan, Dipekerjakan, maupun dosen Luar Biasa dari UNHAS dan UNM.

VISI :

Pada tahun 2020 menjadi Lembaga Pendidikan Tinggi yang unggul dalam bidang Ilmu Pendidikan dan Sastra, adaptif terhadap perkembangan Iptek berasaskan nilai-nilai Aswaja dan berbasis kearifan lokal.

MISI :

a. Menyediakan sarana dan lingkungan yang kondusif dan demokratis bagi pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang efektif dan efesien.

b. Melaksanakan dan meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran dalam bidang ilmu pendidikan sastra (Pendidikan 

Guru Anak Usia Dini, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris, Pendidikan Bahasa dan 

Sastra Indonesia, dan sastra Inggris) dengan menggunakan kurikulum yang aplikatif dan inovatif serta 

memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

c. Mengembangkan kegiatan penelitian dalam bidang Ilmu Pendidikan dan Sastra yang berkualitas, kritis, kreatif, realistik, Islami dan berbasis kearifan lokal dengan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi.

d. Mengembangkan kegiatan pengabdian masyarakat dengan berorientasi pada pemberdayaan masyarakat lokal yang 

berwawasan global dan memerhatikan asas kemanfaatan yang maksimal untuk masyarakat.

e. Mengupayakan publikasi hasil penelitian dan pengabdian masyarakat melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Islam Makassar.

f. Meningkatkan kualifikasi SDM baik Dosen, Karyawan maupun Mahasiswa, khususnya kemampuan berbahasa Inggris sebagai bahasa internasional dengan mengoptimalkan pemanfaatan fasilitas Lembaga Pusat Bahasa Universitas Islam Makassar, dan

g. Menjalin kerjasama saling menguntungkan dengan pihak-pihak terkait dalam rangka meningkatkan mutu lulusan.

MANAJEMEN :

Dekan :  Prof. Dr. H. Abd. Jalil Faisal, MS.
Pembantu Dekan I : Djaenad, S.Ag., M.HI.
KPS. Sastra Arab :
KPS. Sastra Inggris : Warsidi, S.Pd., M.Hum.
KPS. Sastra Indonesia : Warsidi, S.Pd., M.Hum.
KPS. Sastra Mandarin :

Fakultas Sastra memiliki 4 program studi diantaranya :

a. Sastra Arab 

b. Sastra Indonesia

c. Sastra Inggris

d. Sastra Mandarin (direncanakan)

Untuk informasi detail silahkan mengunjungi website official Fakultas Sastra & Humaniora

atau dapat melalui email Fakultas Sastra : [[3]]

Sumber Berita: www.teraskreasi.com


http://uim-makassar.ac.id/hal-fakultas-sastra-dan-humaniora.html#ixzz48vfVuCwH

Fakultas Ilmu Kesehatan[sunting | sunting sumber]

Menjadikan Fakultas terdepan dalam melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi

yang Islami dan berbudaya pada pelayanan kesehatan di seluruh lapisan masyarakat.

MISI :

  • Menyelenggarakan pendidikan tinggi Islami yang dapat meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan.
  • Mengelola upaya kesehatan secara profesional dengan memanfaatkan sumber daya yang berkualitas dan berbudaya untuk peningkatan kesehatan melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
  • Mengembangkan Ilmu Pengetahuan, teknologi dan seni untuk menunjang pelayanan kesehatan khususnya berkaitan dengan pola ilmiah pokok yang digunakan.
  • Melaksanakan tenaga kesehatan yang profesional, berakhlak, berbudaya dan berkualitas jati diri bangsa yang islami.

TUJUAN :

  • Menjadikan manusia dan masyarakat luas untuk dapat profesional yang beriman dan islami serta bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  • Mampu mengembangkan kinerja individu dan kelompok serta masyarakat dalam upaya mencapai penyelesaian masalah kesehatan secara menyeluruh dalam sistem pelayanan kesehatan.
  • Berwawasan keilmuan, berpenampilan islami dan tanggap terhadap Ipteks, khususnya di bidang kesehatan dan keperwatan.

Fakultas Kesehatan memiliki program study yaitu Keperawatan   dan  Profesi NERS 

Untuk informasi detail silahkan kunjungi website official Fakultas Kesehatan UIM

Informasi dapat melalui email Fakultas Kesehatan : [fik@uim-makassar.ac.id]

Sumber Berita: www.teraskreasi.com


http://uim-makassar.ac.id/hal-fakultas-kesehatan.html#ixzz48vgdkHsL

Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Izin Penyelenggaran :

SK Kemendikbud Ditjen DIKTI No. 1704/E1.3/HK/2013 

VISI :

  • Terwujudnya pendidik dan tenaga kependidikan yang memiliki kompetensi kepribadian, paedagogik, sosial dan profesional yang unggul dan berwawasan IPTEKS berazaskan nilai-nilai ASWAJA.

MISI :

  • Meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran yang dapat menghasilkan pendidik dan tenaga kependidikan yang profesional.
  • Mengembangkan kegiatan penelitian dalam bidang keguruan dan ilmu pendidikan yang berkualitas, kritis, kreatif berbasis kearifan lokal.
  • Mengembangkan kegiatan pengabdian masyarakat dengan berorientasi pada penguatan jaringan yang berwawasan global dengan memperhatikan azas kemanfaatan dalam mengembangkan kecerdasan intelektual, emosional dan spritual.
  • Melengkapi sarana dan fasilitas pendidikan sesuai kebutuhan dan standar operasional prosedur.
  • Menjalin kerjasama saling menguntungkan dengan pihak terkait untuk meningkatkan kompotensi, profesionalitas, jiwa kewirausahaan civitas akademika dan lulusannya.

TUJUAN :

  • Menghasilkan pendidik dan tenaga kependidikan yang bermartabat dan inovatif berdasar pada nilai-nilai karakter bangsa.
  • Menghasilkan luaran yang memiliki kompetensi akademik yang profesional.
  • Menghasilkan produk-produk ilmiah dalam bidang keguruan dan ilmu pendidikan untuk meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas.

MANAJEMEN :

Dekan :  Dr. H. M. Arfah Shiddiq, M.A.
Wakil Dekan I : Dra. Hj. Andi Besse Marda, M.Pd.
Wakil Dekan II : Dra. Hj. Endang Ruswiyani, M.Pd.
KPS. PG-PAUD & PG-SD : Nasaruddin, S.Pd., M.Pd.
KPS. Pend. Bhs. Indonesia & Pend. Bhs. Inggris : Abdul Hakim Naba, M.Pd.

TENAGA PENGAJAR :

Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan memiliki 4 program studi diantaranya :

a.  Pendidikan Bahasa dan Sastra indonesia

b.  Pendidikan Bahasa Inggris

c.  Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

d.  Pendidikan Guru Anak Usia Dini (PG-PAUD)

Untuk informasi detail silahkan mengunjungi website official Fakultas Keguruan & Ilmu Kependidikan

atau dapat melalui email Fakultas Sastra : [[4]]

facebook: Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan,Universitas Islam Makassar

Sumber Berita: www.teraskreasi.com


http://uim-makassar.ac.id/hal-keguruan-dan-ilmu-pendidikan.html#ixzz48vgzVrwO

Fasilitas[sunting | sunting sumber]