Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta
Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.png
Lambang Universitas Jenderal Ahmad Yani Yogyakarta
MotoAditya Mahatma Daksa
JenisPerguruan Tinggi Swasta
Didirikan26 Maret 2018
RektorDr. Drs. Djoko Susilo, S.T., M.T.
(sejak 26 Maret 2018)
Lokasi,
Warna    
Situs webwww.unjaya.ac.id

Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta merupakan Universitas berlokasi di Yogyakarta di bawah naungan Yayasan Kartika Eka Paksi (YKEP) TNI Angkatan Darat hasil penggabungan Sekolah Tinggi Imu Kesehatan (Stikes) dan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (Stmik) Jenderal Achmad Yani Yogyakarta berdasarkan Surat Keputusan Kementerian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi Nomor 166/KPP/I/2018 tanggal 2 Februari 2018 dan diresmikan oleh Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono pada 26 Maret 2018. Sebagai Universitas di bawah YKEP TNI Angkatan Darat dan membawa nama besar Jenderal Achmad Yani, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta memiliki banyak "kekhasan" yang disesuaikan dengan tuntutan kemajuan teknologi dan tetap berpegang teguh pada nilai Nasionalisme dan Kejuangan Jenderal Achmad Yani yang tidak hanya unggul dan terdepan secara akademik melainkan juga unggul dalam hal kepribadian dan memiliki nilai-nilai profesional Achmad Yani yaitu Accountable (Akuntabel), Creative (Kreatif), Humanist (Humanis), Morality (Moral), Active (aktif), Discipline (Disiplin), Youth (Berjiwa Muda), Achievement (Pencapaian Prestasi), Normative (Taat Azas), dan Integrity (Integritas).

Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.jpg
Gedung Rektorat Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.jpg

Dengan berprinsip pada “Kampus Kejuangan” dan seiring dengan visi YKEP di bidang pendidikan yaitu “Tersedianya Lembaga Pendidikan Yang Mandiri, Terpercaya, Memiliki Keunggulan Kompetitif dan Menerapkan Tata Kelola Yang Baik Serta Mewarisi Jiwa/Semangat Kejuangan Jenderal Achmad Yani”, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta memiliki tiga kampus yaitu:

  1. Kampus 1 di Jalan Siliwangi, Ringroad Barat, Banyuraden, Gamping, Sleman, Yogyakarta yang digunakan sebagai Rektorat, Fakultas Teknik dan Teknologi Informasi, dan Fakultas Ekonomi dan Sosial
  2. Kampus 2 di Jalan Brawijaya, Ringroad Barat, Ambarketawang, Gamping, Sleman, Yogyakarta yang digunakan untuk Fakultas Kesehatan dan Sekretariat Penerimaan Mahasiswa Baru
  3. Kampus 3 di Jalan Kapten Haryadi Lojajar, Sinduharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta sebagai Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Achmad Yani

Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta dilengkapi berbagai fasilitas penjunjang pendidikan seperti ruang kuliah yang representatif, laboratorium berstandar, dan didukung berbagai fasilitas penunjang pendidikan diantaranya: laboratorium komputer, laboratorium Computer Based Test (CBT), laboratorium skill, asrama mahasiswi, masjid, area olahraga, hotspot area, dan kendaraan operasional. Selain fasilitas, kegiatan belajar mengajar di Unjani Yogyakarta menggunakan kurikulum terbaru yang disesuaikan dengan kebutuhan dan tetap berpegang teguh pada nilai-nilai kejuangan Jenderal Achmad Yani yang diampu oleh para Dosen yang sesuai dengan bidangnya. Selain itu, Unjani Yogyakarta juga telah melakukan kerja sama dengan bebagai pihak di dalam dan luar negeri untuk mendukung pengembangan akademik, penelitian, pengabdian, dan praktik mahasiswa, dimana sejak 2017 telah menjadikan RS DKT dr. Soejono Magelang sebagai Rumah Sakit Homebase.

Akreditasi, Fakultas, dan Program Studi[sunting | sunting sumber]

Program Studi (Prodi) di Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan telah terakreditasi Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes), dimana untuk Akreditasi Institusi telah terakreditasi dengan peringkat B berdasarkan SK BAN-PT Nomor: 394/SK/BAN-PT/Ak-PNB/PT/IX/2019. Saat ini Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta menyelenggaran 3 Fakultas dan 16 Prodi yaitu:

Fakultas Kesehatan (FKES) dengan Prodi:

Fakultas Teknik dan Teknologi Informasi (FTTI) dengan Prodi:

Fakultas Ekonomi dan Sosial (FES) dengan Prodi:

Kunjungan KAIT ke Jogja.jpg

Kerjasama Universitas[sunting | sunting sumber]

  • Takasaki University of Health and Welfare, Jepang
  • Kanagawa Institute of Technology, Jepang
  • Khon Kaen University, Thailand
  • University of Tasmania, Australia
  • Taipei Medical University, Taiwan
  • University of Tuzla, Bosnia and Herzegovina
  • University of Mostar, Bosnia and Herzegovina
  • University of Zenica, Bosnia and Herzegovina
Wisuda Tahun 2019.jpg

Kesempatan Potongan dan Beasiswa[sunting | sunting sumber]

  • Potongan Biaya Pendidikan sampai LULUS untuk Keluarga Besar TNI Angkatan Darat (KBAD)  sebesar 10 % untuk Fakultas Kesehatan dan 25 % untuk Fakultas Teknik & Teknologi Informasi dan Fakultas Ekonomi Sosial dengan melampirkan fotokopi KU-1 terakhir ketika melakukan pendaftaran.
  • Beasiswa Bidikmisi
  • Beasiswa Prestasi Akademik (BPA) Universitas
  • Beasiswa Prestasi Akademik LLDIKTI Wilayah V  Yogyakarta
  • Beasiswa Bank BRI, Bank BNI, Yayasan Kartika Eka Paksi, Kemedikbud, dan Pemerintah Daerah.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]