Universitas Muhammadiyah Semarang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Unimus Semarang

Universitas Muhammadiyah Semarang adalah sebuah perguruan tinggi swasta di Semarang. Pada awal berdirinya, Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS) adalah Perguruan Tinggi Kesehatan Muhammadiyah Semarang (PTKMS) yang telah berdiri sejak tahun 1982, terdiri dari 3 akademi yaitu : Akademi Keperawatan, Akademi Gizi dan Akademi Analis Kesehatan. Dengan tujuan untuk mengembangkan Amal Usaha Muhammadiyah, mulailah dirintis pendirian Universitas Muhammadiyah Semarang.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pendirian Universitas Muhamamdiyah Semarang mulai dirintis oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah sejak tahun 1996. Proses tersebut ditindaklanjuti dengan pembentukan Panitia Pendiri Universitas Muhamamdiyah Semarang berdasarkan Surat Keputusan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah Nomor : SK.PW/III.B/9.6/001/1997.

Dengan persiapan melalui pertemuan-pertemuan yang intensif, menghasilkan suatu kesepakatan pendirian Perguruan Tinggi dalam bentuk Universitas. Tanggal 4 Agustus 1999 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia menerbitkan Ijin Operasional Universitas Muhamamdiyah Semarang dengan Nomor : 139/D/O/1999.

Program studi yang memperoleh ijin Operasional pada awal pembukaan tahun 1999 sebanyak 14 program studi meliputi : program studi Kesehatan Masyarakat (S1), Program studi Statistika (S1), Program Studi Teknik Mesin (S1), Program Studi Teknik Mesin (DIII), Program Studi Teknik Elektro (S1), Program studi Teknik Elektro (DIII), Program Studi Teknologi Pangan (S1), Program Studi Teknologi Pertanian (S1), Program Studi Manajemen (S1), Program Stdui Administrasi Perusahaan (DIII), Program Stdui Akuntansi (DIII), Program Studi Bahasa Inggris (S1), Program Studi Bahasa Inggris (DIII), Program Studi Bahasa Jepang (DIII).

Dalam perkembangan pada tahun 2000 dibuka program studi Kesehatan Masyarakat (S1 Lintas Jalur), Program Studi Teknik Mesin (S1 Lintas Jalur), pada tahun 2001, Program Studi Keperawatan (S1) pada tahun 2002 dan Program Studi Keperawatan (S1 Lintas Jalur) pada tahun 2003.

Memasuki tahun kedua sesuai dengan amanah Sidang Tanwir Pimpinan Wilayah Muhamamdiyah di Karanganyar semua Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Semarang digabung dalam Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS) yang kemudian di tindaklanjuti dengan diterbitkannya Surat Keptusan Pimpinan Wilayah Muhamamdiyah Nomor : III.B/1.A/087/2001.

Secara Administrastif penggabungan dengan akademik Keperawatan, Akademi Gizi dan Akademik Analis Kesehatan tersebut terlaksana mulai tahun 2002, dan secara resmi penggabungan tersebut memperoleh Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional dengan No. 28/D/O/2005 sehingga Program studi yang ada bertambah program studi Keperawatan (DIII), Program Studi Gizi (DIII), Program Studi Analis Kesehatan (DIII).

Tahun Akademik 2006/2007 UNIMUS membuka Program Studi baru, yaitu Program Studi DIII Kebidanan dengan Ijin Operasional nomor : 2294/D/T/2006 tanggal 28 Juni 2006. pada tahun akademik 2008/2009 telah dibuka program studi baru yaitu S1 Akuntansi, SK Dikti Nomor : 2092/D/T/2008 tanggal 7 Juli 2008, S1 Pendidikan Dokter SK. Dikti Nomor : 2940/D/T/2008 tanggal 4 September 2008, Program studi Profesi NERS SK. Dikti nomor 267/D/O/2008 tanggal 31 Desember 2008, S1 Pendidikan Matematika SK. Dikti nomor : 1040/D/T/2009 tanggal 25 Juni 2009, S1 Pendidikan Bahasa Inggris Sk. Dikti nomor : 1271/D/T/2009, DIV Analis Kesehatan SK. Dikti nomor : 1941/D/T/2009 dan S1 Ilmu Gizi Sk. Dikti nomor : 218/D/O/2010, Pada tahun 2013 UNIMUS kembali mendapatkan kepercayaan dari pemerintah / kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan diberikan Ijin Operasional Program studi S1 Pendidikan Kimia Nomor 209/E/O/2012 tanggal 5 Juni 2012 dan Program studi Kedokteran Gigi SK. Dikti Nomor : 129/EO/2013 tanggal 18 April 2013 sehingga sesuai dengan UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi maka program studi yang ijin operasionalnya turun setelah tanggal 10 Agustus 2012 sudah mendapatkan akreditasi minimal yaitu C dengan demikian program studi Kedokteran Gigi sudah mendapatkan akrediatsi C. selain itu dengan diberlakunya UU No. 20 Tahun 2013 tentang Pendidikan Kedokteran BAB II pasal 7 ayat (6) yang menyebutkan bahwa "Program Profesi Dokter dan Profesi Dokter Gigi sebagaimana dimaksud merupakan program lanjutan yang tidak terpisahkan dari program sarjana:, dengan demikian secara otomatis Fakultas KEDOKTERAN UNIMUS sudah mendapatkan tambahan program studi baru yaitu Program Studi Profesi Dokter.

Sehingga sampai dengan tahun 2014 ini Universitas Muhamamdiyah Semarang memiliki 22 Program Studi yang terdiri dari 15 Program Strata satu, Satu Program Studi Diploma IV, empat program studi Diploma III dan 2 Program Studi Profesi.

Fakultas & Program Studi[sunting | sunting sumber]

  1. Fakultas Kesehatan Masyakarat (FKM) dengan Program Studi : Program Studi S1 Kesehatan Masyakarakat (terakreditasi B)
  2. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dengan Program Studi : - Program Studi S1 Statistika (terakreditasi), - Program Studi S1 Pendidikan Matematika (terakreditasi) - Program Studi S1 Pendidikan Kimia (terakreditasi)
  3. Fakultas Teknik (FT) dengan Program Studi : - Program Studi S1 Teknik Mesin (terakreditasi), - Program studi S1 Teknik Elektro (Terakreditasi B).
  4. Fakultas Ekonomi (FE) dengan Program Studi : - S1 Manajemen (terakreditasi, S1 Akuntansi (terakreditasi).
  5. Fakultas Bahasa dan Budaya Asing (FBBA) dengan Program Studi : - S1 Sastra Inggris (terakreditasi B), - S1 Pendidikan Bahasa Inggris (terakreditasi).
  6. Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan (FIKKES) dengan Program Studi : - Program Studi S1 Keperawatan (terakreditasi), -Program Studi S1 Teknologi Pangan (Terakreditasi B), - Program Studi S1 Ilmu Gizi (terakreditasi), Program Studi DIV Analis Kesehatan (terakreditasi), Program Studi DIII Keperawatan (terakreditasi A), Program Studi DIII Gizi (terakreditasi B), Program Studi DIII Analis Kesehatan (terakreditasi B), Program Studi DIII Kebidanan (terakreditasi B), Program Studi Profesi NERS (terakreditasi).
  7. Fakultas Kedokteran (FK) dengan Program Studi : - Program Studi S1 Pendidikan Dokter (terakreditasi), - Program Studi Profesi Dokter (terakreditasi).
  8. Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) dengan Program Studi : - Program Studi S1 Kedokteran Gigi (terakreditasi).

LOKASI[sunting | sunting sumber]

  • Kampus A, Rektorat Kedungmundu

Jl; Kedungmundu raya no 18, Semarang selain sebagai Rektorat juga dpergunakan sebagai tempat perkuliahan untuk Fakulats Kesehatan Masyarakat (FKM), Fakulats Ekonomi (FE) dan Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan (FIKKES).kampus ini juga dilengkapi dengan beberapa Laboratorium yang lengkap guna mendukung kegiatan praktek mahasiswa, internet, internet lengkap dengan jaringan LAN, Hot Spot Area, Asrama mahasiswa, sarana olahraga, masjid kampus, dan gedung pusat kegiatan Mahasiswa (PKM).

  • Kampus B : Wonodri.

Jl. Wonodri Sendang 2A, Semarang untuk Fakulats Kedokteran dengan Program Studi Pendidikan Sarjana Kedokteran dan Profesi Dokter. kampus ini juga dilengkapi dengan sarana perpustakaan, e-learning, fasilitas beberapa laboratorium yang lengkap sebagai sarana praktek mahasiswa termasuk laboratorium Computer Based Test (CBT), Internet, internet, hot spot area, dan disamping juga satu kompleks dengan RS Roemani Muhammadiyah Semarang.

  • Kampus C : Kasipah

Jl. Kasipah No 12, Semarang ditempati oleh Fakiltas Teknik, Fakultas Bahasa dan Budaya Asing, Kampus C juga dilengkapi dengan fasilitas Perpustakaan. Laboratorium Komputer, internet dan hot sopot area dilengkapi dengan jaringan LAN dan Laboratorium Teknik.

  • Kampus D : Kedungmundu 2 (PPNI)

jl. kedungmundu Raya No 22, Semarang dipakai untuk kegiatan perkuliahan FIKKES, FMIPA, dan FKG.kampus ini dilengkapi dengan fasilitas :Laboratorium Kebidanan, Laboratorium Gizi, Klinik, Laboratorium Intervensi Gizi, Laboratorium Kimia, Laboratorium Teknologi pangan, Laboratorium Uji Organoleptik, Ruang kelas ber AC, internet hot spot areea lengkap dengan jaringan LAN, (e-Learning) dan beberapa unit kegiatan kemahasiswaan dan juga akan dibangun Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan (RSGMP).

Kerjasama Luar Negeri :[sunting | sunting sumber]

1.      Kerjasama dengan SEAMEO SEAMOLEC

2.      Kerjasama dengan Centro Escolar University Filipina

3.      Kerjasama dengan IFUGAO Univ Filipina

4.      Kerjasama dengan Cebu Univ, Philippines

5.      Kerjasama dengan Corcodilleras Univ, Philippines

6.      Kerjasama dengan Our Lady Fatima Unv, Philip

7.      Kerjasama dengan PH Khon Kaen Unv, Thailand

8.      Kerjasama dengan Sun Moon University South Korea

9.      Kerjasama dengan Catholic University of Daegu South Korea

10.  Kerjasama dengan Calgary University Qatar

11.  Kerjasama dengan European Forum on Occupational Health

12.  Kerjasama dengan COOLNOVA UG Germany

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. Situs web resmi Universitas Muhammadiyah Semarang