Universitas Duta Bangsa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Duta Bangsa Surakarta University
Universitas Duta Bangsa Surakarta
The Global Entrepreneur University
Nama lain
UDB
JenisPerguruan Tinggi Swasta
Didirikan2018
RektorDr. Singgih Purnomo, M.M.
Alamat
Kampus 1: Jalan Bhayangkara No. 55, Tipes
, , ,
57154
,
BahasaIndonesian, English
WarnaBlue and Red
Situs webudb.ac.id

Universitas Duta Bangsa (disingkat UDB) adalah salah satu universitas swasta di Indonesia yang berada di Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sejarah Universitas Duta Bangsa Surakarta tidak terlepas berdirinya Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Aksmi Kusuma Bangsa yang didirikan pada tahun 1995 oleh Drs. Singgih Purnomo melalui Yayasan Kusuma Bangsa Adi Prakarsa. Lembaga ini pada awalnya adalah sebuah lembaga pendidikan yang menyiapkan tenaga terampil dalam berbagai bidang dengan durasi pendidikan selama 1 tahun (setara D1). Pada saat itu animo untuk masuk program pendidikan satu tahun sangatlah besar, karena ketrampilan yang ditawarkan sangat dibutuhkan di dunia kerja serta biaya pendidikan yang terjangkau. Dengan keberhasilan ini maka pada tahun 1997 didirikan LKP Citra Medika yang membuka pendidikan satu tahun di bidang kesehatan yang juga cukup diminati oleh masyarakat.

Seiring dengan meningkatnya kesejahteraan masyarakat, maka tuntutan untuk mengikuti pendidikan yang lebih tinggi juga semakin meningkat. Oleh sebab itu, Yayasan Internusa mengajukan proposal pendirian perguruan tinggi pada tahun 2001 yaitu Akademi Perekam Medik dan Informatika Kesehatan (APIKes) Citra Medika yang izinnya disetujui oleh Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No.276/D/O/2002 dengan Program Studi D-3 Rekam Medis dan Informatika Kesehatan.

Melihat peluang tingginya animo untuk mengikuti pendidikan di bidang komputer, pada tahun 2004 Yayasan Kusuma Bangsa Adi Prakarsa mengusulkan berdirinya Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Duta Bangsa yang izinnya disetujui oleh Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No.24/D/O/2004 dengan Program Studi S-1 Sistem Informasi dan D-3 Manajemen Informatika, sedangkan Program Studi S-1 Teknik Informatika dan D-3 Teknik Komputer berdiri pada tahun 2007.

Dalam rangka pengembangan pelayanan pendididikan kesehatan maka pada tahun 2007 Yayasan Internusa mendirikan Akademi Kebidanan (Akbid) Citra Medika berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No.174/D/O/2007. Keinginan untuk mengembangkan perguruan tinggi yang berkualitas selalu menjadi cita-cita pengurus yayasan, sehingga pada tahun 2012 diusulkan perubahan bentuk menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) namun dengan segala daya upaya yang telah dilakukan, usulan ini ditolak oleh Dirjen Pendidikan Tinggi.

Berdasarkan hasil rapat pengurus Yayasan Kusuma Bangsa Adi Prakarsa, Yayasan Internusa, serta rapat Senat Akademik STMIK Duta Bangsa, APIKes Citra Medika, dan Akbid Citra Medika, kembali diusulkan penggabungan antara ketiga institusi ini menjadi Universitas pada tahun 2016 dan pada tanggal 29 Agustus 2018 oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia telah disetujui pendirian Universitas Duta Bangsa Surakarta dengan Surat Keputusan No.729/KPT/I/2018.

Pimpinan Universitas[sunting | sunting sumber]

Unsur pimpinan universitas terdiri dari:

  • Rektor: Dr. Singgih Purnomo, M.M.
  • Wakil Rektor I: Tominanto, S.Kom., M.Cs.
  • Wakil Rektor II: Faulinda Ely Nastiti, S.Kom., M.Eng.
  • Wakil Rektor III: Dr. Rina Arum Prastyanti, S.H., M.H.

Fakultas dan Program Studi[sunting | sunting sumber]

Universitas Duta Bangsa memiliki 4 fakultas yang terdiri dari beberapa program studi sebagai berikut:

Fakultas Jenjang Program Studi Akreditasi
BAN PT
Hukum dan Bisnis S1 Akuntansi Baik
S1 Bahasa Inggris Baik
S1 Hukum Baik
S1 Manajemen Baik
Ilmu Kesehatan D3 Kebidanan B
D3 Keperawatan Baik
D3 Rekam Medik dan Informasi Kesehatan A
S1 Farmasi Baik
S1 Keperawatan Baik
Ilmu Komputer D3 Manajemen Informatika A
D3 Teknik Komputer B
S1 Sistem Informasi B
S1 Teknik Informatika B
Sains dan Teknologi S1 Agribisnis B
S1 Teknik Industri Baik

Sistem Pendaftaran Mahasiswa Baru[sunting | sunting sumber]

https://spmb.udb.ac.id/pendaftaran.html

Pranala luar[sunting | sunting sumber]