Akademi Teknologi AUB

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Akademi Teknologi AUB
Nama lain
AT-AUB
JenisPerguruan Tinggi Swasta
Didirikan13 Mei 2002
Alamat
Jl. Walanda Maramis No.29, Cengklik, Nusukan, Banjarsari
, , ,
57135
,
BahasaBahasa Indonesia
Situs webat-aubsolo.ac.id

Akademi Teknologi AUB (disingkat AT-AUB) adalah salah satu perguruan tinggi swasta di Indonesia yang berlokasi di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Perguruan tinggi ini dikelola oleh Yayasan Karya Dharma Pancasila (YKDP) Surakarta, yang juga mengelola Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AUB.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Dalam rangka pengembangan dan memenuhi kebutuhan masyarakat pada tahun 2002, didirikanlah Akademi Teknologi Adi Unggul Bhirawa (AT-AUB) Surakarta jenjang Diploma III (D-III) dengan mempunyai 2 (dua) program studi, yaitu Teknik Mesin (teknik industri, teknik otomotif) dan Teknik Elektro (komputer, audio video), berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 93/D/O/2002 tertanggal 13 Mei 2002. Ilmu pengetahuan dan teknologi sekarang dan masa yang akan datang akan mengalami peningkatan yang pesat baik kualitas maupun kuantitas, di mana perkembangan bisnis, dunia usaha, industri, dan teknologi secara riil selalu berusaha mengadaptasi, merekayasa, dan mengaplikasikan kemajuan teknologi mutakhir demi nilai–nilai kompetitif di pasar kerja. Penerapan teknologi di bidang industri akan membutuhkan banyak sumber daya manusia yang mampu mengelola segala aspek perkembangan zaman yang ada. Sumber daya manusia untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan industri baik teknologi, bisnis, serta nilai pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja dan perkembangan teknologi yang ada masih dirasa minim dan langka.

AT–AUB Surakarta sebagai institusi pendidikan yang berbasis teknologi dan mempunyai nilai-nilai kompetitif berusaha menyesuaikan dengan perkembangan industri tersebut memiliki komitmen besar untuk mempersiapkan lulusan yang ideal dan mandiri, mampu menganalisis permasalahan, mempunyai kecakapan dan mampu berdaya saing dalam pasar kerja agar lebih profesional dan akademis.

Pimpinan[sunting | sunting sumber]

Unsur pimpinan AT-AUB terdiri dari:

  • Direktur
    • Wakil Direktur I
    • Wakil Direktur II

Akreditasi[sunting | sunting sumber]

AT-AUB resmi dinyatakan sebagai institusi perguruan tinggi terakreditasi C oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melalui Surat Keputusan No.3771/SK/BAN-PT/Akred/PT/X/2017 yang berlaku sejak tanggal 17 Oktober 2017 sampai dengan 17 Oktober 2022.

Program studi[sunting | sunting sumber]

AT-AUB memiliki 2 program studi sebagai berikut:

Jenjang Program Studi Akreditasi
BAN-PT
D3 Teknik Elektronika B (Baik)
D3 Teknik Mesin B (Baik)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]