Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AUB

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AUB
Nama lain
STMIK AUB
JenisPerguruan Tinggi Swasta
Didirikan2 Agustus 2002
DirekturDr. Anton Respati Pamungkas, S.E., M.M., M.H.
Alamat
Jl. Walanda Maramis No.29, Cengklik, Nusukan, Banjarsari
, , ,
57135
,
BahasaBahasa Indonesia
Situs webstmik-aub.ac.id

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AUB (disingkat STMIK AUB) adalah salah satu perguruan tinggi swasta di Indonesia yang berlokasi di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Perguruan tinggi ini dikelola oleh Yayasan Karya Dharma Pancasila (YKDP) Surakarta, yang juga mengelola Akademi Teknologi AUB.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Adi Unggul Bhirawa (STMIK-AUB) Surakarta merupakan pengembangan dari misi Yayasan Karya Dharma Pancasila (YKDP) Surakarta sebagai badan penyelenggara Akademi Keuangan dan Perbankan AUB Surakarta yang berubah bentuk menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AUB Surakarta yang telah didirikan sebelumnya pada tahun 1969. Dalam rangka pengembangan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja dan wirausahawan dalam bidang teknologi informasi, pada tahun 2002 didirikan STMIK AUB Surakarta.

Pada awal berdiri, STMIK AUB telah memiliki dua program studi yaitu Sistem Informasi dan Sistem Komputer yang semuanya merupakan jenjang Strata Satu (S1). Program studi Sistem Informasi telah terakreditasi sejak tahun 2006 berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BANPT) Nomor : 008/BAN-PT/Ak-X/S1/VII/2006 yang disusul program studi Sistem Komputer.

Untuk memenuhi permintaan dalam dunia usaha, pada tahun 2008 dibuka program studi Teknik Komputer jenjang Diploma Tiga (D3). Seiring dengan perkembangan teknologi, STMIK AUB juga mengembangkan sarana dan prasarana perkuliahan agar mahasiswa memahami dan menguasai teknologi terkini. Dari tiga laboratorium komputer yang dimiliki sudah dapat digunakan mulai dari operasional berbasis teks (DOS dan UNIX) sampai bahasa pemrograman dan multimedia yang membutuhkan spesifikasi komputer yang tinggi. Laboratorium elektronika, mikrokontroler, perakitan, dan jaringan komputer juga dimiliki untuk kebutuhan praktikum yang berhubungan dengan perangkat keras. Di area kampus yang hijau telah dilengkapi dengan perpustakaan, wifi gratis, gazebo sehingga mahasiswa dapat belajar dan berselancar internet dengan nyaman.

Pimpinan[sunting | sunting sumber]

Unsur pimpinan STMIK AUB terdiri dari:

  • Direktur: Dr. Anton Respati Pamungkas, S.E., M.M., M.H.
    • Wakil Direktur I: Paryanta, S.Kom., M.Kom.
    • Wakil Direktur II: Sutariyani, S.Kom., M.Kom.

Akreditasi[sunting | sunting sumber]

STMIK AUB resmi dinyatakan sebagai institusi perguruan tinggi terakreditasi C oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melalui Surat Keputusan No.446/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2018 yang berlaku sejak tanggal 19 Desember 2018 sampai dengan 19 Desember 2023.

Program studi[sunting | sunting sumber]

STMIK AUB memiliki 3 program studi sebagai berikut:

Jenjang Program Studi Akreditasi
BAN-PT
D3 Teknik Komputer C (Cukup Baik)
S1 Sistem Informasi B (Baik)
S1 Sistem Komputer C (Cukup Baik)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]