Universitas Slamet Riyadi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Universitas Slamet Riyadi
Nama lain
Unisri
JenisPerguruan Tinggi Swasta
Didirikan21 Juni 1980
RektorProf. Dr. Ir. Sutardi, M.App.Sc.
Alamat
Jl. Sumpah Pemuda No.18, Kadipiro, Banjarsari
, , ,
57136
,
BahasaBahasa Indonesia
Situs webunisri.ac.id

Universitas Slamet Riyadi (disingkat Unisri) adalah salah satu perguruan tinggi swasta di Indonesia yang berlokasi di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Perguruan tinggi ini dikelola oleh Yayasan Perguruan Tinggi Slamet Riyadi Surakarta.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Universitas Slamet Riyadi (Unisri) merupakan perguruan tinggi swasta yang didirikan oleh Yayasan Perguruan Tinggi Slamet Riyadi untuk mengenang kepahlawanan pejuang muda dari Kota Surakarta yaitu Brigadir Jenderal (Anumerta) Slamet Riyadi. Jiwa kepahlawanan yang tak lekang oleh zaman itu diterjemahkan ke dalam bidang pendidikan dengan visi, misi dan tujuan. Unisri didirikan pada tanggal 21 Juni 1980, yang selanjutnya pada tanggal tersebut dijadikan sebagai hari Dies Natalis.

Hari jadi Universitas Slamet Riyadi ini mengacu pada tanggal pendirian Yayasan Perguruan Tinggi (YPT) Slamet Riyadi yang didirikan berdasarkan Akta Notaris R. Mulyatno, SH. Surakarta Nomor 11 tanggal 21 Juni 1980. Hingga tahun 2011, AD/ART YPT Slamet Riyadi telah mengalami perubahan beberapa kali, dan yang terakhir adalah perubahan guna menyesuaikan dengan Undang-Undang No.16 Tahun 2001 tentang Yayasan. Dengan demikian YPT Slamet Riyadi telah berbadan hukum sebagaimana yang termuat dalam Tambahan Berita Negara Republik Indonesia tanggal 8/4-2008 No.29.

Secara de facto, Universitas Slamet Riyadi sudah ada sejak tahun 1977 yaitu saat Universitas Slamet Riyadi di bawah naungan Yayasan Pendidikan Surakarta Hadiningrat (YPSH) yang didirikan pada tanggal 20 Juni 1977 berdasarkan SK No.04/Kep/YPSH/1977. Namun dalam perjalanannya, Universitas Slamet Riyadi yang saat itu telah memiliki Fakultas Hukum, Fakultas Pertanian, Fakultas Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, pengelolaannya diserahkan oleh YPSH kepada YPT Slamet Riyadi pada tanggal 21 Juni 1980.

Universitas Slamet Riyadi mendapat status tercatat sebagai anggota Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah VI Jawa Tengah (saat ini berubah nama menjadi LL Dikti VI) berdasarkan Surat Keputusan No.119/K/22/Kop.VI/1980 tanggal 30 Juni 1980. Selanjutnya, pada tanggal 24 Oktober 1981 Unisri mendapat status terdaftar dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 0309/0/1981 tanggal 24 Oktober 1981 untuk jenjang Sarjana Muda. Guna memenuhi animo para mahasiswa maka pada tahun 1983 YPT Slamet Riyadi mengajukan status terdaftar untuk jenjang Sarjana, dan status legal formalnya didapatkan pada tahun 1984.

Universitas Slamet Riyadi terletak di kawasan kota Solo sisi utara, tepatnya di kalurahan Kadipiro, Kecamatan Banjarsari, sebagai pintu gerbang dari arah Purwodadi, dan Sragen dari sisi timur, atau dikenal dengan kawasan Joglo. Dari sisi tranportasi, Unisri mudah dijangkau dari segala penjuru, dekat dari Terminal Bus Tirtonadi dan Stasiun Kereta Api Solo Balapan yang hanya berjarak sekitar 1 kilometer, serta dilalui jalur lingkar utara jurusan Surabaya maupun Sragen. serta dari Purwodadi.

Pimpinan[sunting | sunting sumber]

Unsur pimpinan Universitas Slamet Riyadi periode 2019-2023 terdiri dari:

  • Rektor: Prof. Dr. Ir. Sutardi, M.App.Sc.
    • Wakil Rektor I Bidang Akademik: Dr. Rispantyo, M.Si.
    • Wakil Rektor II Bidang Administrasi, Keuangan, dan Sumber Daya Manusia: Dr. Bambang Ali Kusumo, S.H., M.Hum.
    • Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama: Dr. Sutoyo, M.Pd.

Akreditasi[sunting | sunting sumber]

Universitas Slamet Riyadi resmi dinyatakan sebagai institusi perguruan tinggi terakreditasi B oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melalui Surat Keputusan No.282/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/PT/V/2020 yang berlaku sejak tanggal 26 Mei 2020 sampai dengan 24 Mei 2025.

Fakultas dan program studi[sunting | sunting sumber]

Universitas Slamet Riyadi memiliki 7 fakultas dan 17 program studi sebagai berikut:

Fakultas Jenjang Program Studi Akreditasi
BAN PT
Ekonomi S1 Akuntansi B (Baik)
S1 Manajemen B (Baik)
Hukum S1 Ilmu Hukum B (Baik)
Ilmu Sosial dan Ilmu Politik S1 Ilmu Administrasi Negara B (Baik)
S1 Ilmu Hubungan Internasional B (Baik)
S1 Ilmu Komunikasi B (Baik)
Keguruan dan Ilmu Pendidikan S1 Bimbingan dan Konseling B (Baik)
S1 Pendidikan Bahasa Inggris B (Baik)
S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini C (Cukup Baik)
S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar B (Baik)
S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan B (Baik)
S1 Pendidikan Teknologi Informasi B (Baik)
Pertanian S1 Agroteknologi B (Baik)
Teknologi Pangan S1 Teknologi Hasil Pertanian B (Baik)
Pascasarjana S2 Administrasi Publik B (Baik)
S2 Ilmu Hukum B (Baik)
S2 Manajemen C (Cukup Baik)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]