ITB Muhammadiyah Polewali Mandar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Institut Teknologi dan Bisnis Muhammadiyah Polewali Mandar
Muhammadiyah Polewali Mandar Institute of Technology and Business
MotoKampus Pencetak Technopreneur Muda
JenisPerguruan Tinggi Swasta
Didirikan5 Agustus 2020
Lembaga induk
Persyarikatan Muhammadiyah
Afiliasi keagamaan
Islam
RektorIr. Nursahdi Saleh, S.M., S.T., M,Si.
Lokasi
KampusRural

Institut Teknologi dan Bisnis Muhammadiyah Polewali Mandar adalah perguruan tinggi swasta di bawah naungan Muhammadiyah yang berlokasi di Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pendirian Perguruan Tinggi ini adalah realisasi dari hasil Rapat Kerja Muhammadiyah Polewali Mandar Periode 2015-2020 di Kecamatan Wonomulyo pada 9 Januari 2017. Salah satu putusan rapat, selain pengembangan da’wah dan ekonomi ummat serta pengkaderan, juga adalah pendirian Perguruan Tinggi Muhammadiyah.

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Polewali Mandar Periode 2015-2020 H. Abd. Azis Ghozal, berharap di periode ini ada program Muhammadiyah yang kita laksanakan sesuai amanah Pimpinan Wilayah dan Pimpinan Pusat. Sebagai persyarikatan yang bergerak di bidang da’wah amar ma’ruf nahi mungkar, yakni pendirian Perguruan Tinggi Muhammadiyah sebagai upaya membangun ummat dalam berbagai dimensi dengan penuh Ketaqwaan kepada Tuhan yang Kuasa. Kita ingin kerja-kerja kita menjadi Ibadah, Kata H. Abd Azis Ghozal.

Menindaki Hasil Rapat tersebut PDM Polewali Mandar membentuk Badan Pembina Harian ITBM Polewali Mandar (BPH ITBM) yang dikeluarkan oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah dengan No. SK : 252/KEP/I.0/D/2019 tertanggal 28 Dzulhijjah 1440 H atau 29 Agustus 2019 dengan susunan Drs. H. M Yusuf Tuali sebagai Ketua, H. Ismail Ibrahim, S.Ag., M.Si. Sebagai Sekretaris, H. Asly Kaduppa selaku Bendahara. H. Abd. Azis Ghozal, Syamsuddin, S.Ag., M.Pd.I., Muhammad Zakir Akbar, H. Syarif Rahmat Tasman, S.H., Firdaus Abdullah, S.H., dan H. Ahmad Junaedi, S.IP. sebagai Anggota BPH.

Institut Teknologi dan Bisnis Muhammadiyah Polewali Mandar (ITBM Polewali Mandar) sebagai Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) mengemban tugas dan peran yang sangat besar bagi agama, bangsa dan negara, baik di masa sekarang maupun di masa depan. Selain posisinya sebagai salah satu PTM/PTS di Kawasan Timur Indonesia yang tergolong besar, juga padanya tertanam kultur pendidikan yang diwariskan sebagai amal usaha Muhammadiyah. Nama Muhammadiyah yang terintegrasi dengan nama Polewali Mandar memberikan harapan terpadunya budaya, keilmuan dan nafas keagamaan.

Proses Pendirian ITBM Polman yang dilakukan dimasa Pandemik Covid-19 tidak mengurangi semangat Pimpinan dan juga Tim kerja yang dibuat oleh BPH ITBM Polman dan PDM Polman yang diketuai Oleh Ir. Nursahdi saleh, S.M.,S.T.,M.Si sebagai Tim yang bekerja mengawal proses pendirian Kampus yang beralamat di Jl. Poros Majene Makassar Desa Sumberjo Kecamatan Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar Provinsi Sulawesi Barat akhirnya memnemukan titik terang setelah dilakukannya Visitasi pada Selasa 21 Juli 2020 akhirnya membuakan hasil dengan terbitnya Surat Keputusan Pendirian ITB Muhammadiyah Polman oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia pada 5 Agustus 2020 dengan Nomor SK : 741/M/2020 menjadikan ITBM Polman sebagai kampus dengan Pendirian tercepat yakni selama 14 hari terhitung sejak Visitasi.

Institut Teknologi dan Bisnis Muhammadiyah Polewali Mandar membuka tiga Program Studi yaitu prodi Agribisnis, Prodi Kewirausahaan dan Prodi Bisnis Digital dipimpin oleh rektor Ir. H. Bahrum Bando, M.M. dengan Nomor SK 3803/KEP/1.0/D/2020 oleh PP Muhammadiyah Tentang Pengangkatan Rektor ITBM Polman periode 2020-2024.

Di bawah kepemimpinan Ir. H. Bahrum Bando, M.M berkolaborasi dengan komposisi dari kalangan berpengalaman dan juga angkatan muda dalam memimpin dan mengembangkan Institut Teknologi dan Bisnis Muhammadiyah Polewali Mandar bercita-cita mewujudkan tata kelola yang ideal dalam mengsukseskan Pendidikan yang ada di ITBM Polman.

Pimpinan dan seluruh civitas akademika Institut Teknologi dan Bisnis Muhammadiyah Polewali Mandar bertekad untuk memelihara hasil capaian para pendahulu dan mengembangkannya kepada capaian yang lebih baik, serta berkomitmen:

  1. memelihara kepercayaan masyarakat,
  2. mencapai keunggulan dalam kompetisi yang semakin ketat, dan
  3. mewujudkan kemandirian dalam pengelolaan dan pengembangan diri.

Dari ke tiga komitmen tersebut diharapkan dapat mengantar Institut Teknologi dan Bisnis Muhammadiyah Polewali Mandar untuk menjadi Perguruan Tinggi Islam Terkemuka.

Struktur Organisasi[sunting | sunting sumber]

Jabatan Nama
Rektor Ir. Nursahdi Saleh, S.M., S.T., M,Si.
Ketua Program Studi Agribisnis Muh. Sabir Laba, S.P., M.Agr.
Ketua Program Studi Bisnis Digital Rahmi Tria, S.Kom., M.M.
Ketua Program Studi Kewirausahaan Indah Ramayani, S.E., M.M.
Kepala Biro Administrasi Umum Hamsah, S.Pd., M.Sc.
Kepala Bagian Administrasi Akademik, Kemahasiswaan, Perencanaan dan Sistem Informasi Ainun Zakinah, S.Sos
Kepala Bagian Humas, Kerjasama, Promosi dan Penerimaan Mahasiswa Baru Khaidir Ali, S.H.
Kepala Bagian Administrasi Umum, Keuangan, Aset dan SDM Wahyudi Prayoga, S.E.
Kepala Bagian Tata Usaha Pimpinan dan Sekretariat Senat Nining Diah Andayani, S.P.
Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Asrandi, S.E., M.M.
Ketua Lembaga Al-Islam dan Kemuhammadiyahan Apt. Miftahurrahman Hafid, S. Farm., MPH
Ketua Lembaga Penjaminan Mutu Muh. Alwi, S.Pd., M.M.
Ketua Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Alvin Syahril Fauzi, S.Kom.
Ketua UPT Perpustakaan Aminuddin, S.I.Pust
Ketua Pusat Pangkalan Data dan Pendidikan Tinggi Samsul Bahri, S.H.

Program Studi[sunting | sunting sumber]

No Program Studi Akreditasi Jenjang
1 Agribisnis Baik Sarjana (S1)
2 Bisnis Digital Baik Sarjana (S1)
3 Kewirausahaan Baik Sarjana (S1)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Website Resmi

Referensi[sunting | sunting sumber]

https://itbmpolman.ac.id/

https://pddikti.kemdikbud.go.id/data_pt/QjNENzNFNTktRUVCQi00Qjc2LUJDQkEtNkRFNTVFN0VCNEYz

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]